Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah :
SMK Widya Praja Ungaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/I
Materi Pokok : Teks Pantun
Tema :
Menambah Cita Rasa Bahasa melalui Seni Berpantun
Alokasi Waktu : 4x 45 menit
(2 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan mengahayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dalam ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar
1.3
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa indonesia sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.2
Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat
tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna.
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviufilm/drama baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1
Menginterpretasimaknateks
cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasikompleks, dan
ulasan/reviufilm/drama baik secara lisan maupun tulisan
C.
Indikator
3.1.1 Menjelaskan struktur teks pantun
3.1.2 Menjelaskan kaidah kebahasaan teks
pantun
4.1.1 Menemukan isi/makna teks pantun
D. Materi
Pembelajaran
1. Struktur
teks pantun
2. Kaidah
kebahasaan teks pantun
3. Langkah-langkah
menginterpretasi teks pantun
E. Kegiatan
Pembelajaran
Ø
Pertemuan Pertama (2 X
45 menit)
Pendekatan : Scientific
Model : Discovery Learning
Teknik : ceramah, tanya jawab, diskusi
No
|
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
|
Alokasi
waktu
|
Teknik
|
1.
|
Pendahuluan
|
1) Siswa
menyimak apersepsi yang disampaiakan oleh guru mengenai teks pantun
2) Siswa
menyimak tujuan mempelajari teks pantun
3) Siswa
menyimak manfaat mempelajari teks
pantun
4) Siswa
menyimak motivasi yang disampaikan oleh guru
|
10
menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
2
|
Inti
|
Pemberian
Rangsangan
1) Siswa mendengarkan lagu
Rasa Sayange yang diputarkan oleh guru (mengamati)
2) Siswa
membaca struktur dan kaidah kebahasaan
teks pantun pada buku teks halaman 71 (mengamati)
3) Siswa
menyimak penjelasan guru tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks pantun
(mengamati)
4)
Siswa diberi kesempatan
untuk bertanya tentang hal yang tidak dipahami dari teks pantun yang telah
dibaca (menanya)
Identifikasi
Masalah
1)
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 4 siswa.
2)
Siswa menerimalembar
kerja dan menyimak petunjuk pengerjaan
tugas yang disampaikan oleh guru
Pengumpulan
Data
Siswa
mencari data dari berbagai sumber untuk mengidentifikasi struktur dan kaidah
kebahasaan teks pantun (mengumpulkan informasi)
Pengolahan
Data
Siswa menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan teks pantun yang
telah diidentifikasi (mengasosiasi)
Pembuktian
Dan Penarikan Simpulan
1) Perwailan
dari kelompok yang memaparkan hasil
pekerjaannya di depan kelas
(mengomunikasikan)
2) Siswa
yang lain menyimak dan menaggapi dengan percaya diri dan tanggung jawab
|
10
menit
5
menit
15
menit
25
menit
15
menit
|
Penugasan, tanya jawab, diskusi
Penugasan, ceramah
Diskusi
Penugasan
Diskusi, tanya jawab
|
3
|
Penutup
|
1) Siswa
dan guru bersama-sama membuat simpulan tentang struktur dan kaidah kebahasaan
teks pantun.
2) Siswa
dan guru bersama-sama membuat refleksi terkait pebelajaran yang telah
dilakukan.
3) Siswa
dan guru melakukan evaluasi
4) Siswa
menerima tindak lanjut dari guru
|
10
menit
|
Ceramah, tanya jawab, diskusi
|
Ø Pertemuan
2 ( 2 X 45 menit)
Pendekatan : Scientific
Model : Problem Based Learning
Teknik : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
penugasan
No
|
Langkah
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Teknik
|
1
|
Pendahuluan
|
1) Siswa
menyimak apersepsi yang disampaiakan oleh guru mengenai menginterpretasi teks
pantun
2) Siswa
menyimak tujuan pembelajaran menginterpretasi
teks pantun
3) Siswa
menyimak pembelajaran menginterpretasi
teks pantun
4) Siswa
menyimak motivasi yang disampaikan oleh guru
|
10
menit
|
Ceramah,
tanya jawab
|
2
|
Inti
|
Orientasi Siswa pada Masalah
1) Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok
2) Siswa
membaca teks pantun halaman 87
3) Siswa
menyimak penjelasan guru singkat terkait menginterpretasi teks pantun
Mengorganisasikan Siswa untuk Belajar
Siswa
menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait menginterpretasi teks pantun
Membimbing Penyelidikan Individual
atau Kelompok
Siswa
berdiskusi untuk menemukan isi/makna teks pantun halaman 89-90
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil
Karya
Siswa menuliskan hasil interpretasi teks pantun
pada lembar kerja
Menganalisis Data dan Mengevaluasi
Proses Pemecahan Masalah
1) Perwakilan
dari kelompok maju untuk memaparkan hasil diskusinya
2)
Siswa yang lain
menanggapi tanggung jawab
|
10 menit
10 menit
10 menit
30
menit
10 menit
|
Penugasan
, ceramah
Tanya
jawab
Diskusi
Penugasan
Diskusi
|
3
|
Penutup
|
1) Siswa
dan guru bersama-sama membuat simpulan mengenai menginterpretasi teks pantun.
