Thursday, October 27, 2016

RPP Bahasa Indonesia K13 Revisi Terbaru Kelas XI/1 KD : 3.1 dan 4.1 teks pantun



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah                        : SMK Widya Praja Ungaran
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : XI/I
Materi Pokok               : Teks Pantun
Tema                            : Menambah Cita Rasa Bahasa melalui Seni Berpantun
Alokasi Waktu            : 4x 45 menit (2 kali pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan mengahayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dalam ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.       Kompetensi Dasar
1.3  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.2  Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna.
3.1    Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviufilm/drama baik melalui lisan maupun tulisan
4.1    Menginterpretasimaknateks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasikompleks, dan ulasan/reviufilm/drama baik secara lisan maupun tulisan
C.      Indikator
3.1.1 Menjelaskan struktur  teks pantun
3.1.2 Menjelaskan kaidah kebahasaan teks pantun
4.1.1 Menemukan isi/makna  teks pantun
D.      Materi Pembelajaran
1.      Struktur teks pantun
2.      Kaidah kebahasaan teks pantun
3.      Langkah-langkah menginterpretasi teks pantun

E.       Kegiatan Pembelajaran
Ø  Pertemuan Pertama (2 X 45 menit)
Pendekatan  : Scientific
Model          : Discovery Learning
Teknik          : ceramah, tanya jawab, diskusi
No
Kegiatan
Langkah-Langkah
Alokasi waktu
Teknik
1.
Pendahuluan
1)    Siswa menyimak apersepsi yang disampaiakan oleh guru mengenai teks pantun
2)   Siswa menyimak tujuan mempelajari teks pantun
3)   Siswa menyimak manfaat  mempelajari teks pantun
4)   Siswa menyimak motivasi yang disampaikan oleh guru

10 menit
Ceramah, tanya jawab
2
Inti
Pemberian Rangsangan
1)   Siswa mendengarkan lagu Rasa Sayange yang diputarkan oleh guru (mengamati)

2)   Siswa membaca struktur dan kaidah kebahasaan  teks pantun pada buku teks halaman 71 (mengamati)
3)   Siswa menyimak penjelasan guru tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks pantun (mengamati)
4)   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal yang tidak dipahami dari teks pantun yang telah dibaca (menanya)
Identifikasi Masalah
1)   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 4 siswa.
2)   Siswa menerimalembar kerja dan menyimak  petunjuk pengerjaan tugas yang disampaikan oleh guru
Pengumpulan Data
Siswa mencari data dari berbagai sumber untuk mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks pantun (mengumpulkan informasi)
Pengolahan Data
Siswa  menuliskan struktur  dan kaidah kebahasaan teks pantun yang telah diidentifikasi (mengasosiasi)
Pembuktian Dan Penarikan Simpulan
1)   Perwailan dari kelompok  yang memaparkan hasil pekerjaannya di depan kelas  (mengomunikasikan)
2)   Siswa yang lain menyimak dan menaggapi dengan percaya diri dan tanggung jawab

10 menit














5 menit






15 menit



25 menit


15 menit

Penugasan, tanya jawab, diskusi








Penugasan, ceramah


Diskusi


Penugasan

Diskusi, tanya jawab

3
Penutup
1)   Siswa dan guru bersama-sama membuat simpulan tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks pantun.
2)   Siswa dan guru bersama-sama membuat refleksi terkait pebelajaran yang telah dilakukan.
3)   Siswa dan guru melakukan evaluasi
4)   Siswa menerima tindak lanjut dari guru 

10 menit
Ceramah, tanya jawab, diskusi

Ø  Pertemuan 2 ( 2 X 45 menit)
Pendekatan     : Scientific
Model              : Problem Based Learning
Teknik             : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
No
Langkah
Kegiatan
Alokasi waktu
Teknik
1
Pendahuluan
1)   Siswa menyimak apersepsi yang disampaiakan oleh guru mengenai menginterpretasi teks pantun
2)   Siswa menyimak tujuan pembelajaran menginterpretasi  teks pantun
3)   Siswa menyimak pembelajaran menginterpretasi  teks pantun
4)   Siswa menyimak motivasi yang disampaikan oleh guru

