Saturday, February 13, 2016

RPP Bahasa Indonesia KTSP VII/1 KD: 4.1 Menulis Buku Harian / Pengalaman Pribadi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : ....................................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII/1
Alokasi waktu             : 4x 40 menit ( 2x Pertemuan )

A.     Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi

B.     Kompetensi Dasar
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar

C.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama:
               Peserta didik dapat Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
  Peserta didik dapat Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya

Pertemuan kedua:
  Peserta didik dapat Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian

              Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
D.     Materi Pembelajaran      
      Penulisan catatan hari­an/ pengalaman pribadi

E.     Metode Pembelajaran
1.     Pemodelan
2.     Tanya jawab
3.     Penugasan

F.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2 x 40’
1.      Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
a.       Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang buku harian/catatan
b.      Peserta didik mengungkakan kebermaknaan pembelajaran kan pengalaman dalam buku harian
Motivasi :
a.       Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
b.      Membentuk kelompok terdiri atas 5 orang  kemudian memilih nama kelompok dengan nama-nama yang berhubungan dengan unsur-unsur  yang ada dalam buku harian  
2.      Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    •   Peserta didik dapat Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
    •   Peserta didik dapat Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
    •   melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
    •   menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
    •   memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
    •   melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    •   Perwakilan kelompok mengambil buku harian/catatan harian yang dipersiapkan guru secara bergantian dalam waktu yang ditentukan (5, 7, atau 9 menit) atau melalui permainan
    •   Setiap kelompok mendiskusikan isi buku harian/catatan harian yang berisi contoh buku harian/catatan harian
    •   Peserta didik Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya dengan alasan yang logis melalui kegiatan berdiskusi
    •   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok yang tidak tampil menanggapinya
    •   membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
    •   memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
    •   memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
    •   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
    •   memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
    •   memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
    •   memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
    •   memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
    •   memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

 Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    •   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
    •   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    •   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
    •   memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
    •  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
    •   memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  membantu menyelesaikan masalah;
  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
    •   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
    •   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
    •   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
    •  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
    •   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Kedua: 2 x 40’
1.      Pendahuluan
Apersepsi :
a.       Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang Menulis buku harian atau pengalaman pribadi
Motivasi :
a.       Peserta didik menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
  
2.         Kegiatan Inti
a.       Setiap kelompok memilih buku harian atau pengalaman pribadi terbaik yang ditulis anggota kelompok berdasarkan rubrik penilaian yang telah dikomunikasikan
b.      Surat terbaik kelompok ditukarkan dengan kelompok lain untuk dinilai dan dikritisi
c.       Setiap Kelompok penilai menyampaikan hasil penilaiannya disertai daya dukung penilaiannya, kelompok surat ternilai menyapaikan tanggapan
d.      Setiap kelompok Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian Perwakilan  kelompok penilai menempel surat yang dinilai pada papan tersedia setelah mendapat tanggapan kelompok penulis surat
e.       Peserta didik dan guru menyimpulkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian
f.       Setiap Kelompok Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!

3.         Kegiatan Penutup
a.       Peserta didik Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian
b.      Peserta didik dan guru menyimpulkan catatan hari­an/ pengalaman pribadi. kegiatan untuk perbaikan kegiatan  berikutnya
c.       Peserta didik menerima tugas berupa memperbaiki surat pribadi yang telah dikritisi oleh kelompok lain secara individu

G.    Sumber Belajar
a.        Bagan identifikasi pengalaman
b.       Gambar
c.        VCD
d.       Narasumber
e.        Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!
·    Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!

Tes



Penugasan individual/kelompok

 Uraian



Proyek
·  Tulislah pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
·  Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf!



Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

No comments:

Post a Comment