2) Siswa
dan guru bersama-sama membuat refleksi terkait pembelajaran yang telah
dilakukan
3) Siswa
dan guru melakukan evaluasi
4) Siswa
menerima tindak lanjut dari guru
|
10
menit
|
Ceramah,
diskusi, tanya jawab
|
F. Penilaian
1.
Sikap
Spritual
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Instrumen : Terlampir
2.
Penilaian
Sikap Sosial ( Tanggung Jawab, Peduli, Proaktif)
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Instrumen : Terlampir
3.
Penilaian
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Instrumen : Terlampir
4.
Penilaian
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Unjuk Kerja
b. Bentuk
Instrumen : Produk
c. Instrumen : Terlampir
G.
Media/Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media : Power point “Struktur dan
Kaidah Kebahasaan Teks pantun”, power point “Langkah Menginterpretasi Teks
pantun”, Lagu Rasa Sayange
2. Alat
dan bahan : Laptop, LCD, Proyektor, Spiker
3. Sumber
Belajar :
Kemdikbud,
2015. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan
Akademik. Kelas XII. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud,
2015. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan
Akademik: Buku guru. Jakarta: Kemdikbud.
Yustinah.
2013. Produktif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Ungaran,
Mengetahui,
Guru Bahasa Indonesia Guru Praktikan
..................................................... ..........................................
( Eri Astuti, S. Pd. ) (Dwi
Putra W.S.A.P)
Lampiran 1. Materi
1.
Struktur Teks pantun
a.
Sampiran
Dua
baris pertama merupakan pembayang atau sampiran. Sampiran biasanya merupakan
unsur alam mengantarkan menuju isi atau maksud yang merujuk kepada dunia
manusia yang meliputi perasaan, pemikiran, dan perbuatan manusia.
b.
Isi
Dua
baris terakhir merupakan maksud yang hendak disampaikan penulis melalui pantun
yang ditulis.
Struktur
pantun yang lain:
a.
Karmina atau pantun kilat
Pantun
yang terdiri atas dua larik atau baris dan bersajak a-a.
b.
Talibun
Pantun
yang jumlah barisnya lebih dari empat, bisa enam, delapan, sepuluh, duabelas,
dan seterusnya.
c.
Pantun Berkait
Pantun
yang terdiri atas beberapa bait yang
sambung-menyambung.larik kedua dan keempat pada setiap baitnya menjadi larik
pertama dan ketiga bait berikutnya.
2.
Kaidah Bahasa Teks pantun
1.
Diksi, adalah
pilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaannya untuk mengungkapkan
gagasan sehingga diperoleh efek tertentu seperti yang diharapkan.
2.
Bahasa kiasan, adalah
bahasa yang digunakan pelantun untuk menyampaikan makna secara tidak langsung .
Bahasa kiasan ini biasanya berupa peribahasa atau ungkapan tertentu untuk
menyampaikan makna berita.
3.
Imaji,
penggambaran yang dicipatakan oleh pelantun secara tidak langsung. Hal yang
dapat dilihat atau seolah-olah digambarkan dalam teks pantun adalah dapat
dilihat (imaji visual), didengar (imaji auditif), atau dirasa (imaji taktil).
4.
Bunyi, biasanya
muncul dari kiasan, imaji, serta diksi yang diciptakan ketika menuturkan
pantun. Dalam bunyi, akan terlihat unsur rima (rhyme) dan ritme (rhytm). Rima
merupakan unsur pengulangan bunyi pada pantun, sedangkan irama adalah turun
naiknya suara secara teratur. Bunyi selain untuk memperindah bunyi pantun,
diciptakan juga agar pelantun dan pendengar lebih mudah mengingat serta
mengaplikasikan pesan moral dan spiritual yang terdapat dalam teks pantun.
