Thursday, November 12, 2015

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII/I "Teks Tanggapan Deskriptif"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP Mataram Semarang
Kelas/Semester            : VII/1
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Materi Pokok               : Teks Deskripsi
Alokasi waktu             :  6 x 40 menit (3x pertemuan)


A.        Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.         Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kometensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kometensi
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.2.1         Menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentul lisan.
1.2.2         Menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam  bentuk tulis.
2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi


2.1.1 Terbiasa tidak menyontek dalam menceritakan teks tanggapan deskriptif.
2.1.2 Terbiasa mengungkapkan apa adanya dalam menceritakan teks tanggapan deskriptif.
2.1.3 Terbiasa mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiiki dalam menceritakan teks tanggapan deskriptif.
2.1.4 Melaksanakan tugas individu dengan baik dalam menceritakan teks tanggapan deskriptif.
2.1.5 Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan dalam menceritakan teks tanggapan deskriptif.
3.1      Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

Pertemuan ke-1
3.1.1        Menyimpulkan pengertian teks tanggapan deskriptif dengan jujur dan percayadiri
3.1.2        Menjelaskan ciri-ciri teks tanggapan deskriptif dengan jujur dan percayadiri
Pertemuan ke-2
3.1.3        Menjelaskan struktur dan kaidah  teks tanggapan deskriptif dengan jujur dan percayadiri secara lisan
3.1.4        Menjelaskan struktur dan kaidah t teks tanggapan deskriptif dengan jujur dan percayadiri secara tulis
4.2  Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan
Pertemuan ke-3
4.2.1        Menyusun kerangka teks tanggapan deskriptif berdasarkan tema tertentu.
4.2.2        Menyusun teks tanggapan deskriptif berdasarkan tema tertentu.


C.        Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.      Setelah melakuan kegiatan  mengamati, peserta didik dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks tanggapan deskriptif untuk mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia.
2.      Selama proses pembelajaran peserta didik menunjukan perilaku jujur dan percayadiri dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan mengenai teks tanggapan deskriptif yang telah ditentukan.
3.      Setelah mengamati teks tanggapan deskriptif, peserta didik mampu menjelaskan definisi teks tanggapan deskriptif dengan jujur dan percayadiri melalui tulisan.
4.      Setelah mengamati teks tanggapan deskriptif, peserta didik mampu menjelaskan ciri-ciri teks tanggapan deskriptif dengan jujur dan percayadiri melalui tulisan.

Pertemuan ke-2
1.      Setelah mengamati teks tanggapan deskriptif peserta didik dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks tanggapan deskriptif untuk mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia.
2.      Selama proses pembelajaran peserta didik menunjukan perilaku jujur dan percayadiri dalam  menggunakan bahasa Indonesia untuk menentukan langkah-langkah suatu proses teks tanggapan deskriptif yang ada.
3.      Setelah mengamati teks tanggapan deskriptif, peserta didik mampu menjelaskan struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif dengan jujur dan percayadiri melalui tulisan.
4.      Setelah mencermati teks tanggapan deskriptif peserta didik dapat menceritakan tentang struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif dengan tepat, jujur dan disiplin melalui tulisan.

Pertemuan ke-3
1.      Setelah mengamati teks tanggapan deskriptif peserta didik dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks tanggapan deskriptif untuk mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia.
2.      Selama proses pembelajaran peserta didik menunjukan perilaku jujur dan percayadiri dalam  menggunakan bahasa Indonesia untuk menentukan langkah-langkah suatu proses teks tanggapan deskriptif yang ada.
  1. Setelah mengamati teks tanggapan deskriptif peserta didik dapat menyusun kerangka cerita berdasarkan tema tertentu dengan jujur, tanggung jawab, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Setelah mengamati teks tanggapan deskriptif peserta didik dapat menyusun teks tanggapan deskriptif berdasarkan teks tanggapan deskriptif yang telah dilakukan  dengan jujur, tanggung jawab, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