10 menit
Ceramah, tanya jawab
2
Inti
Orientasi Siswa pada Masalah
1)   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2)   Siswa membaca teks pantun halaman 87
3)   Siswa menyimak penjelasan guru singkat terkait menginterpretasi teks pantun
Mengorganisasikan Siswa untuk Belajar
Siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait menginterpretasi teks pantun
Membimbing Penyelidikan Individual atau Kelompok
Siswa berdiskusi untuk menemukan isi/makna teks pantun halaman 89-90
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
Siswa  menuliskan hasil interpretasi teks pantun pada lembar kerja
Menganalisis Data dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
1)      Perwakilan dari kelompok maju untuk memaparkan hasil diskusinya
2)      Siswa yang lain menanggapi tanggung jawab

10 menit





10 menit


10 menit

30  menit


10 menit


Penugasan , ceramah








Tanya jawab




Diskusi



Penugasan




Diskusi

3
Penutup
1)   Siswa dan guru bersama-sama membuat simpulan mengenai menginterpretasi teks pantun.
2)   Siswa dan guru bersama-sama membuat refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan
3)   Siswa dan guru melakukan evaluasi
4)   Siswa menerima tindak lanjut dari guru

10 menit
Ceramah, diskusi, tanya jawab

F.     Penilaian
1.      Sikap Spritual
a.       Teknik Penilaian            : Observasi
b.      Bentuk Instrumen          : Lembar Observasi
c.       Instrumen                      : Terlampir
2.      Penilaian Sikap Sosial ( Tanggung Jawab, Peduli, Proaktif)
a.       Teknik Penilaian            : Observasi
b.      Bentuk Instrumen          : Lembar Observasi
c.       Instrumen                      : Terlampir
3.      Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian            : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen          : Uraian
c.       Instrumen                      : Terlampir
4.      Penilaian Keterampilan
a.       Teknik Penilaian            : Unjuk Kerja
b.      Bentuk Instrumen          : Produk
c.       Instrumen                      : Terlampir
G.    Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.        Media                : Power point “Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks pantun”, power point “Langkah Menginterpretasi Teks pantun”, Lagu Rasa Sayange
2.      Alat dan bahan   : Laptop, LCD, Proyektor, Spiker
3.      Sumber Belajar   :
Kemdikbud, 2015. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik. Kelas XII. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud, 2015. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik: Buku guru. Jakarta: Kemdikbud.
Yustinah. 2013. Produktif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.


         Ungaran,
Mengetahui,                                                                                 
Guru  Bahasa Indonesia                                              Guru Praktikan


.....................................................                                     ..........................................
         ( Eri Astuti, S. Pd. )                                                             (Dwi Putra W.S.A.P)

Lampiran 1. Materi

1.             Struktur Teks pantun
a.       Sampiran
Dua baris pertama merupakan pembayang atau sampiran. Sampiran biasanya merupakan unsur alam mengantarkan menuju isi atau maksud yang merujuk kepada dunia manusia yang meliputi perasaan, pemikiran, dan perbuatan manusia.
b.      Isi
Dua baris terakhir merupakan maksud yang hendak disampaikan penulis melalui pantun yang ditulis.

Struktur pantun yang lain:
a.       Karmina atau pantun kilat
Pantun yang terdiri atas dua larik atau baris dan bersajak a-a.
b.      Talibun
Pantun yang jumlah barisnya lebih dari empat, bisa enam, delapan, sepuluh, duabelas, dan seterusnya.
c.       Pantun Berkait
Pantun yang  terdiri atas beberapa bait yang sambung-menyambung.larik kedua dan keempat pada setiap baitnya menjadi larik pertama dan ketiga bait berikutnya.

