RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Mataram
Semarang
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Materi Pokok : Teks Deskripsi
Alokasi waktu : 6 x 40 menit (3x pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 :
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2 :
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3 :
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4 :
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kometensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kometensi
|
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
|
1.2.1
Menggunakan Bahasa Indonesia
untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentul lisan.
1.2.2
Menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan
belajar di lingkungan sekolah dalam
bentuk tulis.
|
2.1 Memiliki perilaku
jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal
atau kejadian berdasarkan hasil observasi
|
2.1.1 Terbiasa tidak menyontek dalam menceritakan teks tanggapan
deskriptif.
2.1.2 Terbiasa mengungkapkan apa adanya dalam
menceritakan teks tanggapan deskriptif.
2.1.3 Terbiasa mengakui kesalahan atau
kekurangan yang dimiiki dalam menceritakan teks tanggapan
deskriptif.
2.1.4 Melaksanakan tugas individu dengan baik
dalam menceritakan teks tanggapan deskriptif.
2.1.5 Menerima resiko dari tindakan yang
dilakukan dalam menceritakan teks tanggapan deskriptif.
|
3.1 Memahami
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
Pertemuan ke-1
3.1.1
Menyimpulkan pengertian teks tanggapan
deskriptif dengan jujur dan percayadiri
3.1.2
Menjelaskan ciri-ciri teks tanggapan
deskriptif dengan jujur dan percayadiri
Pertemuan ke-2
3.1.3
Menjelaskan struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif dengan jujur dan percayadiri
secara lisan
3.1.4
Menjelaskan
struktur dan kaidah t teks tanggapan deskriptif dengan
jujur dan percayadiri secara tulis
|
4.2 Menyusun
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
Pertemuan ke-3
4.2.1
Menyusun kerangka teks tanggapan deskriptif berdasarkan tema tertentu.
4.2.2
Menyusun teks tanggapan deskriptif berdasarkan tema tertentu.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
ke-1
1. Setelah
melakuan kegiatan mengamati, peserta
didik dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks tanggapan
deskriptif untuk
mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia.
2. Selama
proses pembelajaran peserta didik menunjukan perilaku jujur dan percayadiri dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah
ditentukan mengenai teks tanggapan deskriptif yang
telah ditentukan.
3.
Setelah mengamati teks tanggapan
deskriptif, peserta didik mampu menjelaskan definisi teks tanggapan
deskriptif dengan jujur
dan percayadiri melalui tulisan.
4. Setelah
mengamati teks tanggapan deskriptif, peserta
didik mampu menjelaskan ciri-ciri teks tanggapan deskriptif dengan jujur dan percayadiri melalui
tulisan.
Pertemuan
ke-2
1. Setelah
mengamati teks tanggapan deskriptif peserta
didik dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi dalam
memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks tanggapan
deskriptif untuk mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia.
2. Selama
proses pembelajaran peserta didik menunjukan perilaku jujur dan percayadiri
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menentukan langkah-langkah suatu proses teks tanggapan deskriptif
yang ada.
3. Setelah
mengamati teks tanggapan deskriptif, peserta
didik mampu menjelaskan struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif dengan jujur dan percayadiri melalui
tulisan.
4. Setelah
mencermati teks tanggapan deskriptif peserta
didik dapat menceritakan
tentang struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif dengan
tepat, jujur dan disiplin
melalui tulisan.
Pertemuan ke-3
1. Setelah
mengamati teks tanggapan deskriptif peserta
didik dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi dalam
memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks tanggapan
deskriptif untuk mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia.
2. Selama
proses pembelajaran peserta didik menunjukan perilaku jujur dan percayadiri
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menentukan langkah-langkah suatu proses teks tanggapan deskriptif
yang ada.
- Setelah mengamati teks tanggapan deskriptif peserta didik dapat menyusun kerangka cerita berdasarkan tema tertentu dengan jujur, tanggung jawab, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Setelah mengamati teks tanggapan deskriptif peserta didik dapat menyusun teks tanggapan deskriptif berdasarkan teks tanggapan deskriptif yang telah dilakukan dengan jujur, tanggung jawab, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
D.
Materi
Pembelajaran (Terlampir)
Pertemuan 1
3.1.1
Pengertian teks tanggapan
deskriptif
3.1.2
Ciri-ciri teks tanggapan
deskriptif
Pertemuan 2
3.1.3
Struktur teks tanggapan
deskriptif
3.1.4
Kaidah teks tanggapan
deskriptif
Pertemuan
3
4.2.1 Menyusun teks tanggapan deskriptif
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery learning
Metode :
1.