3.
Langkah Menginterpretasi
Makna Teks pantun
a.
Bacalah teks pantun dengan saksama.
Artinya, baca dengan perlahan sambil memaknai setiap diksi (pemilihan kata)
yang terdapat pada pantun.
b.
Baca berulang hingga berkali-kali
agar pemahaman lebih mendalam.
c.
Telaah setiap kata, rima, pola,
bahasa, sampiran, isi, dan bait pantun.
d.
Tafsiran, gambaran atau pandangan
biasanya akan muncul pada bagian “isi” karena pada bagian inilah terdapat
tujuan penulis membuat pantun.
e.
Tuliskan makna yang telah diperoleh
dari tafsiran, gambaran, atau pandangan awal dari isi pantun.
LAMPIRAN 2. Instrumen
Penilaian
1.
Sikap
Spiritual
LEMBAR
OBSERVASI
SIKAP
SPIRITUAL
Petunjuk
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang sditampilkan oleh siswa,
dengan kriteria sebagai berikut:
4
= selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3
= sering, apabila cenderung banyak melakukan aspek yang diamati
2
= kadang-kadang, aabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1
= tidak pernah, apabila tidka pernah melakukan aspek yang diamati
Nama
Siswa : ..............................
Kelas : .............................
Tanggal
Pengamatan: .............................
Materi
Pokok :
.............................
No
|
Sikap yang
Diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Membacadoa
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkansalam
|
|
|
|
|
3
|
MengucapsyukurkepadaTuhansebagaitandatelahdipermudahmendapatkaninformasidaripembelajarantekshasilobservasi
|
|
|
|
|
4
|
MenunjukansikapantusiassebagaiwujudpenghargaanterhadapanugerahTuhanberupatekshasilobservasi
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
2.
Sikap
Sosial
a.
Tanggung
Jawab
LEMBAR OBSERVASI
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuai sikap spiritual yang sditampilkan oleh siswa, dengan kriteria
sebagai berikut:
4 = selalu, apabila
secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 = sering, apabila
cenderung banyak melakukan aspek yang diamati
2 = kadang-kadang,
aabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah,
apabila tidka pernah melakukan aspek yang diamati
Nama Siswa : ..............................
Kelas :
.............................
Tanggal Pengamatan : .............................
Materi Pokok :
.............................
No
|
Sikap yang
Diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Mengerjakantugas yang diberikan
|
|
|
|
|
2
|
Berkerjadalamkelompok
|
|
|
|
|
3
|
Menyimpulkanhasilpembelajaran
|
|
|
|
|
4
|
Mempresentasikanhasilpembelajaran
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
b.
Percaya
Diri
LEMBAR OBSERVASI
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda cek (v) pada
kolom skor sesuai sikap spiritual yang sditampilkan oleh siswa, dengan kriteria
sebagai berikut:
4 = selalu, apabila
secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 = sering, apabila
cenderung banyak melakukan aspek yang diamati
2 = kadang-kadang,
apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Nama Siswa : ..............................
Kelas :
.............................
Tanggal Pengamatan : .............................
Materi Pokok :
.............................
No
|
Sikap yang
Diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Bertanya
tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
2
|
Berpendapat
tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
3
|
Berani
presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
4
|
Percaya
pada kemampuan diri sendiri
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
REKAP
PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
Tahun Ajaran :...........................
Waktu Pengamatan :...........................
Sikap yang
diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius,
jujur, tanggung jawab, dan santun
Indikator perkembangan perilaku
religius, tanggung jawab, jujur, dan santun:
1.
BT
(Belum Tampak) jika sama sekali tidak
menunjukkan usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas.
2.
MT
(Mulai Tampak) jika menunjukkan sudah
ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum konsisten
3.
MB
(Mulai Berkembang) jika menunjukkan
ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup
sering dan mulai konsisten
4.
MK
(Membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan!
No
|
Nama Siswa
|
Spiritual
|
Tanggung Jawab
|
Percaya Diri
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JURNAL
CATATAN GURU
Petunjuk pengisian
jurnal (diisi oleh guru):
1.
Tulislah kelas dari
siswa yang diamati
2.
Tulislah hari atau
tanggal pengamatan
3.
Tulislah identitas
siswa yang diamati
4.