2.             Kaidah Bahasa Teks pantun
1.        Diksi, adalah pilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaannya untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu seperti yang diharapkan.
2.        Bahasa kiasan, adalah bahasa yang digunakan pelantun untuk menyampaikan makna secara tidak langsung . Bahasa kiasan ini biasanya berupa peribahasa atau ungkapan tertentu untuk menyampaikan makna berita.
3.        Imaji, penggambaran yang dicipatakan oleh pelantun secara tidak langsung. Hal yang dapat dilihat atau seolah-olah digambarkan dalam teks pantun adalah dapat dilihat (imaji visual), didengar (imaji auditif), atau dirasa (imaji taktil).
4.        Bunyi, biasanya muncul dari kiasan, imaji, serta diksi yang diciptakan ketika menuturkan pantun. Dalam bunyi, akan terlihat unsur rima (rhyme) dan ritme (rhytm). Rima merupakan unsur pengulangan bunyi pada pantun, sedangkan irama adalah turun naiknya suara secara teratur. Bunyi selain untuk memperindah bunyi pantun, diciptakan juga agar pelantun dan pendengar lebih mudah mengingat serta mengaplikasikan pesan moral dan spiritual yang terdapat dalam teks pantun.
3.             Langkah Menginterpretasi Makna Teks pantun
a.              Bacalah teks pantun dengan saksama. Artinya, baca dengan perlahan sambil memaknai setiap diksi (pemilihan kata) yang terdapat pada pantun.
b.             Baca berulang hingga berkali-kali agar pemahaman lebih mendalam.
c.              Telaah setiap kata, rima, pola, bahasa, sampiran, isi, dan bait pantun.
d.             Tafsiran, gambaran atau pandangan biasanya akan muncul pada bagian “isi” karena pada bagian inilah terdapat tujuan penulis membuat pantun.
e.              Tuliskan makna yang telah diperoleh dari tafsiran, gambaran, atau pandangan awal dari isi pantun.


LAMPIRAN 2. Instrumen Penilaian

1.             Sikap Spiritual

LEMBAR OBSERVASI
SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang sditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 = sering, apabila cenderung banyak melakukan aspek yang diamati
2 = kadang-kadang, aabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah, apabila tidka pernah melakukan aspek yang diamati

Nama Siswa    : ..............................
Kelas                           : .............................
Tanggal Pengamatan: .............................
Materi Pokok              : .............................
No
Sikap yang Diamati
Skor
1
2
3
4
1
Membacadoa




2
Mengucapkansalam




3
MengucapsyukurkepadaTuhansebagaitandatelahdipermudahmendapatkaninformasidaripembelajarantekshasilobservasi




4
MenunjukansikapantusiassebagaiwujudpenghargaanterhadapanugerahTuhanberupatekshasilobservasi




Jumlah Skor



2.             Sikap Sosial
a.      Tanggung Jawab
LEMBAR OBSERVASI

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang sditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 = sering, apabila cenderung banyak melakukan aspek yang diamati
2 = kadang-kadang, aabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah, apabila tidka pernah melakukan aspek yang diamati

Nama Siswa : ..............................
Kelas                                    : .............................
Tanggal Pengamatan           : .............................
Materi Pokok                       : .............................
No
Sikap yang Diamati
Skor
1
2
3
4
1
Mengerjakantugas yang diberikan




2
Berkerjadalamkelompok




3
Menyimpulkanhasilpembelajaran




4
Mempresentasikanhasilpembelajaran




Jumlah Skor


b.      Percaya Diri
LEMBAR OBSERVASI

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang sditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 = sering, apabila cenderung banyak melakukan aspek yang diamati
2 = kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati

Nama Siswa : ..............................
Kelas                                    : .............................
Tanggal Pengamatan           : .............................
Materi Pokok                       : .............................
No
Sikap yang Diamati
Skor
1
2
3
4
1
Bertanya tanpa ragu-ragu




2
Berpendapat tanpa ragu-ragu




3
Berani presentasi di depan kelas




4
Percaya pada kemampuan diri sendiri




Jumlah Skor



REKAP PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran            :Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :
Tahun Ajaran              :...........................
Waktu Pengamatan     :...........................