Tanya jawab
2.
Pemodelan
3.
Teks tanggapan deskriptif
4.
Inkuiri
5.
Penugasan
6.
Ceramah
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan
Awal
|
1)
Guru mengondisikan
siswa untuk siap mengikuti pembelajaran.
2)
Ketua kelas memimpin
berdoa.
3)
Siswa menerima
informasi tentang tema dan tujuan pembelajaran, serta penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran secara antusias.
4)
Guru mengarahkan
siswa agar dapat mengikuti kegiatan belajar dengan mengembangkan sikap jujur
dan percayadiri.
|
15 menit
|
Isi
(kegiatan Inti)
|
MENGAMATI
1)
Peserta didik memperhatikan teks tanggapan
deskriptif yang disediakan oleh guru
2)
Peserta didik bertanya-jawab
dengan guru untuk membangun konteks tentang teks tanggapan
deskriptif.
3)
Peserta didik merumuskan
pengertian teks tanggapan
deskriptif yang disediakan guru.
MENANYA
4)
Peserta didik membentuk kelompok
(3-4 orang)
5)
Peserta didik membaca teks tanggapan
deskriptif dengan
teliti.
MENALAR
6)
Peserta didik memahami pengertian teks tanggapan
deskriptif dengan
menyesuaikan contoh struktur teks tanggapan deskriptif sesuai dengan penjelasan guru.
7)
Peserta didik memahami ciri-ciri teks tanggapan
deskriptif
MENCOBA
8)
Dengan kreatif, siswa
mencoba menentukan pengertian dan
ciri-ciri teks tanggapan deskriptif.
MENGOMUNIKASIKAN
9)
Peserta didik membaca secara
kritis teks tanggapan deskriptif kelompok
dengan perilaku kreatif dan jujur
10) Peserta
didik menanggapi rumusan pengertian dan ciri-ciri teks tanggapan
deskriptif hasil observasi kelompok lain dengan penuh kreatif
dan santun
|
70 menit
|
Penutup
|
1)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Bersama guru, siswa
mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami pengertian
dan ciri-ciri teks tanggapan deskriptif.
3) Dengan sikap peduli, dan santun siswa mendengarkan umpan balik
dan penguatan materi dari guru.
4)
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
dari guru.
|
10 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan
Awal
|
1) Guru
mengondisikan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran.
2) Ketua
kelas memimpin berdoa.
3) Siswa
menerima informasi tentang tema dan tujuan pembelajaran, serta penjelasan
tentang manfaat menguasai materi pembelajaran secara antusias.
4) Guru
mengarahkan siswa agar dapat mengikuti kegiatan belajar dengan mengembangkan
sikap jujur dan percayadiri.
|
10 menit
|
Isi
(kegiatan Inti)
|
MENGAMATI
1)
Peserta didik memperhatikan teks tanggapan
deskriptif disediakan oleh guru.
2)
Peserta didik bertanya-jawab
dengan guru untuk membangun konteks tentang teks tanggapan
deskriptif yang disediakan oleh guru.
3)
Peserta didik mencermati teks tanggapan
deskriptif yang disediakan guru.
MENANYA
4)
Peserta didik membentuk kelompok
(3-4 orang)
5)
Peserta didik membaca teks tanggapan
deskriptif yang disediakan guru.
MENALAR
6)
Peserta didik memahami struktur teks tanggapan
deskriptif dengan
menyesuaikan contoh struktur teks tanggapan
deskriptif yang disediakan guru.
7)
Peserta didik memahami kaidah teks tanggapan
deskriptif.
MENCOBA
8)
Dengan kreatif, siswa
mencoba menentukan struktur dan
kaidah teks tanggapan deskriptif.
MENGOMUNIKASIKAN
9)
Peserta didik membaca secara
kritis teks tanggapan deskriptif hasil kelompok
dengan perilaku kreatif dan jujur
10) Peserta
didik menanggapi rumusan struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif hasil kelompok lain dengan kreatif
dan santun.
|
75 menit
|
Penutup
|
1)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami
struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif.
3)
Dengan sikap peduli, dan santun siswa mendengarkan umpan balik
dan penguatan materi dari guru.
