RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
....................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi :
2. Berbicara (Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita
dan menyampaikan pengumuman.
Kopetensi dasar :
2.1. Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata
dan kalimat yang efektif.
Alokasi waktu :
4x 40 menit ( 2x Pertemuan )
A.Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi
pengalaman yang mengesankan
2. Peserta didik dapat menentukan pengalaman yang
paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
3. Peserta didik dapat menyusun pokok-pokok
cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
Pertemuan Kedua:
- Peserta didik dapat menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Pembelajaran
Penyampaian cerita
1. Daftar pengalaman peserta didik
2. Cara menyampaikan cerita
3. Bercerita
C .Metode Pembelajaran
Bercerita,Tanya
jawab,Tes unjuk kerja
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama: 2 X 40’
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
Peserta didik mencermati
cerita pengalaman dari narasumber
Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang isi cerita pengalaman
Peserta didik
mengidentifikasi kebermaknaan bercerita pengalaman
Peserta didik menyepakati tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
Motivasi :
Menyusun tentang pentingnya pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
2. Kegiatan Inti
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
- memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
- memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- membantu menyelesaikan masalah;
- memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
o
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
o
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
o merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
o
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Pertemuan
Kedua: 2 X 40’
1.
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang kegiatan berlatih bercerita pada kegiatan sebelumnya
Peserta didik menjelaskan
tujuan kegiatan bercerita
Peserta didik berkelompok sesuai dengan kegiatan
sebelumnya
Motivasi :
Ceritakan tentang pentingnya pengalaman yang paling mengesankan
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- Peserta didik menceritakan pengalaman secara individu
- Beberapa Peserta didik lain dan guru menilai Peserta didik yang tampil
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
- memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
- Peserta didik dan guru menentukan tiga pencerita terbaik
- Tiga pencerita terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
- memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
- memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
membantu menyelesaikan masalah;
memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E.Sumber
Belajar
a. Bagan identifikasi pengalaman
b. Gambar
c. VCD
d. Narasumber
e. Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
F.Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
1. Mampu mengidentifikasi pengalaman yang
mengesankan
2. Mampu menentukan pengalaman yang paling
mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
3. Mampu menyusun pokok-pokok cerita
berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
4.
Mampu
menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok
cerita yang disusun dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
1. Identifikasilah minimal tiga pengalamanmu
yang paling mengesankan!
2. Tentukan satu pengalaman yang kamu anggap
paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk diceritakan!
3.
Susunlah pokok-pokok cerita pengalaman yang paling
mengesankan itu dengan runtut!
4.
Ceritakanlah
secara lisan pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita
yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang
efektif!
|
Pedoman Penilaian Menceritakan Pengalaman
a.
Identifikasilah
minimal tiga pengalamanmu yang paling mengesankan!
Pedoman Penskoran:
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik menuliskan 3 pengalaman atau lebih
|
2
|
Peserta didik menuliskan 1—2 pengalaman
|
1
|
Peserta didik tidak menuliskan apa-apa
|
0
|
b.
Tentukan
satu pengalaman yang kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu
buat untuk diceritakan!
Pedoman Penskoran:
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik menentukan satu pengalaman yang
mengesankan
|
1
|
Peserta didik tidak dapat menuliskan apa-apa
|
0
|
c.
Susunlah pokok-pokok cerita pengalaman yang paling
mengesankan itu dengan runtut!
Pedoman Penskoran:
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik menyusun pokok-pokok cerita pengalaman
yang mengesankan dengan runtut
|
2
|
Peserta didik menyusun pokok-pokok cerita pengalaman yang
mengesankan, tapi tidak runtut
|
1
|
Peserta didik tidak dapat menuliskan apa-apa
|
0
|
d.
Ceritakanlah
secara lisan pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita
yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!
Rubrik Penilaian Bercerita (perlu disepakati dulu oleh
guru dan Peserta didik)
Berilah tanda cek (Ö) pada kolom nilai 1, 2, 3, atau 4 dengan ketentuan: 1 = kurang; 2 = sedang; 3 = baik; 4 = sangat
baik.
Nama Peserta didik:
......................................
Tanggal
:
.....................................
Judul Cerita
: ....................................
No.
|
Aspek
|
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Kesesuaian isi
|
Isi cerita sesuai dengan pokok-pokok cerita yang disusun
|
|
|
|
|
2
|
Kesesuaian visualisasi
|
Visualisasi mendukung isi cerita
|
|
|
|
|
3
|
Pelafalan
|
Pelafalan kata secara jelas dan tepat
|
|
|
|
|
4
|
Jeda dan Intonasi
|
Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan
cepat-lambat cerita
|
|
|
|
|
5
|
Gerak/mimik
|
Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan
|
|
|
|
|
Skor maksimal:
No 1. = 2
No 2. = 1
No 3. = 2
No 4. = 20
Jumlah = 25
Saat Peserta didik melaksanakan perintah soal no. 4,
dia sudah harus melaksanakan soal no 1,1 2, dan 3
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah
sebagai berikut:
a.
Prosedur
(1 + 2 + 3) diberi bobot 20 % atau 30 %
|
Perolehan Skor
|
|
|
|
|
|
Nilair =
|
---------------------
|
X
|
Skor Ideal (100)
|
X
|
Bobot (20/30 %)
|
= ....
|
|
Skor Maksimal (5)
|
|
|
|
|
|
b.
Produk
/unjuk kerja (d) diberi bobot lebih besar daripada prosedur, misalnya 80 atau
70 %
|
Perolehan Skor
|
|
|
|
|
|
Nilai =
|
---------------------
|
X
|
Skor Ideal (100)
|
X
|
Bobot (80/70 %)
|
= ....
|
|
Skor Maksimal (20)
|
|
|
|
|
|
c.
Nialai
akhir = prosedur+unjuk kerja = 20/30+80/70 = 100
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
No comments:
Post a Comment