D.        Materi Pembelajaran (Terlampir)
Pertemuan 1
3.1.1             Pengertian teks tanggapan deskriptif
3.1.2             Ciri-ciri teks tanggapan deskriptif
Pertemuan 2
3.1.3             Struktur teks tanggapan deskriptif
3.1.4             Kaidah teks tanggapan deskriptif
Pertemuan 3
4.2.1 Menyusun teks tanggapan deskriptif




Metode Pembelajaran
Pendekatan      : Saintifik
Model              :  Discovery learning
Metode                        :
1.      Tanya jawab
2.      Pemodelan
3.      Teks tanggapan deskriptif
4.      Inkuiri
5.      Penugasan
6.      Ceramah

E.         Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan Awal
1)      Guru mengondisikan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran.
2)      Ketua kelas memimpin berdoa.
3)      Siswa menerima informasi tentang tema dan tujuan pembelajaran, serta penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran secara antusias.
4)      Guru mengarahkan siswa agar dapat mengikuti kegiatan belajar dengan mengembangkan sikap jujur dan percayadiri.
15 menit
Isi (kegiatan Inti)
MENGAMATI
1)      Peserta didik memperhatikan teks tanggapan deskriptif yang disediakan oleh guru
2)      Peserta didik bertanya-jawab dengan guru untuk membangun konteks tentang teks tanggapan deskriptif.
3)      Peserta didik merumuskan pengertian teks tanggapan deskriptif yang disediakan guru.

MENANYA
4)      Peserta didik membentuk kelompok (3-4 orang)
5)      Peserta didik membaca teks tanggapan deskriptif dengan teliti.

MENALAR
6)      Peserta didik memahami pengertian teks tanggapan deskriptif dengan menyesuaikan contoh struktur teks tanggapan deskriptif sesuai dengan penjelasan guru.
7)      Peserta didik memahami ciri-ciri teks tanggapan deskriptif

MENCOBA
8)      Dengan kreatif, siswa mencoba menentukan pengertian dan ciri-ciri teks tanggapan deskriptif.

MENGOMUNIKASIKAN
9)      Peserta didik membaca secara kritis teks tanggapan deskriptif kelompok dengan perilaku kreatif dan jujur
10)  Peserta didik menanggapi rumusan pengertian dan ciri-ciri teks tanggapan deskriptif hasil observasi kelompok lain dengan penuh kreatif dan santun       
70 menit

Penutup
1)      Dengan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)      Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami pengertian dan ciri-ciri teks tanggapan deskriptif.
3)      Dengan sikap peduli,  dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan materi dari guru.
4)      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran dari guru.
10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan Awal
1)      Guru mengondisikan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran.
2)      Ketua kelas memimpin berdoa.
3)      Siswa menerima informasi tentang tema dan tujuan pembelajaran, serta penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran secara antusias.
4)      Guru mengarahkan siswa agar dapat mengikuti kegiatan belajar dengan mengembangkan sikap jujur dan percayadiri.
10 menit
Isi (kegiatan Inti)
MENGAMATI
1)      Peserta didik memperhatikan teks tanggapan deskriptif disediakan oleh guru.
2)      Peserta didik bertanya-jawab dengan guru untuk membangun konteks tentang teks tanggapan deskriptif yang disediakan oleh guru.
3)      Peserta didik mencermati teks tanggapan deskriptif yang disediakan guru.

MENANYA
4)      Peserta didik membentuk kelompok (3-4 orang)
5)      Peserta didik membaca teks tanggapan deskriptif yang disediakan guru.

MENALAR
6)      Peserta didik memahami struktur teks tanggapan deskriptif dengan menyesuaikan contoh struktur  teks tanggapan deskriptif yang disediakan guru.
7)      Peserta didik memahami  kaidah teks tanggapan deskriptif.

MENCOBA
8)      Dengan kreatif, siswa mencoba menentukan struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif.