Sikap  yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun

Indikator perkembangan perilaku religius, tanggung jawab, jujur, dan santun:
1.        BT (Belum Tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas.
2.        MT (Mulai Tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum konsisten
3.        MB (Mulai Berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai konsisten
4.        MK (Membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan konsisten.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan!
No
Nama Siswa
Spiritual
Tanggung Jawab
Percaya Diri
Jumlah
Nilai
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.















2.















3.















4.















5.















...

















JURNAL CATATAN GURU

Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
1.             Tulislah kelas dari siswa yang diamati
2.             Tulislah hari atau tanggal pengamatan
3.             Tulislah identitas siswa yang diamati
4.             Deskripsikan kejadian-kejadian yang dialami oleh siswa, baik yang merupakan kekuatan siswa maupun kelemahan siswa sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan sikap spiritual dan/ atau sikap sosial
5.             Tulislah dengan segera kejadian yang diamati






Kelas   : ...............
No
Hari/ Tanggal
Nama Siswa
Kejadian











3.             Pengetahuan
Soal Pengetahuan
Petunjuk
a.      Bacalah secara cermat teks pantun berikut!
Jikalau gelap orang bertenun,
Bukalah tingkap lebar-lebar.
Jikalau lenyap tukang pantun,
Sunyi senyap bandar yangbesar

Kalau pedada tidak berdaun,
Tandanya ulat memakan akar.
Kalau tak ada tukang pantun,
Duduk musyawarah terasahambar.

Jalan-jaln ke pasar unik,
Membeli baju dan handphone baru.
Siapa gerangan wanita cantik,
Yang tersenyum di hadapanku.

b.      Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut dengan  tepat!
1.      Identifikasilah  struktur salah satu bait pada  teks pantun tesebut!
No.
Stuktur Teks Pantun
1.
Baris

2.
Kata

3.
Rima akhir

4.
Sampiran
1.      
2.      
5.
Isi
1.     
2.     
6.
Ide




2.      Temukanlah makna dari kata-kata berikut ini!
No.
Kata Arkais
Makna Kata Arkais
1.
Tingkap

2.
Jikalau

3.
Langau

4.
Lesap

5.
Lubuk

6.
Gaharu

7.
Tenun

8.
Amanat

9.
Selendang

10.
Pedada


3.      Temukanlah beberapa diksi yang sering dijumpai padapergaulan sehari-hari saat ini dan tuliskan maknanya di kolom berikut!
No.
Diksi Mutakhir
Makna Kata
1.
Handphone
telepon genggam
2.


3.


4.


5.


5.


6.


7.


8.


9.


10.



4.      Temukanlah makna ungkapan yang ada pada kolom berikut ini!
No.
Ungkapan
Makna Ungkapan
1.
Besar kepala

2.
Kaki tangan

3.
Tebal muka

4.
Kepala batu

5.
Mata-mata

6.
Mengambil hati

7.
Darah biru

8.
Banting tulang

9.
Ringan tangan

10
Tangan besi


Kunci Jawaban Soal Pengetahuan
1.      Identifikasilah  struktur salah satu bait pada  teks pantun tesebut!
No.
Stuktur Teks Pantun
1.
Baris
Empat baris dalam satu  bait
2.
Kata
4-5 kata dalam satu  baris
3.
Rima akhir
a-b-a-b
4.
Sampiran
1.      Jikalau gelap orang bertenun,
2.      Bukalah tingkap lebar-lebar
5.
Isi
1.      Jikalau lenyap tukang pantun,
2.      Sunyi senyap bandar yang besar
6.
Ide
Kalau sudah  tidak ada yang bisa berpantun pasti dunia akan sepi.