Deskripsikan
kejadian-kejadian yang dialami oleh siswa, baik yang merupakan kekuatan siswa
maupun kelemahan siswa sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan sikap
spiritual dan/ atau sikap sosial
5.
Tulislah dengan segera
kejadian yang diamati
Kelas : ...............
No
|
Hari/ Tanggal
|
Nama Siswa
|
Kejadian
|
|
|
|
|
3.
Pengetahuan
Soal Pengetahuan
Petunjuk
a.
Bacalah
secara cermat teks pantun berikut!
Jikalau gelap orang bertenun,
Bukalah tingkap lebar-lebar.
Jikalau lenyap tukang pantun,
Sunyi
senyap bandar yangbesar
Kalau
pedada tidak berdaun,
Tandanya ulat memakan akar.
Kalau tak ada tukang pantun,
Duduk musyawarah terasahambar.
Jalan-jaln ke pasar unik,
Membeli baju dan handphone baru.
Siapa gerangan wanita cantik,
Yang tersenyum di hadapanku.
b.
Setelah
itu, jawablah pertanyaan berikut dengan
tepat!
1.
Identifikasilah struktur salah satu bait pada teks pantun tesebut!
No.
|
Stuktur Teks Pantun
|
|
1.
|
Baris
|
|
2.
|
Kata
|
|
3.
|
Rima akhir
|
|
4.
|
Sampiran
|
1.
2.
|
5.
|
Isi
|
1.
2.
|
6.
|
Ide
|
|
2.
Temukanlah
makna dari kata-kata berikut ini!
No.
|
Kata Arkais
|
Makna Kata Arkais
|
1.
|
Tingkap
|
|
2.
|
Jikalau
|
|
3.
|
Langau
|
|
4.
|
Lesap
|
|
5.
|
Lubuk
|
|
6.
|
Gaharu
|
|
7.
|
Tenun
|
|
8.
|
Amanat
|
|
9.
|
Selendang
|
|
10.
|
Pedada
|
|
3.
Temukanlah
beberapa diksi yang sering dijumpai padapergaulan sehari-hari saat ini dan
tuliskan maknanya di kolom berikut!
No.
|
Diksi Mutakhir
|
Makna Kata
|
1.
|
Handphone
|
telepon
genggam
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
5.
|
|
|
6.
|
|
|
7.
|
|
|
8.
|
|
|
9.
|
|
|
10.
|
|
|
4.
Temukanlah
makna ungkapan yang ada pada kolom berikut ini!
No.
|
Ungkapan
|
Makna Ungkapan
|
1.
|
Besar
kepala
|
|
2.
|
Kaki tangan
|
|
3.
|
Tebal muka
|
|
4.
|
Kepala batu
|
|
5.
|
Mata-mata
|
|
6.
|
Mengambil
hati
|
|
7.
|
Darah biru
|
|
8.
|
Banting
tulang
|
|
9.
|
Ringan
tangan
|
|
10
|
Tangan besi
|
|
Kunci Jawaban Soal Pengetahuan
1.
Identifikasilah struktur salah satu bait pada teks pantun tesebut!
No.
|
Stuktur Teks Pantun
|
|
1.
|
Baris
|
Empat baris dalam satu bait
|
2.
|
Kata
|
4-5 kata dalam satu baris
|
3.
|
Rima akhir
|
a-b-a-b
|
4.
|
Sampiran
|
1.
Jikalau gelap orang bertenun,
2.
Bukalah tingkap lebar-lebar
|
5.
|
Isi
|
1.
Jikalau lenyap tukang pantun,
2.
Sunyi senyap bandar yang besar
|
6.
|
Ide
|
Kalau sudah
tidak ada yang bisa berpantun pasti dunia akan sepi.
|
2. Temukanlah makna dari
kata-kata berikut ini!
No.
|
Kata Arkais
|
Makna Kata Arkais
|
1.
|
Tingkap
|
Jendela di atap
|
2.
|
Jikalau
|
Kalau, jika
|
3.
|
Langau
|
Lalat besar yang suka menghisap darah hewan
|
4.
|
Lesap
|
Hilang, lenyap
|
5.
|
Lubuk
|
Bagian yang dalam di sungai
|
6.
|
Gaharu
|
Kayu yang harum baunya
|
7.
|
Tenun
|
Hasil
kerajinan yang berupa bahan (kain) yang dibuat dar i benang (kapas, sutra,
dsb) dengan cara memasuk-masukkan pakan secara melintang pada lungsin
|
8.
|
Amanat
|
Pesan
|
9.
|
Selendang
|
Kain panjang penutup leher (bahu, kepala) atau
untuk menari
|
10.
|
Pedada
|
Pohon
yang tumbuh di hutan-hutan bakau,
tingginya mencapai 15 m, berakar napas yang keluar dari dalam lumpur, bentuk daunnya bulat telur,
ujungnya tumpul dan membundar, panjangnya 5—13 cm
|
3.