MENGOMUNIKASIKAN
9)      Peserta didik membaca secara kritis teks tanggapan deskriptif hasil kelompok dengan perilaku kreatif dan jujur
10)  Peserta didik menanggapi rumusan struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif hasil kelompok lain dengan kreatif dan santun.
75 menit

Penutup
1)      Dengan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)      Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif.
3)      Dengan sikap peduli,  dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan materi dari guru.
4)      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran dari guru.
10 menit






Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan Awal
1)      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas
2)      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
3)      Peserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang menyusun pokok-pokok teks hasil observasi dengan memberikan teks yang sudah disiapkan oleh guru.
4)      Peserta didik menerima informasi tentang tujuan dan manfaat pembelajaran.
10 menit
Isi (kegiatan Inti)
         MENGAMATI
1)            Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap jujur dan kreatif siswa memperhatikan teks tanggapan deskriptif yang telah disediakan guru.

MENANYA
2)            Peserta didik berkelompok 3-4 orang
3)            Guru membagi tema untuk masing-masing kelompok.
4)            Siswa mengobservasi mengenai kerangka dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
MENALAR
5)            Dengan kreatif, siswa menyusun kerangka teks tanggapan deskriptif berdasarkan tema yang telah diberikan guru secara berkelompok.
MENCOBA
6)            Dengan kreatif, siswa mencoba mengembangkan kerangka karangan teks tanggapan deskriptif yang telah disusun menjadi peragraf yang padu secara berkelompok.
         MENGOMUNIKASIKAN
7)            Dengan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun, siswa mempresentasikan teks tanggapan deskriptif berupa kerangka karangan dan karangan utuh teks tanggapan deskriptif.
75 menit

Penutup
1)      Dengan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)      Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami menyusun teks tanggapan deskriptif.
3)      Dengan sikap peduli,  dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan materi dari guru.
4)      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran dari guru.
5)      Guru memberi penugasan pada peserta didik untuk menyusun teks tanggapan deskriptif secara mandiri.
10 menit


F.         Media dan Sumber Belajar
1.      Media                    :           LCD, Laptop, Teks tanggapan deskriptif.
2.      Sumber belajar      :           Tim Kemendiknas RI. 2014. Bahasa Indonesia: Wahana pengetahuan. Jakarta: Kemendikbud.




G.        Penilaian Pembelajaran
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik Penilaian            : Penilaian diri
b.      Bentuk Instrumen          : Lembar penilaian diri
c.       Kisi-kisi
No.
Kompetensi yang Dinilai
Format Penilaian
1
Mensyukuri tentang kemampuan bahasa Indonesia  yang dapat dijdikan sebagai alat penyampai berbagi teks tanggapan deskriptif yang digunakan masyarakat.
Terlampir

2.      Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian    : Observasi
b.      Bentuk Instrumen : Panduan Observasi
c.       Kisi-kisi
No.
Kompetensi yang Dinilai
Format Penilaian
1
Jujur
Terlampir
2
Tanggung jawab
Terlampir
3
Sopan Santun
Terlampir
4
Kreatif
Terlampir
5
Percayadiri
Terlampir

3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian     : Tes Tulis
b.      Bentuk Instrumen   : Uraian
c.       Kisi-kisi
No.
Kompetensi yang Dinilai
Format Penilaian
1
Menjelaskan pengertian teks tanggapan deskriptif
Terlampir
1
Menjelaskan ciri-ciri teks tanggapan deskriptif
Terlampir
1
Menjelaskan strukrur teks tanggapan deskriptif
Terlampir
2
Menjelaskan kaidah teks tanggapan deskriptif
Terlampir

4.      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian    : Praktik
b.      Bentuk Instrumen : Rubrik
c.       Kisi-kisi
No.
Kompetensi yang Dinilai
Format Penilaian
1
Menyusun kerangka teks tanggapan deskriptif
Terlampir
2
Menyusun teks tanggapan deskriptif
Terlampir







Secang, 6 Agustus 2014
Mengetahui,                                                               
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran



                              
                                                                                                                 Lenny Sisiliya R,
NIP.                                                                                                       NIM. 2101411151



Lampian 1. Lembar Observasi
Petunjuk : Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 =  selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 =  sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2 =  kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4. Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
 = skor akhir

  1. Instrumen Sikap Religi
Lembar Observasi Sikap Spiritual (Religius)
No 
Aspek yang diamati
Skor
1
2
3
4
1.       
Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan




2.       
Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan karunia-Nya




3.       
Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan atau prestasi yang dicapai dalam pembelajaran




4.       
Memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran




5.       
Memelihara hubungan baik dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa




Jumlah Skor





  1. Instrumen Sikap Sosial
Lembar Observasi Sikap Jujur
No 
Aspek yang diamati
Skor
1
2
3
4
1.           
Selalu jujur




2.           
Jujur selama diawasi




3.           
Kadang-kadang jujur




4.           
Sering tidak jujur




Jumlah Skor





Lembar Observasi Sikap Tanggung Jawab
No 
Aspek yang diamati
Skor
1
2
3
4
1.       
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2.       
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3.       
Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya




4.       
Mengembalikan barang yang dipinjam




5.       
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Jumlah Skor





Lembar Observasi Sikap Sopan atau Santun
No 
Aspek yang diamati
Skor
1
2
3
4
1.       
Menghormati orang yang lebih tua




2.       
Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan tidak
Menyakitkan




3.       
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang
Akurat




4.       
Mengembalikan barang yang dipinjam




5.       
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Jumlah Skor





Lembar Observasi Sikap Kreatif
No 
Aspek yang diamati
Skor
1
2
3
4
1.       
Dapat mengembangkan materi dengan bahasanya sendiri




2.       
Dapat mengungkapkan gagasan yang berbeda dari teman yang lain.




Jumlah Skor






Lembar Observasi Sikap Percayadiri
No 
Aspek yang diamati
Skor
1
2
3
4
1.       
Berani mengutarakan pendapat didepan kelas




2.       
Berani menanggapi hasil pekerjaan teman




3.       
Berani mengutarakan pendapat dan gagasan dalam tugas




Jumlah Skor





Instrumen Pengetahuan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Mengidentifikasi  struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif
Tes tertulis
Tes uraian
1.      Identifikasi  struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif!
Menentukan unsur-unsur teks tanggapan deskriptif
Tes tertulis
Tes uraian
2.      Tentukan unsur-unsur teks tanggapan deskriptif!

Menentukan struktur teks tanggapan deskriptif
Tes tertulis
Tes uraian
3.      Tentukan struktur teks tanggapan deskriptif!

Pedoman Penskoran :
Soal no. 1
Aspek
Skor
Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif

·         Jawaban sempurna
25
·         Jawaban kurang sempurna
15
·         Jawaban tidak sempurna
5
SKOR MAKSIMAL
25

Soal no. 2
Aspek
Skor
Peserta didik menentukan unsur-unsur teks tanggapan deskriptif

·         Unsur-unsur teks tanggapan deskriptif sesuai
20
·         Unsur-unsur teks tanggapan deskriptif kurang sesuai
10
·         Unsur-unsur teks tanggapan deskriptif tidak sesuai
5
SKOR MAKSIMAL
20

Soal no. 3
Aspek
Skor
Peserta didik menentukan struktur teks tanggapan deskriptif

·         Menentukan struktur dengan sesuai
20
·         Menentukan struktur dengan kurang sesuai
10
·         Menentukan struktur dengan tidak sesuai
5
SKOR MAKSIMAL
20


Instrumen Keterampilan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menyusun kerangka teks tanggapan deskriptif berdasarkan tema tertentu.
Tes tertulis
Tes uraian
4.      Susunlah  teks tanggapan deskriptif berdasarkan tema berikut!
a.       Sosial
b.      Lingkungan
c.       Kepahlawanan
d.      Persahabatan
Menyusun teks tanggapan deskriptif berdasarkan tema tertentu.
Tes tertulis
Tes uraian
5.      Berdasarkan kerangka yang telah dibuat, susunlah teks tanggapan deskriptif yang utuh!