4)
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
dari guru.
|
10 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan
Awal
|
1)
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas
2)
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang
keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
3)
Peserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran
tentang menyusun pokok-pokok teks hasil observasi dengan memberikan teks yang sudah
disiapkan oleh guru.
4)
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan dan
manfaat pembelajaran.
|
10 menit
|
Isi
(kegiatan Inti)
|
MENGAMATI
1)
Untuk membangun
konteks pembelajaran, dengan sikap jujur dan kreatif siswa memperhatikan teks tanggapan
deskriptif yang
telah disediakan guru.
MENANYA
2)
Peserta didik berkelompok 3-4 orang
3)
Guru membagi tema untuk masing-masing kelompok.
4)
Siswa mengobservasi mengenai kerangka dengan santun dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
MENALAR
5)
Dengan kreatif, siswa
menyusun kerangka teks tanggapan
deskriptif berdasarkan tema yang telah diberikan guru secara
berkelompok.
MENCOBA
6)
Dengan kreatif, siswa
mencoba mengembangkan kerangka
karangan teks tanggapan deskriptif yang telah disusun menjadi peragraf
yang padu secara berkelompok.
MENGOMUNIKASIKAN
7)
Dengan sikap tanggung jawab,
peduli, dan santun, siswa mempresentasikan teks tanggapan
deskriptif berupa kerangka
karangan dan karangan utuh teks tanggapan
deskriptif.
|
75 menit
|
Penutup
|
1)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)
Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami menyusun teks tanggapan
deskriptif.
3)
Dengan sikap peduli, dan santun siswa mendengarkan umpan balik
dan penguatan materi dari guru.
4)
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
dari guru.
5)
Guru memberi
penugasan pada peserta didik untuk menyusun teks tanggapan
deskriptif secara
mandiri.
|
10 menit
|
F.
Media dan
Sumber Belajar
1.
Media : LCD, Laptop, Teks tanggapan deskriptif.
2.
Sumber belajar : Tim
Kemendiknas RI. 2014. Bahasa Indonesia:
Wahana pengetahuan. Jakarta: Kemendikbud.
G.
Penilaian Pembelajaran
1.
Sikap
Spiritual
a.
Teknik Penilaian : Penilaian diri
b.
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c.
Kisi-kisi
No.
|
Kompetensi yang Dinilai
|
Format Penilaian
|
1
|
Mensyukuri tentang kemampuan bahasa Indonesia yang dapat dijdikan sebagai alat penyampai
berbagi teks tanggapan deskriptif yang digunakan
masyarakat.
|
Terlampir
|
2.
Sikap
Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Panduan Observasi
c.
Kisi-kisi
No.
|
Kompetensi yang Dinilai
|
Format Penilaian
|
1
|
Jujur
|
Terlampir
|
2
|
Tanggung jawab
|
Terlampir
|
3
|
Sopan Santun
|
Terlampir
|
4
|
Kreatif
|
Terlampir
|
5
|
Percayadiri
|
Terlampir
|
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi
No.
|
Kompetensi yang Dinilai
|
Format Penilaian
|
1
|
Menjelaskan pengertian teks tanggapan
deskriptif
|
Terlampir
|
1
|
Menjelaskan ciri-ciri teks tanggapan
deskriptif
|
Terlampir
|
1
|
Menjelaskan strukrur teks tanggapan
deskriptif
|
Terlampir
|
2
|
Menjelaskan kaidah teks tanggapan
deskriptif
|
Terlampir
|
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Praktik
b.
Bentuk Instrumen : Rubrik
c.
Kisi-kisi
No.
|
Kompetensi yang Dinilai
|
Format Penilaian
|
1
|
Menyusun kerangka teks tanggapan
deskriptif
|
Terlampir
|
2
|
Menyusun teks tanggapan
deskriptif
|
Terlampir
|
Secang,
6 Agustus 2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Lenny Sisiliya R,
NIP. NIM. 2101411151
Lampian 1.
