RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Widya Praja Ungaran
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas
/ Semester : XI / I
Materi
Pembelajaran : Teks Pantun
Tema : Menambah
Cita Rasa Bahasa Melalui Seni Berpantun
Alokasi
Waktu : 4 x 45 Menit ( 2 x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui pantun, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/ reviufilm/drama
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan
menyampaikan permasalahan
3.3
Menganalisis
teks
cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
danulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting
teks
cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah baik secara lisan maupun tulisan
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.2.1 Menggunakan
bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam menganalisis teks pantun secara tulisan
1.2.2 Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan
benar dalam menyunting teks cerita ulang secara tulisan
2.2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam
menganalisis dan menyunting teks pantun.
2.2.2 Menunjukkan
perilaku peduli dalam dalam menganalisis
dan menyunting teks pantun.
2.2.3 Menunjukkan perilaku proaktif dalam dalam
menganalisis dan menyunting teks pantun.
3.3.1 Mengelompokkan jenis teks pantun
berdasarkan isinya
4.3.1 Menata struktur teks pantun
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Jenis-jenis pantun
2.
Struktur teks pantun
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (2 jam pelajaran/90 menit)
Pendekatan : Scientific
Model : Discovery Learning
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Teknik
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
1) Siswa
menyimak ilustrasi yang disampaikan
oleh guru
2) Siswa menyimak tujuan pembelajaran teks pantun
yang disampaikan oleh guru
3) Siswa menyimak manfaat mempelajari teks pantun yang disampaikan oleh guru
4) Siswa menyimak motivasi yang disampaikan oleh guru
|
10 menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
2
|
Kegiatan
Inti
Pemberian
Ransangan
1) Siswa
menyimak penjelasan singkat guru terkait jenis-jenis pantun (mengamati)
Identifikasi
Masalah
1) Siswa
dihadapkan pada beberapa teks pantun .
Siswa harus bisa mengelompokkan semua teks pantun tersebut berdasarkan
jenisnya dengan tepat.
2) Siswa
menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami terkait jenis-jenis pantun
(menanya)
Pengumpulan Data
1)
Siswa menemukan
contoh-contoh dari berbagai jenis pantun sebagai referensi dalam pengerjaan
tugas (mengumpulkan data)
Pengolahan
Data
1)
Siswa mulai mengolah
data dengan referensi yang telah diperoleh untuk mengelompokkan pantun
berdasarkan jenisnya (mengasosiasi)
Pembuktian
1) Siswa
meneliti kembali hasil analisisnya dengan menanyakannya kepada guru (menanya)
Menarik
Kesimpulan
1) Siswa
menukarkan hasil perkerjaan dengan temannya (mengomunikasikan)
2) Siswadan
guru mengulas jenis-jenis pantun secara bersama-sama (mengomunikasiakan)
|
10 menit
10 menit
20 menit
10 menit
10 menit
10 menit
|
Ceramah
Tanya jawab
Penugasan
Penugasan
Tanya jawab
Tanya jawab, diskusi
|
3
|
Kegiatan
Akhir
1) Siswa dan guru membuat simpulan tentang pembelajaran
menganalisis jenis pantun
2) Siswa
dan guru mengadakan refleksi terkait dengan pembelajaran yang telah
dilaksanakan
3) Siswa
dan guru mengadakan evaluasi terkait dengan pembelajaran yang telah
dilaksanakan
4) Siswa
menyimak tindak lanjut dari guru
|
10 menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
Pertemuan
Kedua (2 Jam Pelajaran/90 menit)
Pendekatan : Scientific
Model : Problem Based Learning
No
|
Langkah
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Teknik
|
1
|
Pendahuluan
|
1) Siswa
menyimak apersepsi yang disampaiakan oleh guru mengenai menginterpretasi teks
pantun
2) Siswa
menyimak tujuan pembelajaran memproduksi teks pantun
3) Siswa
menyimak pembelajaran memproduksi teks
pantun
4) Siswa
menyimak motivasi yang disampaikan oleh guru
|
10 menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
2
|
Inti
|
Orientasi Siswa pada Masalah
1) Siswa
mengamati beberapa contoh pantun yang strukturnya masih acak pada halaman 97
(mengamati)
Mengorganisasikan Siswa untuk Belajar
1) Siswa
bekerj secara individu
2) Siswa menanyakan hal yang harus dilakukan dalam
menata struktur teks pantun tersebut (menanya)
Membimbing Penyelidikan Individual atau Kelompok
1)
Siswa mulai
megumpulkan bukti struktur pantun (mengumpulkan informasi)
2)
Siswa menanyakan
kesulitan yang mereka hadapi kepada guru
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
1)
Siswa menyusun sampiran dan isi yang sesuai dengan
struktur pantun (mengorganisasikan)
Menganalisis Data dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
1) Perwakilan
kelompok membacakan hasil karyanya di depan keals
2) Siswa
yang lain menyimak dengan antusias(mengomunikasikan)
|
10 menit
10 menit
10 menit
30 menit
10 menit
|
ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Diskusi
|
3
|
Penutup
|
1) Siswa
dan guru bersama-sama membuat simpulan mengenai menginterpretasi teks pantun.