2.      Temukanlah makna dari kata-kata berikut ini!
No.
Kata Arkais
Makna Kata Arkais
1.
Tingkap
Jendela di atap
2.
Jikalau
Kalau, jika
3.
Langau
Lalat besar yang suka menghisap darah  hewan
4.
Lesap
Hilang, lenyap
5.
Lubuk
Bagian yang dalam di sungai
6.
Gaharu
Kayu yang harum baunya
7.
Tenun
Hasil kerajinan yang berupa bahan (kain) yang dibuat dar i benang (kapas, sutra, dsb) dengan cara memasuk-masukkan pakan secara melintang pada lungsin
8.
Amanat
Pesan
9.
Selendang
Kain  panjang penutup leher (bahu, kepala) atau untuk menari
10.
Pedada
Pohon yang  tumbuh di hutan-hutan bakau, tingginya mencapai 15 m, berakar napas yang keluar dari dalam  lumpur, bentuk daunnya bulat telur, ujungnya tumpul dan membundar, panjangnya 5—13 cm

3.      Temukanlah beberapa diksi yang sering dijumpai pada pergaulan sehari-hari saat ini dan tuliskan maknanya di kolom berikut!
No.
Diksi Mutakhir
Makna Kata
1.
Handphone
Telepon genggam
2.
Internet
Jaringan yang dapat digunakan untuk mengakses apapun
3.
Wi-fi
Jaringan nirkabel untuk mengakses internet
4.
Facebook
Jejaring sosial
5.
Instagram
Jejaring sosialuntuk berbagi foto
5.
Endorse
Memperoleh barang secara gratis dengan syarat tertentu
6.
Tweet
Membagikan status melalui media sosial twitter
7.
Instal
Mulai memasang aplikasi
8.
Bio
Informasi yang ada pada instagram
9.
Registrasi
Mendaftar
10.
Baper
Merasa sangat peka terhadap sesuatu

4.      Temukanlah makna ungkapan yang ada pada kolom berikut ini!
No.
Ungkapan
Makna Ungkapan
1.
Besar kepala
Sombong
2.
Kaki tangan
Anak buah
3.
Tebal muka
Tidak tahu malu
4.
Kepala batu
Keras kepala
5.
Mata-mata
Pengintai
6.
Mengambil hati
Merayu
7.
Darah biru
Bangsawan
8.
Banting tulang
Kerja keras
9.
Ringan tangan
Sukamemberi/sukamembantu
10
Tangan besi
Suka memukul




4.             Keterampilan
Soal Keterampilan

Petunjuk
Interpretasikanlah makna  pantun-pantun berikut!

1.      Orang Sibu menunggang kuda,
Kuda ditunggang pantang tulang.
Masih mau mengaku muda,
Padahal cucu keliling pinggang.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.      Burung pipit memakan padi,
Burung enggan pergi ke hutan.
Tidak puas di dalam  hati,
Kalau tidak bersama tuan.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.      Buah cempedak di luar pagar,
Ambil galah tolong jolokkan.
Saya budak baru belajar,
Kalau salah  tolong  tunjukkan.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4.      Kayu cendana di atas batu,
Sudah diikat dibawa pulang.
Adat dunia memang begitu,
Benda yang buruk memang terbuang.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5.      Orang Bayang pergi mengaji,
Ke Cubadak jalan ke Panti.
Meninggalkan  sembanhyang  jadi  berani,
Seperti badan  tak akan mati.
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kunci Jawaban Soal Keterampilan
No.
Jawaban
1.
Orang tua yang masih merasa berjiwa muda dan seakan-akan lupa bahwa dirinya sudah mempunyai banyak cucu.
2.
Seseorang yang merasakan kerinduan mendalam sehingga dia merasa ada yang kosong di hatinya ketika sedang tidak bersama dengan orang yang dia rindukan.
3.
Ketika dalam proses belajar, kesalahan merupakan hal yang wajar. Jika terdapat kesalahan dalam belajar seharusnya ditunjukkan agar dapat memperbaiki kesalahan.
4.
Sudah menjadi hukum alam bahwa segala yang buruk/kurang baik pasti akan kurang diperhatikan.
5.
Semua orang pasti akan mati, jadi jangan sekali-kali meninggalkan sembahyang.