Lembar Observasi
Petunjuk
: Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila secara terus menerus
melakukan aspek yang diamati
3
= sering, apabila cenderung lebih banyak
melakukan aspek yang diamati
2
= kadang-kadang, apabila cenderung lebih
sedikit melakukan aspek yang diamati
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Petunjuk
Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4. Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
= skor akhir
- Instrumen Sikap Religi
Lembar
Observasi Sikap Spiritual (Religius)
No
|
Aspek yang diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan setiap perbuatan
|
|
|
|
|
2.
|
Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa atas nikmat dan karunia-Nya
|
|
|
|
|
3.
|
Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa atas keberhasilan atau prestasi yang dicapai dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
4.
|
Memberi
salam pada saat awal dan akhir pembelajaran
|
|
|
|
|
5.
|
Memelihara
hubungan baik dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
- Instrumen Sikap Sosial
Lembar Observasi Sikap Jujur
No
|
Aspek yang diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Selalu jujur
|
|
|
|
|
2.
|
Jujur selama diawasi
|
|
|
|
|
3.
|
Kadang-kadang
jujur
|
|
|
|
|
4.
|
Sering
tidak jujur
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Lembar Observasi Sikap Tanggung Jawab
No
|
Aspek yang diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Melaksanakan tugas individu
dengan baik
|
|
|
|
|
2.
|
Menerima resiko dari tindakan
yang dilakukan
|
|
|
|
|
3.
|
Melaksanakan
setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya
|
|
|
|
|
4.
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5.
|
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Lembar Observasi Sikap Sopan atau Santun
No
|
Aspek yang diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menghormati orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
2.
|
Tidak
berkata-kata kotor, kasar, dan tidak
Menyakitkan
|
|
|
|
|
3.
|
Tidak
menuduh orang lain tanpa bukti yang
Akurat
|
|
|
|
|
4.
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5.
|
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Lembar Observasi Sikap Kreatif
No
|
Aspek yang diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Dapat
mengembangkan materi dengan bahasanya sendiri
|
|
|
|
|
2.
|
Dapat
mengungkapkan gagasan yang berbeda dari teman yang lain.
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Lembar Observasi Sikap Percayadiri
No
|
Aspek yang diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berani mengutarakan pendapat
didepan kelas
|
|
|
|
|
2.
|
Berani menanggapi hasil pekerjaan
teman
|
|
|
|
|
3.
|
Berani
mengutarakan pendapat dan gagasan dalam tugas
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Instrumen Pengetahuan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Mengidentifikasi struktur dan kaidah teks tanggapan
deskriptif
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Identifikasi struktur dan kaidah teks tanggapan
deskriptif!
|
Menentukan
unsur-unsur teks tanggapan deskriptif
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
2. Tentukan
unsur-unsur teks tanggapan deskriptif!
|
Menentukan
struktur teks tanggapan deskriptif
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
3. Tentukan
struktur teks tanggapan deskriptif!
|
Pedoman Penskoran :
Soal no. 1
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik mengidentifikasi
struktur dan kaidah teks tanggapan deskriptif
|
|
·
Jawaban sempurna
|
25
|
·
Jawaban kurang sempurna
|
15
|
·
Jawaban tidak
sempurna
|
5
|
SKOR MAKSIMAL
|
25
|
Soal no. 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menentukan unsur-unsur teks tanggapan deskriptif
|
|
·
Unsur-unsur teks tanggapan
deskriptif sesuai
|
20
|
·
Unsur-unsur teks tanggapan
deskriptif kurang sesuai
|
10
|
·
Unsur-unsur teks tanggapan
deskriptif tidak sesuai
|
5
|
SKOR MAKSIMAL
|
20
|
Soal no. 3
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menentukan struktur teks tanggapan deskriptif
|
|
·
Menentukan struktur
dengan sesuai
|
20
|
·
Menentukan struktur
dengan kurang sesuai
|
10
|
·
Menentukan struktur
dengan tidak sesuai
|
5
|
SKOR MAKSIMAL
|
20
|
Instrumen Keterampilan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Menyusun
kerangka teks tanggapan deskriptif berdasarkan tema tertentu.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
4. Susunlah teks tanggapan
deskriptif berdasarkan tema berikut!
a. Sosial
b. Lingkungan
c. Kepahlawanan
d. Persahabatan
|
Menyusun
teks tanggapan
deskriptif berdasarkan
tema tertentu.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
5. Berdasarkan
kerangka yang telah dibuat, susunlah teks tanggapan
deskriptif yang
utuh!
|
Pedoman Penskoran
No
|
|
Skor
|
1
|
Isi
|
|
|
a. Lengkap dan terinci
|
4
|
|
b. Lengkap tetapi kurang terinci
|
3
|
|
c. Kurang lengkap dan terinci
|
2
|
|
d. Kurang lengkap dan kurang terinci
|
1
|
2.