Temukanlah
beberapa diksi yang sering dijumpai pada pergaulan sehari-hari saat ini dan
tuliskan maknanya di kolom berikut!
No.
|
Diksi Mutakhir
|
Makna Kata
|
1.
|
Handphone
|
Telepon
genggam
|
2.
|
Internet
|
Jaringan
yang dapat digunakan untuk mengakses apapun
|
3.
|
Wi-fi
|
Jaringan
nirkabel untuk mengakses internet
|
4.
|
Facebook
|
Jejaring
sosial
|
5.
|
Instagram
|
Jejaring
sosialuntuk berbagi foto
|
5.
|
Endorse
|
Memperoleh
barang secara gratis dengan syarat tertentu
|
6.
|
Tweet
|
Membagikan
status melalui media sosial twitter
|
7.
|
Mulai
memasang aplikasi
|
|
8.
|
Bio
|
Informasi
yang ada pada instagram
|
9.
|
Registrasi
|
Mendaftar
|
10.
|
Baper
|
Merasa
sangat peka terhadap sesuatu
|
4.
Temukanlah
makna ungkapan yang ada pada kolom berikut ini!
No.
|
Ungkapan
|
Makna Ungkapan
|
1.
|
Besar
kepala
|
Sombong
|
2.
|
Kaki tangan
|
Anak buah
|
3.
|
Tebal muka
|
Tidak tahu
malu
|
4.
|
Kepala batu
|
Keras
kepala
|
5.
|
Mata-mata
|
Pengintai
|
6.
|
Mengambil
hati
|
Merayu
|
7.
|
Darah biru
|
Bangsawan
|
8.
|
Banting
tulang
|
Kerja keras
|
9.
|
Ringan
tangan
|
Sukamemberi/sukamembantu
|
10
|
Tangan besi
|
Suka
memukul
|
4.
Keterampilan
Soal
Keterampilan
Petunjuk
Interpretasikanlah
makna pantun-pantun berikut!
1.
Orang Sibu menunggang
kuda,
Kuda
ditunggang pantang tulang.
Masih
mau mengaku muda,
Padahal
cucu keliling pinggang.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Burung
pipit memakan padi,
Burung enggan pergi ke hutan.
Tidak puas di dalam hati,
Kalau tidak bersama tuan.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Buah
cempedak di luar pagar,
Ambil galah tolong jolokkan.
Saya budak baru belajar,
Kalau salah tolong
tunjukkan.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Kayu
cendana di atas batu,
Sudah diikat dibawa pulang.
Adat dunia memang begitu,
Benda yang buruk memang terbuang.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Orang
Bayang pergi mengaji,
Ke Cubadak jalan ke Panti.
Meninggalkan sembanhyang
jadi berani,
Seperti badan tak akan mati.
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kunci
Jawaban Soal Keterampilan
No.
|
Jawaban
|
1.
|
Orang tua yang masih merasa berjiwa muda dan
seakan-akan lupa bahwa dirinya sudah mempunyai banyak cucu.
|
2.
|
Seseorang yang merasakan kerinduan mendalam
sehingga dia merasa ada yang kosong di hatinya ketika sedang tidak bersama
dengan orang yang dia rindukan.
|
3.
|
Ketika dalam proses belajar, kesalahan merupakan
hal yang wajar. Jika terdapat kesalahan dalam belajar seharusnya ditunjukkan
agar dapat memperbaiki kesalahan.
|
4.
|
Sudah menjadi hukum alam bahwa segala yang
buruk/kurang baik pasti akan kurang diperhatikan.
|
5.
|
Semua orang pasti akan mati, jadi jangan
sekali-kali meninggalkan sembahyang.
|
Rubrik Penilaian Soal
Keterampilan
No.