Rubrik Penilaian Soal Keterampilan
No.
Kriteria
Skor
1.
Menginterpretasi pantun dengan tepat
Menginterpretasi pantun dengan kurang  tepat
Menginterpretasi pantun dengan tidak  tepat
20
10
5
2.
Menginterpretasi pantun dengan tepat
Menginterpretasi pantun dengan kurang  tepat
Menginterpretasi pantun dengan tidak  tepat
20
10
5
3.
Menginterpretasi pantun dengan tepat
Menginterpretasi pantun dengan kurang  tepat
Menginterpretasi pantun dengan tidak  tepat
20
10
5
4.
Menginterpretasi pantun dengan tepat
Menginterpretasi pantun dengan kurang  tepat
Menginterpretasi pantun dengan tidak  tepat
20
10
5
5.
Menginterpretasi pantun dengan tepat
Menginterpretasi pantun dengan kurang  tepat
Menginterpretasi pantun dengan tidak  tepat
20
10
5

Jumlah Skor
100




Lampiran 3. Lembar Kerja
Lembar Kerja Siswa 1
KD 3.1. Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Pantun

a.             Bacalah secara cermat teks pantun berikut!
Jikalau gelap orang bertenun,
Bukalah tingkap lebar-lebar.
Jikalau lenyap tukang pantun,
Sunyi senyap bandar yangbesar

Kalau pedada tidak berdaun,
Tandanya ulat memakan akar.
Kalau tak ada tukang pantun,
Duduk musyawarah terasahambar.

Jalan-jaln ke pasar unik,
Membeli baju dan handphone baru.
Siapa gerangan wanita cantik,
Yang tersenyum di hadapanku.

b.             Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut dengan  tepat!
1.      Identifikasilah  struktur salah satu bait pada  teks pantun tesebut!
No.
Stuktur Teks Pantun
1.
Baris

2.
Kata

3.
Rima akhir

4.
Sampiran
3.      
4.      
5.
Isi
3.     
4.     
6.
Ide




2.      Temukanlah makna dari kata-kata berikut ini!
No.
Kata Arkais
Makna Kata Arkais
1.
Tingkap

2.
Jikalau

3.
Langau

4.
Lesap

5.
Lubuk

6.
Gaharu

7.
Tenun

8.
Amanat

9.
Selendang

10.
Pedada


3.      Temukanlah beberapa diksi yang sering dijumpai padapergaulan sehari-hari saat ini dan tuliskan maknanya di kolom berikut!
No.
Diksi Mutakhir
Makna Kata
1.
Handphone
telepon genggam
2.


3.


4.


5.


5.


6.


7.


8.


9.


10.



4.      Temukanlah makna ungkapan yang ada pada kolom berikut ini!
No.
Ungkapan
Makna Ungkapan
1.
Besar kepala

2.
Kaki tangan

3.
Tebal muka

4.
Kepala batu

5.
Mata-mata

6.
Mengambil hati

7.
Darah biru

8.
Banting tulang

9.
Ringan tangan

10
Tangan besi




Lembar Siswa 2
KD 4.1 Menginterpretasi Teks Pantun

Petunjuk
Interpretasikanlah makna  pantun-pantun berikut!

1.      Orang Sibu menunggang kuda,
Kuda ditunggang pantang tulang.
Masih mau mengaku muda,
Padahal cucu keliling pinggang.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.      Burung pipit memakan padi,
Burung enggan pergi ke hutan.
Tidak puas di dalam  hati,
Kalau tidak bersama tuan.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.      Buah cempedak di luar pagar,
Ambil galah tolong jolokkan.
Saya budak baru belajar,
Kalau salah  tolong  tunjukkan.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4.      Kayu cendana di atas batu,
Sudah diikat dibawa pulang.
Adat dunia memang begitu,
Benda yang buruk memang terbuang.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5.      Orang Bayang pergi mengaji,
Ke Cubadak jalan ke Panti.
Meninggalkan  sembanhyang  jadi  berani,
Seperti badan  tak akan mati.
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


No comments:

Post a Comment