|
Organisasi
|
|
|
a. Teratur dan logis
|
4
|
|
b. Teratur tetapi tidak logis
|
3
|
|
c. Kurang teratur dan logis
|
2
|
|
d. Kurang teratur dan kurang logis
|
1
|
3.
|
Pilihan kata
|
|
|
a. Tepat dan sesuai
|
3
|
|
b. Kurang tepat dan sesuai
|
2
|
|
c. Tiidak tepat dan sesuai
|
1
|
4.
|
Kalimat
|
|
|
a. Mudah dipahami
|
3
|
|
b. Sedikit sulit dipahami
|
2
|
|
c. Sulit dipahami
|
1
|
5.
|
Ejaan dan tanda baca
|
|
|
a. Tidak ada yang salah
|
3
|
|
b. Sedikit yang salah
|
2
|
|
c. Banyak yang salah
|
1
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor
|
a. Lengkap dan terinci
|
4
|
b. Lengkap tetapi kurang terinci
|
3
|
c. Kurang lengkap dan terinci
|
2
|
d. Kurang lengkap dan kurang terinci
|
1
|
2. Organisasi
|
|
a. Teratur dan logis
|
4
|
b. Teratur tetapi tidak logis
|
3
|
c. Kurang teratur dan logis
|
2
|
d. Kurang teratur dan kurang logis
|
1
|
3. Pilihan
kata
|
|
a. Tepat dan sesuai
|
3
|
b. Kurang tepat dan sesuai
|
2
|
c. Tidak tepat dan sesuai
|
1
|
4. Kalimat
|
|
a. Mudah dipahami
|
3
|
b. Sedikit sulit dipahami
|
2
|
c. Sulit dipahami
|
1
|
5. Ejaan
dan tanda baca
|
|
a. Tidak ada yang salah
|
3
|
b. Sedikit yang salah
|
2
|
c. Banyak yang salah
|
1
|
Bahan ajar
Teks
tanggapan deskriptif disusun dengan struktur yang terdiri atas identifikasi,
klasifikasi, dan deskripsi bagian. Bagian identifikasi berisi ciri, benda,
tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut. Bagian klasifikasi
berisi pengelompokan menurut jenis, kelompok, dsb., Sementara itu, deskripsi
bagian berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut.
Struktur:
Struktur:
1. Identifikasi,
2. klasifikasi,
dan
3. deskripsi
bagian.
Ciri-ciri teks tanggapan deskripsi
sebagai berikut:
1. Menggambarkan atau melukiskan
sesuatu.
2. Penggambaran tersebut dilakukan
sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.
3. Membuat pembaca atau pandangan merasakan
sendiri atau mengalami sendiri.
4. Menjelaskan ciri-ciri objek seperti
warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.
Struktur Teks
|
Deskripsi
|
Identifikasi
|
Pantun terdiri atas dua bagian, yaitu sampiran dan isi.
Sampiran adalah dua baris pertama, kerap kali berkaitan dengan alam
(mencirikan budaya agraris masyarakat pendukungnya: misalnya "air,
hujan, dan hulu", dan biasanya tak punya hubungan dengan bagian kedua
yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan rima/sajak. Dua baris
terakhir merupakan isi, yang merupakan tujuan pantun tersebut.
|
Klasifikasi Definisi
|
Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang dikenal
luas di Nusantara. Pantun berasal dari kata pantuntun dalam bahasa
Minangkabau yang berarti "petuntun". Dalam bahasa Jawa
dikenal sebagai parikan, dalam bahasa Sunda dikenal sebagai paparikan,
dan dalam bahasa Batak dikenal sebagai umpasa (baca:uppasa).
Pantun biasanya terdiri atas empat larik (atau empat baris
bila dituliskan), setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata, bersajak akhir
dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b atau a-b-b-a). Pantun
pada mulanya merupakan sastra lisan, tetapi sekarang dijumpai juga pantun
tulis.
|
Deskripsi Bagian
|
Bentuk Pantun
Sampiran
Ke hulu membuat pagar
Jangan terpotong batang durian
Isi
Cari guru tempat belajar
Supaya jangan sesal kemudian.
Sampiran terutama digunakan untuk menyiapkan rima dan
irama untuk mempermudah pendengar memahami isi pantun. Dalam hal kata
"pagar: dan "belajar" rima dan irama yang terkait, demikian
juga "durian" dan "kemudian", sehingga larik-larik dalam
bait itu membentuk persajakan a-b-a-b.
|
No comments:
Post a Comment