Pedoman Penskoran
No

Skor
1
Isi



a. Lengkap dan terinci

4


b. Lengkap tetapi kurang terinci

3


c. Kurang lengkap dan terinci

2


d. Kurang lengkap dan kurang terinci

1
2.
Organisasi



a. Teratur dan logis

4


b. Teratur tetapi tidak logis

3


c. Kurang teratur dan logis

2


d. Kurang teratur dan kurang logis

1
3.
Pilihan kata



a. Tepat dan sesuai

3


b. Kurang tepat dan sesuai

2


c. Tiidak tepat dan sesuai

1
4.
Kalimat



a. Mudah dipahami

3


b. Sedikit sulit dipahami

2


c. Sulit dipahami

1
5.
Ejaan dan tanda baca



a. Tidak ada yang salah

3


b. Sedikit yang salah

2


c. Banyak yang salah

1


                   Kriteria Penilaian
Skor

a. Lengkap dan terinci

4

b. Lengkap tetapi  kurang  terinci

3

c. Kurang lengkap dan terinci

2

d. Kurang lengkap dan  kurang  terinci

1
2. Organisasi


a. Teratur dan logis

4

b. Teratur tetapi tidak logis

3

c. Kurang teratur dan logis

2

d. Kurang teratur dan kurang logis

1
3. Pilihan kata


a. Tepat dan sesuai

3

b. Kurang tepat dan sesuai

2

c. Tidak  tepat dan sesuai

1
4. Kalimat


a. Mudah dipahami

3

b. Sedikit sulit dipahami

2

c. Sulit dipahami

1
5. Ejaan dan tanda baca


a. Tidak ada yang salah

3

b. Sedikit yang salah

2

c. Banyak yang salah

1























Bahan ajar

Teks tanggapan deskriptif disusun dengan struktur yang terdiri atas identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian. Bagian identifikasi berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut. Bagian klasifikasi berisi pengelompokan menurut jenis, kelompok, dsb., Sementara itu, deskripsi bagian berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut.

Struktur:
1.      Identifikasi,
2.      klasifikasi, dan
3.      deskripsi bagian.

Ciri-ciri teks tanggapan deskripsi sebagai berikut:
1.      Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
2.      Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.
3.      Membuat pembaca atau pandangan merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
4.      Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

Struktur Teks
Deskripsi
Identifikasi
Pantun terdiri atas dua bagian, yaitu sampiran dan isi. Sampiran adalah dua baris pertama, kerap kali berkaitan dengan alam (mencirikan budaya agraris masyarakat pendukungnya: misalnya "air, hujan, dan hulu", dan biasanya tak punya hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan rima/sajak. Dua baris terakhir merupakan isi, yang merupakan tujuan pantun tersebut.
Klasifikasi Definisi
Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang dikenal luas di Nusantara. Pantun berasal dari kata pantuntun dalam bahasa Minangkabau yang berarti "petuntun". Dalam bahasa Jawa dikenal sebagai parikan, dalam bahasa Sunda dikenal sebagai paparikan, dan dalam bahasa Batak dikenal sebagai umpasa (baca:uppasa).
Pantun biasanya terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b atau a-b-b-a). Pantun pada mulanya merupakan sastra lisan, tetapi sekarang dijumpai juga pantun tulis.
Deskripsi Bagian
Bentuk Pantun
Sampiran
Ke hulu membuat pagar
Jangan terpotong batang durian
Isi
Cari guru tempat belajar
Supaya jangan sesal kemudian.
Sampiran terutama digunakan untuk menyiapkan rima dan irama untuk mempermudah pendengar memahami isi pantun. Dalam hal kata "pagar: dan "belajar" rima dan irama yang terkait, demikian juga "durian" dan "kemudian", sehingga larik-larik dalam bait itu membentuk persajakan a-b-a-b.



No comments:

Post a Comment