Friday, November 13, 2015

RPP SMP VIII/1 "Teks Cerita Ulasan"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : VIII/ Semester 1
Tema                           : Keolahragaan
Topik                           : Teks Cerita Ulasan
Pertemuan                   : 1, 2 dan 3
Jumlah Pertemuan       : 6 X 40 Menit

A.    Kompetensi Inti

Kompetensi Inti 1
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Inti 2
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, pedu;i (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
Kompetensi Inti 3
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahuunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait frnomrna dan kejadian tampak mata.

Kompetensi Inti 4
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak, (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
3.1  Memahami teks cerita moral/ fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan mau tulian.
3.1.1        Siswa mampu menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita ulasan  berdasarkan struktur isinya secara tanggung jawab, responsif dan imajinatif
3.1.2        Siswa mampu menguraikan kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan teks cerita ulasan baik lisan dan tulis secara tanggung jawab, responsif dan imajinatif
3.1.3        Siswa mampu merumuskan struktur dan kaidah teks cerita ulasan secara tanggung jawab, responsif dan imajinatif
3.1.4        Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita ulasan “keolahragaan” baik lisan maupun tulisan.
4.2    Menyusun teks cerita moral/ fabel, ulasan, diskusi, cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.2.1        Siswa mampu merancang kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema “Keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.
4.2.2        Siswa mampu merangkaikan kerangka karangan dalam bentuk teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.
4.2.3        Siswa mampu menyusun teks cerita ulasan dari kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.




C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah proses pembelajaran siswa mampu menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita cerita ulasan berdasarkan struktur isinya
2.      Setelah menjelaskan siswa mampu menguraikan kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan teks cerita ulasan ecara lisan dan tulis
3.      Setelah menguraikan siswa mampu merumuskan struktur dan kaidah teks cerita ulasan.
4.      Setelah merumuskan siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” baik lisan maupun tulisan.
5.      Setelah mengidentifikasi siswa mampu merancang kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” baik lisan maupun tulisan.
6.      Setelah merancang kerangka karangan teks cerita ulasan, siswa mampu merangkaikan kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” baik lisan maupun tulisan.
7.      Setelah merangkaikan kerangka karangan, siswa mampu menyusun teks cerita ulasan dari kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Contoh teks cerita ulasan
2.      Ciri-ciri teks cerita ulasan
3.      Kaidah penulisan teks cerita ulasan
4.      Struktur dan kaidah teks cerita ulasan

E.  Alokasi Waktu
Alokasi waktu pertemuan 6 X 40 Menit (3 pertemuan)

F.       Metode/Model/Pendekatan Pembelajaran
Metode                :
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Penugasan

Model :     Peta Konsep
1.  Sintakmatik
Model pencapaian konsep dalam pembelajaran menulis memiliki tiga tahap
kegiatan, yaitu:
Tahap pertama : Penyajian data dan identifikasi konsep
1.      Guru membagikan contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
2.      Siswa mengidentifikasi teks cerita ulasan berdasarkan struktur dan kaidah teks cerita teks ulasan.
Tahap kedua : Mengetes ketercapaian konsep
1.      Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan teman satu kelompoknya
2.      Guru dan siswa  bertanya jawab mengenai pengertian, ciri-ciri, serta struktur dan kaidah dari teks cerita cerita ulasan
Tahap ketiga : Menganalisis strategi berpikir
1.  Siswa menyimpulkan makna yang terdapat dalam teks cerita ulasan dengan tema “keolahragaan”
2.  Siswa mengaitkan makna yang terdapat dalam teks cerita ulasan tersebut dan mengaitkan makna tersebut dengan kehidupan sehari-hari siswa.

