RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Widya Praja Ungaran
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas
/ Semester : XI / I
Materi
Pembelajaran : Teks Cerita Pendek
Tema : Menemukan
Solusi Atas Masalah Kewirausahaan
Alokasi
Waktu : 4 x 45 Menit ( 2 x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/ reviufilm/drama
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan
menyampaikan permasalahan
3.3
Menganalisis
teks cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, danulasan/reviu film/drama baik melalui
lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah baik secara lisan maupun tulisan
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.3.1 Menganalisis tema dalam teks cerita pendek
3.3.2 Menganalisis latar (setting) dalam
teks cerita pendek
3.3.3 Menganalisis amanat dalam teks cerita
pendek
3.3.4 Menganalisis penokohan dalam teks cerita
pendek
3.3.5 Menganalisis sudut pandang dalam teks cerita
pendek
3.3.6 Menganalisis alur dalam teks cerita pendek
4.3.1 Menemukan kesalahan aspek kebahasaan dalam
teks cerita pendek
4.3.2 Memperbaiki aspek penulisan kebahasaan teks
cerita pendek
4.3.4
Menemukan kesalahan aspek isi dalam teks cerita pendek
4.3.4 Memperbaiki aspek isi teks cerita pendek
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Unsur teks cerita
pendek
2.
Aspek penulisan
kebahasaan teks cerita pendek
3.
Aspek isi teks cerita
pendek
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (2 jam pelajaran/90 menit)
Pendekatan : Scientific
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Teknik
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
1) Siswa
menyimak ilustrasi yang disampaikan
oleh guru
2) Siswa menyimak tujuan pembelajaran teks cerita ulang yang disampaikan oleh guru
3) Siswa menyimak manfaat mempelajari teks cerita
ulang yang disampaikan oleh guru
4) Siswa menyimak motivasi yang disampaikan oleh guru
|
7 menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
2
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
1) Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok
2) Siswa
membaca teks cerita pendek berjudul Meraih Impian secara individu
3) Siswa
membaca materi tentang unsur intrinsik cerita pendek secara berkelompok
Menanya
1) Siswa
menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait unsur intrinsik cerita pendek
Mengumpulkan
Informasi
1)
Siswa menerima lembar
kerja untuk mencari unsur intrinsik cerita dalam cerita pendek berjudul Meraih
Impian
2)
Siswa menemukan unsur intrinsik cerita dalam
cerita pendek berjudul Meraih Impian
Mengasosiasi
1)
Siswa berdiksusi
mengenai unsur intrinsik cerita Meraih Impian yang telah ditemukan
2)
Siswa menuliskan hasil jawaban di lembar kerja
Mengomunikasikan
1) Siswa
menukarkan lembar kerja dengan kelompok lain
2) Siswa
dan guru mengoreksi lembar kerja secara bersama-sama
|
15 menit
10 menit
25 menit
15 menit
10 menit
|
Penugasan
Tanya jawab
Penugasan, diskusi
Penugasan, diskusi
Tanya jawab
|
3
|
Kegiatan
Akhir
1) Siswa dan guru membuat simpulan tentang pembelajaran
menganalisis unsur intrinsik cerita pendek Meraih Impian
2) Siswa
dan guru mengadakan refleksi terkait dengan pembelajaran yang telah
dilaksanakan
3) Siswa
dan guru mengadakan evaluasi terkait dengan pembelajaran yang telah
dilaksanakan
4) Siswa
menyimak tindak lanjut dari guru
|
8 menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
Pertemuan
Kedua (2 Jam Pelajaran/90 menit)
Pendekatan : Scientific
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Teknik
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
1) Siswa
dan guru melakukan tanya jawab
tentang materi lama yang berkaitan dengan materi yang akan disajikan
2) Siswa menyimak tujuan pembelajaran menyunting teks cerita pendek yang disampaikan oleh guru