2) Siswa
dan guru bersama-sama membuat refleksi terkait pembelajaran yang telah
dilakukan
3) Siswa
dan guru melakukan evaluasi
4) Siswa
menerima tindak lanjut dari guru
|
10 menit
|
Ceramah, diskusi,
tanya jawab
|
F.
Penilaian
1.
Sikap
Spritual
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Instrumen : Terlampir
2.
Penilaian
Sikap Sosial ( Tanggung Jawab, Peduli, Proaktif)
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Instrumen : Terlampir
3.
Penilaian
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Instrumen : Terlampir
4.
Penilaian
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Unjuk Kerja
b. Bentuk
Instrumen : Produk
c. Instrumen : Terlampir
G.
Media/Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media : powerpoint,Papan tulis
2. Alat
dan bahan : Jenis-jenis Pantun, Teks
pantun yang masih acak
3. Sumber
Belajar :
Kemdikbud, 2013a. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan
Akademik. Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud, 2013b. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan
Akademik: Buku guru. Jakarta: Kemdikbud.
Yustinah dan Ahmad
Iskak. -. Bahasa Indonesia Tataran Unggul.Jakarta: Erlangga.
Ungaran,
Mengetahui,
Kepala
SMK Widya Praja Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
.................................................... ...............................................................
( Drs. Eko Sutanto) (Dwi Putra W.S.A.P)
LAMPIRAN 1. Bahan
Ajar
JENIS-JENIS
PANTUN
a. Pantun Nasihat
b. Pantun Suka Cita
c. Pantun Jenaka
d. Pantun Teka-Teki
e. Pantun Nasib
f. Pantun Beriba Hati
g. Pantun Berkasih-kasihan
h. Pantun Agama
i.
Pantun Perpisahan
j.
Pantun Adat
LAMPIRAN
2. Instrumen Penilaian
1.
Sikap
Spiritual
LEMBAR
OBSERVASI
SIKAP
SPIRITUAL
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang sditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila secara terus
menerus melakukan aspek yang diamati
3 = sering, apabila cenderung
banyak melakukan aspek yang diamati
2 = kadang-kadang, aabila cenderung
lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah, apabila tidka
pernah melakukan aspek yang diamati
Nama Siswa : ..............................
Kelas : .............................
Tanggal Pengamatan:
.............................
Materi Pokok : .............................
No
|
Sikap
yang Diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Membaca
doa
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
salam
|
|
|
|
|
3
|
Mengucap
syukur kepada Tuhan sebagai tanda telah dipermudah mendapatkan informasi dari
pembelajaran teks hasil observasi
|
|
|
|
|
4
|
Menunjukan
sikap antusias sebagai wujud penghargaan terhadap anugerah Tuhan berupa teks
hasil observasi
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
2.
Sikap
Sosial
a.