2.    Sistem sosial
Model ini memiliki struktur yang moderat. Guru mengendalikan aktivitas siswa, tetapi dapat dikembangkan menjadi kegiatan dialog bebas dalam tahap itu. Interaksi antar siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran ini. Dengan pengorganisasian kegiatan itu diharapkan siswa akan lebih memperlihatkan inisiatifnya untuk melakukan proses induktif yaitu siswa mampu memahami serta mengintepretasi teks cerita ulasan bersamaan dengan bertambahnya pengalaman dalam melibatkan diri dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam kegiatan pembelajaran teks cerita ulasan ini para siswa dituntut untuk terlibat langsung dalam pemahaman dan penafsiran teks cerita ulasan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

3.  Prinsip –prinsip Pengelolaan/reaksi
a.  Guru memberikan dukungan kepada siswa dengan memberikan pengarahan mengenai hipotesisnya terhadap struktur dan kaidah teks cerita ulasan dari diskusi yang dilakukan.
b.  Guru memusatkan perhatian para siswa pada contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” yang telah diberikan
c.  Guru memberikan bantuan kepada siswa dalam mendiskusikan dan menilai strategi berpikir yang mereka pakai dalam memahami dan mengintepretasi teks cerita ulasan

4.      Sistem pendukung
Sarana pendukung yang diperlukan berupa bahan dan data yang terpilih dan terorganisasikan dalam bentuk unit-unit yang berfungsi memberikan contoh-contoh. Sarana pendukung dalam pembelajaran ini adalah contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolagragaan” dan buku yang berjudul...............

5.    Dampak instruksional dan Pengiring
Gambaran tentang dampak instruksional dan pengiring dari model ini dapat dilihat dari bagan dibawah ini .
Gambar
Dampak Instruksional dan Pengiring dari Model Pencapaian konsep ( joyce dan Weil, 1986:39)

 



















                                      Dampak instruksional
                                      Dampak Pengiring

MODEL PENCAPAIAN KONSEP
(Bruner dkk, 1967)


KEGIATAN PENGAJAR
LANGKAH POKOK
KEGIATAN MAHASISWA
·         Guru memberikan contoh teks cerita cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”

Analisis Strategi Berpikir

 
Pengetesan Ketercapaian Konsep

 
Penyajian Data
 
·   Siswa mengidentifikasi struktur dan kaidah teks cerita ulasan
·   Siswa berdiskusi mengenai ciri-ciri, serta struktur dan kaidah teks cerita ulasan
·   Siswa menyimpulkan makna dari teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
·   Siswa mengaitkan makna teks cerita ulasan “keolahragaan “ dengan kehidupan sehari-hari siswa


Pendekatan         : Pendekatan Pembelajaran Saintifik


G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan
Langkah-langkah
Metode
Alokasi waktu
Ke-1
A.  Kegiatan Pendahuluan
Orientasi,, motivasi, dan acuan)
1.      Siswa merespon pertanyaan dari guru dan menyimak informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (apersepsi)
2.      Untuk menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar memiliki perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam memaparkan langkah-langkah proses linear, siswa membaca contoh teks cerita Ulasan yang bertena “keolahragaan”
3.      Siswa menyimak informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan serta manfaat belajar kompetensi tersebut

B.  Kegiatan Inti     :

1.      Guru memberikan contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
2.      Siswa  mengamati contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” untuk membangun konteks pembelajaran, dengan tanggung jawab; responsif dan imajinatif
3.      Siswa dipandu oleh guru membentuk kelompok  yang terdiri dari 3-5 orang
4.      Dengan tanggung jawab, responsif dan imajinatif , siswa membaca contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
5.      Siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan konteks pembelajaran kegiatan mengamati teks cerita ulasan mengenai tema “keolahragaan”
6.      Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berhubungan  dengan contoh teks cerita ulasan yaitu mengenai  pengertian dan ciri-ciri dari teks cerita ilasan tersebut.
7.      Siswa berdiskusi untuk merumuskan  struktur dan kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan dari teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”/
8.      Siswa menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan dari teks cerita ulasan yang bertema :keolahragaan”.
9.      Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi
10.  Kelompok lain merespon/menanggapi dengan jujur, santun dan peduli
11.  Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru


C.  Kegiatan Penutup: (simpulan, refleksi (hasil dan proses)
1.        Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran mengenai teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
2.        Siswa bersama guru mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur dan kaidah teks cerita ulasan.
3.        Dengan sikap tanggungjawab, responsif dan imajinatif siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur dan kaidah teks cerita ulasan.




