Thursday, October 27, 2016

RPP Bahasa Indonesia K13 Revisi Terbaru Kelas XI/1 KD : 3.3 dan 4.3 teks cerpen



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             : SMK Widya Praja Ungaran
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester               : XI / I
Materi Pembelajaran         : Teks Cerita Pendek
Tema                                  : Menemukan Solusi Atas Masalah Kewirausahaan
Alokasi Waktu                 : 4  x 45  Menit ( 2 x pertemuan)

A.           Kompetensi Inti
1.             Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.             Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.             Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.             Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.            Kompetensi Dasar
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui  cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/ reviufilm/drama
2.2    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan
3.3         Menganalisis teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, danulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
4.3         Menyunting teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah  baik secara lisan maupun tulisan

C.           Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1     Menganalisis tema dalam teks cerita pendek
3.3.2     Menganalisis latar (setting) dalam teks cerita pendek
3.3.3     Menganalisis amanat dalam teks cerita pendek
3.3.4     Menganalisis penokohan dalam teks cerita pendek
3.3.5     Menganalisis sudut pandang dalam teks cerita pendek
3.3.6     Menganalisis alur dalam teks cerita pendek
4.3.1     Menemukan kesalahan aspek kebahasaan dalam teks cerita pendek
4.3.2     Memperbaiki aspek penulisan kebahasaan teks cerita pendek
4.3.4        Menemukan kesalahan aspek isi dalam teks cerita pendek
4.3.4     Memperbaiki aspek isi teks cerita pendek


D.           Materi Pembelajaran
1.           Unsur teks cerita pendek
2.           Aspek penulisan kebahasaan teks cerita pendek
3.           Aspek isi teks cerita pendek

E.            Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 jam pelajaran/90 menit)
Pendekatan      : Scientific
No
Kegiatan
Waktu
Teknik
1
Kegiatan Pendahuluan
1)   Siswa menyimak ilustrasi yang disampaikan oleh guru
2)   Siswa menyimak tujuan pembelajaran  teks cerita ulang  yang disampaikan oleh guru
3)   Siswa menyimak manfaat mempelajari teks cerita ulang yang disampaikan oleh guru
4)   Siswa menyimak motivasi yang disampaikan oleh guru
7 menit
Ceramah, tanya jawab
2
Kegiatan Inti
Mengamati
1)   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2)   Siswa membaca teks cerita pendek berjudul Meraih Impian secara individu
3)   Siswa membaca materi tentang unsur intrinsik cerita pendek secara berkelompok
Menanya
1)   Siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait unsur intrinsik cerita pendek
Mengumpulkan Informasi
1)   Siswa menerima lembar kerja untuk mencari unsur intrinsik cerita dalam cerita pendek berjudul Meraih Impian
2)   Siswa  menemukan unsur intrinsik cerita dalam cerita pendek berjudul Meraih Impian

Mengasosiasi
1)   Siswa berdiksusi mengenai unsur intrinsik cerita Meraih Impian yang telah ditemukan
2)   Siswa menuliskan  hasil jawaban di lembar kerja
Mengomunikasikan
1)      Siswa menukarkan lembar kerja dengan kelompok lain
2)      Siswa dan guru mengoreksi lembar kerja secara bersama-sama


15 menit





10 menit



25 menit




15 menit


10 menit


Penugasan






Tanya jawab




Penugasan, diskusi




Penugasan, diskusi

Tanya jawab


3
Kegiatan Akhir
1)   Siswa dan guru membuat simpulan tentang pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerita pendek Meraih Impian
2)   Siswa dan guru mengadakan refleksi terkait dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan
3)   Siswa dan guru mengadakan evaluasi terkait dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan
4)   Siswa menyimak tindak lanjut dari guru
8 menit
Ceramah, tanya jawab

Pertemuan Kedua (2 Jam Pelajaran/90 menit)
Pendekatan      : Scientific
No
Kegiatan
Waktu
Teknik
1
Kegiatan Pendahuluan
1)   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang materi lama yang berkaitan dengan materi yang akan disajikan
2)   Siswa menyimak tujuan pembelajaran  menyunting teks cerita pendek  yang disampaikan oleh guru
3)   Siswa menyimak manfaat pembelajaran menyunting teks cerita pendek  yang disampaikan oleh guru


7 menit

Ceramah, tanya jawab
2
Kegiatan Inti
Mengamati
1)   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2)   Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya
3)   Tiap-tiap kelompok dibagikan sebuah cerita pendek yang telah mereka tulis pada pembelajaran memproduksi teks cerita pendek
4)   Siswa membaca teks yang telah dibagikan dengan teliti
Menanya
1)   Siswa dan guru  melakukan tanya jawab mengenai aspek yang perlu disunting
Mengumpulkan Informasi
1)   Siswa bekerja secara kelompok untuk mengumpul informasi mengenai aspek yang perlu disunting
Mengasosiasi
1)   Siswa berdiksusi untuk menyunting certa pendek dari aspek penulisan kebahasaan dan aspek isi
Mengomunikasikan
1)         Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas
2)         Siswa yang lain menyimak dan menanggapi dengan santun


15 menit










10 menit

10 menit


30 menit


10 menit

Penugasan











Diskusi


Diskusi






3
Kegiatan Akhir
1)        Siswa dan guru membuat simpulan tentang menyunting teks cerita pendek
2)        Siswa dan guru mengadakan refleksi terkait dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan
3)        Siswa dan guru mengadakan evaluasi terkait dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan
4)        Siswa menyimak tindak lanjut dari guru

8 menit

Ceramah, tanya jawab

F.            Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik Penilaian: Observasi, Tes Tertulis, dan Produk.
2.      Instrumen Penilaian
a.       Pertemuan 1
1)      Lembar Observasi
2)      Soal Uraian

b.      Pertemuan 2
1)      Lembar Observasi
2)      Produk
3.      Remidial dan Pengayaan
a.       Remidial: Pemberian bimbingan khusus mengenai kegiatan mengidentifikasi informasi isi serta menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi.
b.      Pengayaan: Secara mandiri siswa mencari teks laporan hasil observasi di buku pengetahuan populer lalu mengidentifikasi informasi isi serta menyimpulkan isi teks yang didapatkan.

G.           Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media                      : Fotocopyan unsur intrinsik cerita pendek,
2.      Alat dan bahan        : Teks cerita pendek berjudul Meraih Impian, teks cerita pendek karya siswa
3.      Sumber Belajar        :
Kemdikbud, 2013a. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik. Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud, 2013b. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik: Buku guru. Jakarta: Kemdikbud.
Yustinah dan Ahmad Iskak. -. Bahasa Indonesia Tataran Unggul.Jakarta: Erlangga.

         Ungaran,
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMK Widya Praja                              Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



....................................................                    ...............................................................
   ( Drs. Eko Sutanto)                                                  (Dwi Putra W.S.A.P)




LAMPIRAN 1. Bahan Ajar
UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang ada di dalam cerita pendek.
Berikut uraian mengenai unsur-unsur pembentuk cerpen (intrinsik):
1.      Tema
Tema merupakan inti atau ide dasar sebuah cerita. Dari ide dasar tersebut dapat dibangun unsur-unsur pendukung lainnya.
2.      Latar (setting)
Latar cerpen dapat berupa tempat, waktu, suasana, dan budaya yang melingkupi cerita.
3.      Pesan/Amanat
Pesan pengarang berupa nilai didik yang hendak disampaikan kepada pembacanya, baik secara eksplisit maupun implisit.
4.      Penokohan
Penggambaran watak-watak tokoh dengan segala sifatnya dalam cerita, baik secara jelas maupun tersamar.
5.      Sudut pandang
Sudut pandang adalah cara pengarang bercerita dengan menempatkan pengarang sebagai orang pertama, kedua, ketiga, atau bahkan di luar cerita.
6.      Alur
Dalam cerpen, alur tidak begitu nampak jelas. Hal ini disebabkan pendeknya cakupan cerita. Namun, jika kita hendak mengetahui alur dalam cerpen, kita dapat menyampaikan peristiwa/kejadian dengan tahapan-tahapan tertentu.

PENYUNTINGAN

Penyuntingan berkaitan dengan memperbaiki aspek kebahasaan dan penulisan. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwakalian juga harus memperbaiki hal yang berkaitan dengan isi, misalnya alur yang tidak kronologis, anakronisme, kesalahan bercerita, atau konflik yang datar dan tidak dramatis.
LAMPIRAN 2. Instrumen Penilaian
1.      Teknik dan Bentuk Instrumen

Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap  
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Unjuk Kerja 
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik


2.      Instrumen Penilaian
Pengamatan Sikap


a.       Lembar Pengamatan Sikap
No
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Peduli
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK

BT


MT

MB

MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















….















































b.      Rubrik penilaian sikap
Rubrik
Skor
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
BT

Menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum konsisten
MT
Menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai konsisten
MB
Menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan konsisten
MK
Nilai Sikap = (Jml skor diperoleh : 16) x 100

a.       Tes uji petik kerja Interpretasi teks (Kelompok)
1.      Baca dan diskusikan teks laporan hasil observasi yang telah kalian terima dari guru!
2.      Carilah kalimat utama pada setiap paragraf teks laporan hasil observasi!
3.      Tentukan gagasan pokok yang ada pada setiap paragraf!
4.      Rangkumlah kumpulan kalimat utama pada semua semua paragraf teks editorial/opini!
5.      Komunikasikan hasil kerja kelompok kalian kepada kelompok lainnya!

Rubrik Unjuk Kerja :
No.
Aspek dan Deskripsi
Skor Maksimal
1.
Menyimpulkan teks
Skor 5 bila simpulan teks tepat
Skor 3 bila simpulan teks kurang tepat
Skor 1 bila simpulan teks tidak tepat



5
2.
Penggunaan bahasa dalam menyimpulkan
Skor 5 bila bahasa yang digunakan tepat dan baik.
Skor 3 bila bahasa yang digunakan kurang tepat dan kurang baik.
Skor 1 bila bahasa yang digunakan tidak tepat dan tidak baik.


5
3.
Penggunaan bahasa dalam mengomunikasikan hasil
Skor 5 bila bahasa yang digunakan tepat dan baik.
Skor 3 bila bahasa yang digunakan kurang tepat dan kurang baik.
Skor 1 bila bahasa yang digunakan tidak tepat dan tidak baik.

5
4.
Keaktifan kelompok
Skor 5 bila kelompok aktif dalam berdiskusi maupun ketika mengomunikasikan.
Skor 3 bila kelompok kurang aktif dalam berdiskusi maupun ketika mengomunikasikan.
Skor 1 bila kelompok tidak aktif dalam berdiskusi maupun ketika mengomunikasikan.



5
Jumlah
20
Nilai Keterampilan = (Jumlah skor diperoleh : 20) x 100

b.      Tes Uji petik kerja
1. Baca dan diskusikan teks laporan hasil observasi yang telah kalian terima dari guru!
2. Carilah kalimat utama pada setiap paragraf teks laporan hasil observasi!
3. Tentukan gagasan pokok yang ada pada setiap paragraf!
4. Rangkumlah kumpulan kalimat utama pada semua semua paragraf teks editorial/opini!

   Rubrik Unjuk Kerja :
No.
Aspek dan Deskripsi
Skor Maksimal
1.
Menyimpulkan teks
Skor 5 bila simpulan teks tepat
Skor 3 bila simpulan teks kurang tepat
Skor 1 bila simpulan teks tidak tepat



5
2.
Penggunaan bahasa dalam menyimpulkan
Skor 5 bila bahasa yang digunakan tepat dan baik.
Skor 3 bila bahasa yang digunakan kurang tepat dan kurang baik.
Skor 1 bila bahasa yang digunakan tidak tepat dan tidak baik.


5
Jumlah
10
Nilai Keterampilan = (Jumlah skor diperoleh : 10) x 100


Tes Uraian

Petunjuk
a.      Bacalah secara cermat teks cerita pendek berjudul “Meraih Impian”halaman 62 !
b.      Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut!
1.      Sebutkan tema dalam  cerpen berjudul “Meraih Impian” dan sertakan buktinya!
2.      Sebutkan latar (tempat, waktu, dan suasana) dalam cerpen berjudul “Meraih Impian” dan sertakan buktinya!
3.      Sebutkan amanat  yang terdapat dalam cerpen berjudul “Meraih Impian”!
4.      Sebutkan penokohan dalam teks cerpen berjudul “Meraih Impian” dan sertakan buktinya!
5.      Sebutkan sudut pandang dalam teks cerpen berjudul “Meraih Impian” dan serakan buktinya!
6.      Jelaskan alur yang digunakan dalam teks cerpen berjudul “Meraih Impian”!

Meraih Impian

1.    Terusik lamunanku saat terngiang sebaris kata ayah yang selalu berulang menelusup ke telingaku, “Nanda, kamu pasti bisa!” Kata-kata ayahku laksana dentuman meriam di rongga dadaku. Setiap kuingat kata-kata itu, semakin berat beban yang kurasakan, terlebih, urutanku sebagai sulung dari lima bersaudara. Tidak mudah bagiku untuk menjadi sulung. Kurasakan pula beban kedua orang tuaku yang semakin menjadi. Ayah, di luar segala kewajibannya sebagai PNS, terlibat aktif di dunia jurnalistik dan organisasi. Tidak mengherankan jika bunda terpaksa turun tangan untuk menopang keuangan keluarga dengan membuka sebuah warung kecil-kecilan.
2.    Padatnya aktivitas ayah dan bunda terekam kuat dalam benakku. Kerja keras seakan menjadi menu wajib bagiku. Namun, ada hal yang menjadi titik lemahku. Dua kali tangisku pecah ketika cita-citaku tak tersampaikan. Pertama, ketika gagal masuk fakultas kedokteran karena faktor biaya. Kuingat kata-kata bunda di telingaku. “Kita tak cukup uang untuk kamu masuk Fakultas Kedokteran. Sabar ya, Nak!”, ucap Bunda lembut, tetapi pasti. Kedua, ketika gagal mendaftar ke STPDN karena tinggi badan kurang. Kegagalan itu tentu saja membuatku terluka. Ayah dan bunda tiada putusputusnya membangkitkan diriku hingga kedua kakiku benar-benar mampu berpijak.
3.    Untuk mengobati luka hatiku, kuputuskan untuk membantu bunda menjaga warung. Sambil menjaga warung, sedikit demi sedikit belajar dari ketegaran bunda dalam menghadapi kesulitan hidup. Sering bunda tidur larut karena harus menyambung potongan perca menjadi sebuah bed cover untuk dijual. Bed cover itu dititipkan di sebuah toko swalayan. Tiada pernah putus doaku kepada Sang Khalik agar bunda senantiasa dikaruniai kesehatan lahir dan batin.
4.    Salah satu doaku terkabul. Suatu hari ayah memutuskan untuk berhenti bekerja dan berorganisasi. Ayah mulai melirik dunia usaha. Sebagai langkah awal, ayah melahap buku-buku sederet profil pengusaha sukses, sebut saja Bob Sadino, Bill Gates, Steve Jobs, Richard Branson, Donald Trump, dan Elang Gumilang. Benih pohon bisnis tumbuh pesat pula dalam diriku, terlebih setelah aku menyerap isi beberapa buku yang menyampaikan motivasi.
5.    Dua kegagalan yang lalu berakhir ketika aku diterima di jurusan bahasa Inggris. Kutekuni masa pendidikan tinggi dengan sepenuh hati. Kendala finansial mendorongku untuk merambah dunia kerja di samping kuliah. Pucuk dicinta ulam tiba. Suatu hari Kak Ica, saudara sepupuku, datang kepadaku. “Nanda, di sebelah toko Bunda ada kios yang dijual. Bagaimana kalau kita patungan untuk membeli kios itu, lalu kita jual pakaian di sana?” kata Kak Ica. Ia mengajak berpatungan untuk membeli kios itu. Kami mulai berbisnis pakaian. Tidak kusangka, usaha itu menuai hasil yang gemilang. Bunda berkunjung ke tokoku dan dia memuji, “Wah, ternyata Nanda sudah meraup banyak untung nih”.Kesibukan berbisnis tidak melemahkan prestasi di ranah akademis. Aku berhasil mempertahankan semuanya dengan hasil yang memukau.
6.    Seiring waktu, jaringan bisnisku meluas. Padatnya jadwal ceramah ayah sebagai motivator mendorongku untuk membantunya. Jadilah aku berkiprah dalam dunia event organizer. Lahan bisnis ini menuai sukses yang tergolong gemilang. Jaringan konsumen luas semakin membuka peluang untuk berkiprah di bidang lain. Usaha penjualan tiket pesawat pun kulakoni hingga membuahkan beberapa kantor cabang di berbagai kota di negeri ini.
7.     Kesuksesan ini tidak patut membuatku angkuh, terutama di hadapan Tuhan. Hanya karena ridha-Nya aku dapat meraih semuanya. Tidak luput bimbingan dan motivasi dari kedua orang tuaku turut membuatku tegar dalam berbagai kesulitan.

Diadaptasi dari Hartika, Resti. 2013. Meraih
Mimpi Jadi Pengusaha. Padang: Debe Mustika.

Rubrik Penilaian Pengetahuan
No
Indikator Penilaian
Skor
1.
Tema teks cerita pendek
a.       Menyebutkan tema dengan tepat
b.      Menyebutkan tema dengan kurang tepat
c.       Menyebutkan tema dengan tidak tepat

4
3
1
2.
Latar (waktu, tempat, suasana)
a.       Menyebutkan 3 latar dengan tepat
b.      Menyebutkan 2 latar dengan tepat
c.       Menyebutkan 1 latar dengan tepat
d.      Menyebutkan latar dengan tidak tepat

4
3
2
1
3.
Amanat
a.       Menyebutkan amanat dengan tepat
b.      Menyebutkan amanat dengan kurang tepat
c.       Menyebutkan amanat dengan tidak tepat

4
3
1
4.
Penokohan
a.       Menyebutkan 4 penokohan dengan tepat
b.      Menyebutkan 3-2 penokohan dengan tepat
c.       Menyebutkan 1 penokohan dengan tepat
d.      Menyebutkan penokohan dengan tidak tepat

4
3
2
1
5.
Sudut pandang
a.       Menyebutkan sudut pandang dengan tepat
b.      Menyebutkan sudut pandang dengan kurang tepat
c.       Menyebutkan sudut pandang dengan tidak tepat

4
3
1
6.
Alur
a.       Menyebutkan alur dengan tepat
b.      Menyebutkan alur dengan kurang tepat
c.       Menyebutkan alur dengan tidak tepat

4
3
1


1.             Keterampilan
Soal Keterampilan

Petunjuk
a.      Tulislah sebuah teks cerita pendek secara kelompok!
b.      Tukarkan teks yang telah dibuat dengan kelompok lain!
c.       Bacalah dengan cermat teks cerita pendek yang telah ditulis oleh kelompok lain!
d.      Perbaikilah teks tersebut dari aspek penulisan kebahasaan dan aspek isinya!




No comments:

Post a Comment