Tanggung
Jawab
LEMBAR
OBSERVASI
Petunjuk
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang sditampilkan oleh siswa,
dengan kriteria sebagai berikut:
4
= selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3
= sering, apabila cenderung banyak melakukan aspek yang diamati
2
= kadang-kadang, aabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1
= tidak pernah, apabila tidka pernah melakukan aspek yang diamati
Nama
Siswa :
..............................
Kelas :
.............................
Tanggal
Pengamatan :
.............................
Materi
Pokok :
.............................
No
|
Sikap
yang Diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|
|
|
|
2
|
Berkerja
dalam kelompok
|
|
|
|
|
3
|
Menyimpulkan
hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
4
|
Mempresentasikan
hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
b.
Peduli
LEMBAR
OBSERVASI
Petunjuk
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang sditampilkan oleh siswa,
dengan kriteria sebagai berikut:
4
= selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3
= sering, apabila cenderung banyak melakukan aspek yang diamati
2
= kadang-kadang, aabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1
= tidak pernah, apabila tidka pernah melakukan aspek yang diamati
Nama
Siswa : ..............................
Kelas :
.............................
Tanggal
Pengamatan :
.............................
Materi
Pokok :
.............................
No
|
Sikap
yang Diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak menggangu teman saat bekerja kelompok
|
|
|
|
|
2
|
Menghargai pendapat orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Menolong teman yang kesulitan
|
|
|
|
|
4
|
Peka terhadap lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
c.
Proaktif
LEMBAR
OBSERVASI
Petunjuk
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (v)
pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang sditampilkan oleh siswa, dengan
kriteria sebagai berikut:
4
= selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3
= sering, apabila cenderung banyak melakukan aspek yang diamati
2
= kadang-kadang, aabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1
= tidak pernah, apabila tidka pernah melakukan aspek yang diamati
Nama
Siswa :
..............................
Kelas :
.............................
Tanggal
Pengamatan :
.............................
Materi
Pokok :
.............................
No
|
Sikap
yang Diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Mengikuti pembelajaran dengan antusias
|
|
|
|
|
2
|
Aktif bertanya
|
|
|
|
|
3
|
Aktif berpendapat
|
|
|
|
|
4
|
Menyimak pendapat orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
REKAP
PENILAIAN SIKAP
Mata
Pelajaran :Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
Tahun Ajaran :...........................
Waktu
Pengamatan :...........................
Sikap yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku
religius, jujur, tanggung jawab, dan santun
Indikator
perkembangan perilaku religius, tanggung jawab,
jujur, dan santun:
1.
BT
(Belum Tampak) jika sama sekali tidak
menunjukkan usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas.
2.
MT
(Mulai Tampak) jika menunjukkan sudah
ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum konsisten
3.
MB
(Mulai Berkembang) jika menunjukkan
ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup
sering dan mulai konsisten
4.
MK
(Membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan!
No
|
Nama Siswa
|
Spiritual
|
Tanggung
Jawab
|
Peduli
|
Proaktif
|
Jumlah
|
Nilai
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JURNAL
CATATAN GURU
Petunjuk
pengisian jurnal (diisi oleh guru):
1.
Tulislah kelas dari siswa
yang diamati
2.
Tulislah hari atau
tanggal pengamatan
3.
Tulislah identitas siswa
yang diamati
4.
Deskripsikan
kejadian-kejadian yang dialami oleh siswa, baik yang merupakan kekuatan siswa
maupun kelemahan siswa sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan sikap
spiritual dan/ atau sikap sosial
5.
Tulislah dengan segera
kejadian yang diamati
Kelas : ...............
No
|
Hari/
Tanggal
|
Nama
Siswa
|
Kejadian
|
|
|
|
|
3.
Pengetahuan
Tes
Uraian
Petunjuk
a. Bacalah secara cermat
teks pantun pada halaman 91-92!
b. Kelompokkan
pantun-pantun tersebut sesuai dengan jensinya!
4.
Keterampilan
Soal
Keterampilan
Petunjuk
a. Bacalah
teks pantun yang masih acak pada halaman 97-98!
b. Susunlah
teks tersebut menjadi teks pantun yang lengkap dan tepat strukturnya!
No comments:
Post a Comment