3) Siswa menyimak manfaat pembelajaran menyunting
teks cerita pendek yang disampaikan
oleh guru
|
7 menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
2
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
1) Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok
2) Siswa
duduk sesuai dengan kelompoknya
3) Tiap-tiap
kelompok dibagikan sebuah cerita pendek yang telah mereka tulis pada
pembelajaran memproduksi teks cerita pendek
4) Siswa
membaca teks yang telah dibagikan dengan teliti
Menanya
1) Siswa
dan guru melakukan tanya jawab mengenai
aspek yang perlu disunting
Mengumpulkan
Informasi
1)
Siswa bekerja secara
kelompok untuk mengumpul informasi mengenai aspek yang perlu disunting
Mengasosiasi
1)
Siswa berdiksusi untuk
menyunting certa pendek dari aspek penulisan kebahasaan dan aspek isi
Mengomunikasikan
1)
Perwakilan dari
kelompok menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas
2)
Siswa yang lain
menyimak dan menanggapi dengan santun
|
15 menit
10 menit
10 menit
30 menit
10 menit
|
Penugasan
Diskusi
Diskusi
|
3
|
Kegiatan
Akhir
1)
Siswa dan guru membuat simpulan tentang menyunting teks cerita pendek
2)
Siswa dan guru
mengadakan refleksi terkait dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan
3)
Siswa dan guru
mengadakan evaluasi terkait dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan
4)
Siswa menyimak tindak
lanjut dari guru
|
8 menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian: Observasi, Tes Tertulis, dan Produk.
2.
Instrumen
Penilaian
a. Pertemuan 1
1) Lembar Observasi
2) Soal Uraian
b. Pertemuan 2
1) Lembar Observasi
2) Produk
3. Remidial dan Pengayaan
a. Remidial: Pemberian bimbingan khusus mengenai kegiatan
mengidentifikasi informasi isi serta menyimpulkan isi teks laporan hasil
observasi.
b. Pengayaan: Secara mandiri siswa mencari teks laporan hasil
observasi di buku pengetahuan populer lalu mengidentifikasi informasi isi serta
menyimpulkan isi teks yang didapatkan.
G.
Media/Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media : Fotocopyan unsur
intrinsik cerita pendek,
2. Alat
dan bahan : Teks cerita pendek
berjudul Meraih Impian, teks cerita pendek karya siswa
3. Sumber
Belajar :
Kemdikbud, 2013a. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan
Akademik. Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud, 2013b. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan
Akademik: Buku guru. Jakarta: Kemdikbud.
Yustinah dan Ahmad
Iskak. -. Bahasa Indonesia Tataran Unggul.Jakarta: Erlangga.
Ungaran,
Mengetahui,
Kepala
SMK Widya Praja Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
.................................................... ...............................................................
( Drs. Eko Sutanto) (Dwi Putra W.S.A.P)
LAMPIRAN 1. Bahan
Ajar
UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK
Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang ada di dalam cerita pendek.
Berikut uraian mengenai unsur-unsur pembentuk cerpen (intrinsik):
1.
Tema
Tema merupakan
inti atau ide dasar sebuah cerita. Dari ide dasar tersebut dapat dibangun
unsur-unsur pendukung lainnya.
2.
Latar
(setting)
Latar cerpen
dapat berupa tempat, waktu, suasana, dan budaya yang melingkupi cerita.
3.
Pesan/Amanat
Pesan pengarang
berupa nilai didik yang hendak disampaikan kepada pembacanya, baik secara
eksplisit maupun implisit.
4.
Penokohan
Penggambaran
watak-watak tokoh dengan segala sifatnya dalam cerita, baik secara jelas maupun
tersamar.
5.
Sudut
pandang
Sudut pandang
adalah cara pengarang bercerita dengan menempatkan pengarang sebagai orang
pertama, kedua, ketiga, atau bahkan di luar cerita.
6.
Alur
Dalam cerpen,
alur tidak begitu nampak jelas. Hal ini disebabkan pendeknya cakupan cerita.
Namun, jika kita hendak mengetahui alur dalam cerpen, kita dapat menyampaikan
peristiwa/kejadian dengan tahapan-tahapan tertentu.
PENYUNTINGAN
Penyuntingan berkaitan dengan memperbaiki aspek kebahasaan dan penulisan.
Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwakalian juga harus memperbaiki hal
yang berkaitan dengan isi, misalnya alur yang tidak kronologis, anakronisme,
kesalahan bercerita, atau konflik yang datar dan tidak dramatis.
LAMPIRAN
2. Instrumen Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes
Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
2. Instrumen Penilaian
Pengamatan Sikap
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Peduli
|
Santun
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik penilaian sikap
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
BT
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum konsisten
|
MT
|
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai konsisten
|
MB
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan konsisten
|
MK
|
Nilai
Sikap = (Jml skor diperoleh : 16) x 100
a. Tes
uji petik kerja Interpretasi teks (Kelompok)
1. Baca
dan diskusikan teks laporan hasil observasi yang telah kalian terima dari guru!
2. Carilah
kalimat utama pada setiap paragraf teks laporan hasil observasi!
3. Tentukan
gagasan pokok yang ada pada setiap paragraf!
4. Rangkumlah
kumpulan kalimat utama pada semua semua paragraf teks editorial/opini!
5. Komunikasikan
hasil kerja kelompok kalian kepada kelompok lainnya!
Rubrik
Unjuk Kerja :
No.
|
Aspek dan Deskripsi
|
Skor Maksimal
|
1.
|
Menyimpulkan
teks
Skor
5 bila simpulan teks tepat
Skor
3 bila simpulan teks kurang tepat
Skor
1 bila simpulan teks tidak tepat
|
5
|
2.
|
Penggunaan
bahasa dalam menyimpulkan
Skor
5 bila bahasa yang digunakan tepat dan baik.
Skor
3 bila bahasa yang digunakan kurang tepat dan kurang baik.
Skor
1 bila bahasa yang digunakan tidak tepat dan tidak baik.
|
5
|
3.
|
Penggunaan
bahasa dalam mengomunikasikan hasil
Skor
5 bila bahasa yang digunakan tepat dan baik.
Skor
3 bila bahasa yang digunakan kurang tepat dan kurang baik.
Skor
1 bila bahasa yang digunakan tidak tepat dan tidak baik.
|
5
|
4.
|
Keaktifan
kelompok
Skor
5 bila kelompok aktif dalam berdiskusi maupun ketika mengomunikasikan.
Skor
3 bila kelompok kurang aktif dalam berdiskusi maupun ketika mengomunikasikan.
Skor
1 bila kelompok tidak aktif dalam berdiskusi maupun ketika mengomunikasikan.
|
5
|
Jumlah
|
20
|
Nilai
Keterampilan = (Jumlah skor diperoleh : 20) x 100
b. Tes
Uji petik kerja
1. Baca dan diskusikan
teks laporan hasil observasi yang telah kalian terima dari guru!
2. Carilah kalimat
utama pada setiap paragraf teks laporan hasil observasi!
3. Tentukan gagasan
pokok yang ada pada setiap paragraf!
4. Rangkumlah kumpulan
kalimat utama pada semua semua paragraf teks editorial/opini!
Rubrik Unjuk Kerja :
No.
|
Aspek dan Deskripsi
|
Skor Maksimal
|
1.
|
Menyimpulkan
teks
Skor
5 bila simpulan teks tepat
Skor
3 bila simpulan teks kurang tepat
Skor
1 bila simpulan teks tidak tepat
|
5
|
2.
|
Penggunaan
bahasa dalam menyimpulkan
Skor
5 bila bahasa yang digunakan tepat dan baik.
Skor
3 bila bahasa yang digunakan kurang tepat dan kurang baik.