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Menginterpretasi
pantun dengan tepat
Menginterpretasi
pantun dengan kurang tepat
Menginterpretasi
pantun dengan tidak tepat
|
20
10
5
|
2.
|
Menginterpretasi
pantun dengan tepat
Menginterpretasi
pantun dengan kurang tepat
Menginterpretasi
pantun dengan tidak tepat
|
20
10
5
|
3.
|
Menginterpretasi
pantun dengan tepat
Menginterpretasi
pantun dengan kurang tepat
Menginterpretasi
pantun dengan tidak tepat
|
20
10
5
|
4.
|
Menginterpretasi
pantun dengan tepat
Menginterpretasi
pantun dengan kurang tepat
Menginterpretasi
pantun dengan tidak tepat
|
20
10
5
|
5.
|
Menginterpretasi
pantun dengan tepat
Menginterpretasi
pantun dengan kurang tepat
Menginterpretasi
pantun dengan tidak tepat
|
20
10
5
|
|
Jumlah Skor
|
100
|
Lampiran 3.
Lembar Kerja
Lembar Kerja
Siswa 1
KD 3.1.
Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Pantun
a.
Bacalah
secara cermat teks pantun berikut!
Jikalau gelap orang bertenun,
Bukalah tingkap lebar-lebar.
Jikalau lenyap tukang pantun,
Sunyi
senyap bandar yangbesar
Kalau
pedada tidak berdaun,
Tandanya ulat memakan akar.
Kalau tak ada tukang pantun,
Duduk musyawarah terasahambar.
Jalan-jaln ke pasar unik,
Membeli baju dan handphone baru.
Siapa gerangan wanita cantik,
Yang tersenyum di hadapanku.
b.
Setelah
itu, jawablah pertanyaan berikut dengan
tepat!
1.
Identifikasilah struktur salah satu bait pada teks pantun tesebut!
No.
|
Stuktur Teks Pantun
|
|
1.
|
Baris
|
|
2.
|
Kata
|
|
3.
|
Rima akhir
|
|
4.
|
Sampiran
|
3.
4.
|
5.
|
Isi
|
3.
4.
|
6.
|
Ide
|
|
2. Temukanlah makna dari
kata-kata berikut ini!
No.
|
Kata Arkais
|
Makna Kata Arkais
|
1.
|
Tingkap
|
|
2.
|
Jikalau
|
|
3.
|
Langau
|
|
4.
|
Lesap
|
|
5.
|
Lubuk
|
|
6.
|
Gaharu
|
|
7.
|
Tenun
|
|
8.
|
Amanat
|
|
9.
|
Selendang
|
|
10.
|
Pedada
|
|
3.
Temukanlah
beberapa diksi yang sering dijumpai padapergaulan sehari-hari saat ini dan
tuliskan maknanya di kolom berikut!
No.
|
Diksi Mutakhir
|
Makna Kata
|
1.
|
Handphone
|
telepon
genggam
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
5.
|
|
|
6.
|
|
|
7.
|
|
|
8.
|
|
|
9.
|
|
|
10.
|
|
|
4.
Temukanlah
makna ungkapan yang ada pada kolom berikut ini!
No.
|
Ungkapan
|
Makna Ungkapan
|
1.
|
Besar
kepala
|
|
2.
|
Kaki tangan
|
|
3.
|
Tebal muka
|
|
4.
|
Kepala batu
|
|
5.
|
Mata-mata
|
|
6.
|
Mengambil
hati
|
|
7.
|
Darah biru
|
|
8.
|
Banting
tulang
|
|
9.
|
Ringan tangan
|
|
10
|
Tangan besi
|
|
Lembar Siswa
2
KD 4.1
Menginterpretasi Teks Pantun
Petunjuk
Interpretasikanlah
makna pantun-pantun berikut!
1.
Orang Sibu menunggang
kuda,
Kuda
ditunggang pantang tulang.
Masih
mau mengaku muda,
Padahal
cucu keliling pinggang.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Burung
pipit memakan padi,
Burung enggan pergi ke hutan.
Tidak puas di dalam hati,
Kalau tidak bersama tuan.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Buah
cempedak di luar pagar,
Ambil galah tolong jolokkan.
Saya budak baru belajar,
Kalau salah tolong
tunjukkan.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Kayu
cendana di atas batu,
Sudah diikat dibawa pulang.
Adat dunia memang begitu,
Benda yang buruk memang terbuang.
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Orang
Bayang pergi mengaji,
Ke Cubadak jalan ke Panti.
Meninggalkan sembanhyang
jadi berani,
Seperti badan tak akan mati.
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment