RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
....................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi :
1. Mendengarkan ( memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengar berita )
Kopetensi dasar :
1.2. Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu :
2 x 40 menit
A.Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik dapat
menemukann pokok-pokok berita yang didengarkan
melalui radio/TV
2. Peserta didik dapat
menuliskan isi berita ke dalam beberapa kalimat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas (
integrity )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
B. Materi
Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan
gagasan dalam wacana
C. Metode
Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi :
Guru dan Peserta didik
bertanya jawab tentang tugas rumah penulisan teks berita
Motivasi :
Menjelaskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1)
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
2)
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
3)
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
4)
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
5)
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1) membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
3) memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4) memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5) memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6) memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
7) memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
8) memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
9) memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1) memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
2) memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3) memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4) memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
a) berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b) membantu menyelesaikan masalah;
c) memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d) memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
e) memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
d.
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e.
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E.Sumber
Belajar
a. Bagan identifikasi pengalaman
b. Gambar
c. VCD
d. Narasumber
e. Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
F.Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal/Instrumen
|
|
· Mampu menemukan isi/sari
berita yang didengarkan
· Mampu menuliskan
kembali berita yang didengar ke dalam
beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
· Tuliskan kembali berita
yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi!
|
No
|
Butir Soal
|
Skor maksimal
|
1
2
3
|
Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat dalam teks berita yang
dibacakan !
Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya !
Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan
ke dalam satu alinea
|
3
4
3
|
|
Jumlah
|
10
|
Kriteria Penilaian
Soal Nomor 1 :
1.
Apabil
Peserta didik menjawab satu dari tiga pokok berita
2.
Apabila
hanya dua yang benar
3.
Apabila
Peserta didik menjawab lengkap dan benar
Soal Nomor 2 :
1.
Apabila
Peserta didik menjawab benar nilai 4
2.
Apabila
Peserta didik menjawab kurang sempurna nilai 2
3.
Apabila
Peserta didik salah diberi nilai 1
Soal Nomor 3 :
1 Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan
dengan benailai 3
2.Apabila Peserta didik
dapat menyimpulkan tetapi kurang sempurna nilai 2
3.Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Penghitungan nilaian Akhir : Perolehan
skor x 100
Skor Maksimum
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
No comments:
Post a Comment