Skor
1 bila bahasa yang digunakan tidak tepat dan tidak baik.
|
5
|
Jumlah
|
10
|
Nilai
Keterampilan = (Jumlah skor diperoleh : 10) x 100
Tes
Uraian
Petunjuk
a.
Bacalah
secara cermat teks cerita pendek berjudul “Meraih Impian”halaman 62 !
b.
Setelah
itu, jawablah pertanyaan berikut!
1. Sebutkan
tema dalam cerpen berjudul “Meraih Impian”
dan sertakan buktinya!
2. Sebutkan
latar (tempat, waktu, dan suasana) dalam cerpen berjudul “Meraih Impian” dan
sertakan buktinya!
3. Sebutkan
amanat yang terdapat dalam cerpen
berjudul “Meraih Impian”!
4. Sebutkan
penokohan dalam teks cerpen berjudul “Meraih Impian” dan sertakan buktinya!
5. Sebutkan
sudut pandang dalam teks cerpen berjudul “Meraih Impian” dan serakan buktinya!
6. Jelaskan
alur yang digunakan dalam teks cerpen berjudul “Meraih Impian”!
Meraih Impian
1. Terusik lamunanku saat terngiang sebaris kata ayah yang selalu
berulang menelusup ke telingaku, “Nanda, kamu pasti bisa!” Kata-kata ayahku
laksana dentuman meriam di rongga dadaku. Setiap kuingat kata-kata itu, semakin
berat beban yang kurasakan, terlebih, urutanku sebagai sulung dari lima bersaudara.
Tidak mudah bagiku untuk menjadi sulung. Kurasakan pula beban kedua orang tuaku
yang semakin menjadi. Ayah, di luar segala kewajibannya sebagai PNS, terlibat
aktif di dunia jurnalistik dan organisasi. Tidak mengherankan jika bunda
terpaksa turun tangan untuk menopang keuangan keluarga dengan membuka sebuah
warung kecil-kecilan.
2. Padatnya aktivitas ayah dan bunda terekam kuat dalam benakku. Kerja
keras seakan menjadi menu wajib bagiku. Namun, ada hal yang menjadi titik
lemahku. Dua kali tangisku pecah ketika cita-citaku tak tersampaikan. Pertama,
ketika gagal masuk fakultas kedokteran karena faktor biaya. Kuingat kata-kata
bunda di telingaku. “Kita tak cukup uang untuk kamu masuk Fakultas Kedokteran.
Sabar ya, Nak!”, ucap Bunda lembut, tetapi pasti. Kedua, ketika gagal mendaftar
ke STPDN karena tinggi badan kurang. Kegagalan itu tentu saja membuatku
terluka. Ayah dan bunda tiada putusputusnya membangkitkan diriku hingga kedua
kakiku benar-benar mampu berpijak.
3. Untuk mengobati luka hatiku, kuputuskan untuk membantu bunda
menjaga warung. Sambil menjaga warung, sedikit demi sedikit belajar dari
ketegaran bunda dalam menghadapi kesulitan hidup. Sering bunda tidur larut
karena harus menyambung potongan perca menjadi sebuah bed cover untuk
dijual. Bed cover itu dititipkan di sebuah toko swalayan. Tiada pernah
putus doaku kepada Sang Khalik agar bunda senantiasa dikaruniai kesehatan lahir
dan batin.
4. Salah satu doaku terkabul. Suatu hari ayah memutuskan untuk
berhenti bekerja dan berorganisasi. Ayah mulai melirik dunia usaha. Sebagai
langkah awal, ayah melahap buku-buku sederet profil pengusaha sukses, sebut
saja Bob Sadino, Bill Gates, Steve Jobs, Richard Branson, Donald Trump, dan
Elang Gumilang. Benih pohon bisnis tumbuh pesat pula dalam diriku, terlebih
setelah aku menyerap isi beberapa buku yang menyampaikan motivasi.
5. Dua kegagalan yang lalu berakhir ketika aku diterima di jurusan
bahasa Inggris. Kutekuni masa pendidikan tinggi dengan sepenuh hati. Kendala finansial
mendorongku untuk merambah dunia kerja di samping kuliah. Pucuk dicinta ulam
tiba. Suatu hari Kak Ica, saudara sepupuku, datang kepadaku. “Nanda, di sebelah
toko Bunda ada kios yang dijual. Bagaimana kalau kita patungan untuk membeli
kios itu, lalu kita jual pakaian di sana?” kata Kak Ica. Ia mengajak
berpatungan untuk membeli kios itu. Kami mulai berbisnis pakaian. Tidak
kusangka, usaha itu menuai hasil yang gemilang. Bunda berkunjung ke tokoku dan
dia memuji, “Wah, ternyata Nanda sudah meraup banyak untung nih”.Kesibukan
berbisnis tidak melemahkan prestasi di ranah akademis. Aku berhasil
mempertahankan semuanya dengan hasil yang memukau.
6. Seiring waktu, jaringan bisnisku meluas. Padatnya jadwal ceramah
ayah sebagai motivator mendorongku untuk membantunya. Jadilah aku berkiprah dalam
dunia event organizer. Lahan bisnis ini menuai sukses yang tergolong gemilang.
Jaringan konsumen luas semakin membuka peluang untuk berkiprah di bidang lain.
Usaha penjualan tiket pesawat pun kulakoni hingga membuahkan beberapa kantor
cabang di berbagai kota di negeri ini.
7. Kesuksesan ini tidak patut
membuatku angkuh, terutama di hadapan Tuhan. Hanya karena ridha-Nya aku dapat
meraih semuanya. Tidak luput bimbingan dan motivasi dari kedua orang tuaku
turut membuatku tegar dalam berbagai kesulitan.
Diadaptasi dari
Hartika, Resti. 2013. Meraih
Mimpi Jadi Pengusaha.
Padang: Debe Mustika.
Rubrik
Penilaian Pengetahuan
No
|
Indikator
Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Tema teks cerita pendek
a. Menyebutkan tema dengan tepat
b. Menyebutkan tema dengan kurang tepat
c. Menyebutkan tema dengan tidak tepat
|
4
3
1
|
2.
|
Latar (waktu, tempat, suasana)
a. Menyebutkan 3 latar dengan tepat
b. Menyebutkan 2 latar dengan tepat
c. Menyebutkan 1 latar dengan tepat
d. Menyebutkan latar dengan tidak tepat
|
4
3
2
1
|
3.
|
Amanat
a. Menyebutkan amanat dengan tepat
b. Menyebutkan amanat dengan kurang tepat
c. Menyebutkan amanat dengan tidak tepat
|
4
3
1
|
4.
|
Penokohan
a. Menyebutkan 4 penokohan dengan tepat
b. Menyebutkan 3-2 penokohan dengan tepat
c. Menyebutkan 1 penokohan dengan tepat
d. Menyebutkan penokohan dengan tidak tepat
|
4
3
2
1
|
5.
|
Sudut pandang
a. Menyebutkan sudut pandang dengan tepat
b. Menyebutkan sudut pandang dengan kurang tepat
c. Menyebutkan sudut pandang dengan tidak tepat
|
4
3
1
|
6.
|
Alur
a. Menyebutkan alur dengan tepat
b. Menyebutkan alur dengan kurang tepat
c. Menyebutkan alur dengan tidak tepat
|
4
3
1
|
1.
Keterampilan
Soal
Keterampilan
Petunjuk
a. Tulislah
sebuah teks cerita pendek secara kelompok!
b. Tukarkan
teks yang telah dibuat dengan kelompok lain!
c. Bacalah
dengan cermat teks cerita pendek yang telah ditulis oleh kelompok lain!
d. Perbaikilah
teks tersebut dari aspek penulisan kebahasaan dan aspek isinya!
No comments:
Post a Comment