Tanya jawab











Ceramah













Inkuiri





















Diskusi


Penugasan
















Ceramah













10 menit
























60 menit












































10 menit

Ke-2

















































Ke-3







A.    Kegiatan Pendahuluan
Orientasi,, motivasi, dan acuan)
1.      Siswa merespon pertanyaan dari guru dan menyimak informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (apersepsi)
2.      Untuk menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar memiliki perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam memaparkan langkah-langkah proses linear, siswa membaca contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” .

B.     Kegiatan Inti     :
1.      Dengan tanggung jawab, responsif, dan imajinatif siswa kembali membentuk kelompok seperti pada pertemuan pertama
2.      Siswa dihadapkan pada pertanyaan terkait dengan materi unsur-unsur teks cerita ulasan
3.      Dengan tanggung jawab,  responsif dan imajinatif siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita ulasan.
4.      Siswa menemukan dan menuliskan unsur unsur yang terdapat dalam teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
5.      Siswa menghubungan unsur-unsur teks cerita ulasan yang bertema  “keolahragaan” dengan kehidupan sehari-hari.
6.      Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi
7.      Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8.      Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru

C.     Kegiatan Penutup:
 (simpulan, refleksi (hasil dan proses)
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran mengenai teks cerita ulasan dengan tema  “keolahragaan”
2.        Siswa bersama guru mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami selama pembelajaran berlangsung
3.        Dengan sikap tanggungjawab , responsif dan imajinatif siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami unsur –unsur teks cerita ulasan.
 

A.    Kegiatan Pendahuluan
Orientasi,, motivasi, dan acuan)
1.      Siswa merespon pertanyaan dari guru dan menyimak informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (apersepsi)
2.      Untuk menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar memiliki perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam memaparkan langkah-langkah proses linear, siswa membaca contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” .

B.     Kegiatan Inti :
1.      Dengan sikap tanggung jawab dan responsif, siswa merancang kerangka karangan teks cerita prosedur secara individual.
2.      Siswa merangkaikan kerangka karangan teks cerita prosedur dengan tema “keolahragaan”.
3.      Setelah merancang dan merangkaikan kerangka karang teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”, siswa menyusun teks cerita ulasan dengan sitematis.
4.      Siswa melakukan koreksi terhadap hasil pekerjaan yang telah di kerjakan secara individu.

C.Kegiatan Penutup:
 (simpulan, refleksi (hasil dan proses)
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran mengenai teks cerita ulasan dengan tema  “keolahragaan”
2.      Siswa bersama guru mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami selama pembelajaran berlangsung
3.      Dengan sikap tanggungjawab , responsif dan imajinatif siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami teks cerita ulasan.




Tanya Jawab














Tanya jawab


Diskusi





Inkuiri



Penugasan


















Ceramah










Tanya Jawab
















Penugasan


Inkuiri













Ceramah


10 menit










60 menit























10 menit





10 menit












60 menit










10    enit


H.    Sumber/Media Pembelajaran
Sumber      : Buku Cetak Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII
Media        : Laptop, LCD Proyektor dan Contoh Cerita teks ulasan dengan tema “Keolahragaan”.







I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
3.1.1         Siswa mampu menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita ulasan  berdasarkan struktur isinya secara tanggung jawab, responsif dan imajinatif

Penilaian hasil penulisan ciri-ciri teks cerita Ulasan
1.      Tes tertulis (uraian)
2.      Rublik penilaian latihan
3.1.2         Siswa mampu menguraikan kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan teks cerita ulasan baik lisan dan tulis secara tanggung jawab, responsif dan imajinatif

Penilaian observasi hasil penulisan kaidah kebahasaan teks cerita ulasan
1.      Tes tertulis  (uraian)
2.      Rubrik penilain latihan
3.1.3        Siswa mampu merumuskan struktur dan kaidah teks cerita ulasan secara tanggung jawab, responsif dan imajinatif
Penilaian observasi hasil penulisan kaidah penulisan teks cerita ulasan
1.      Tes tertulis  (uraian)
2.      Rubrik penilain latihan
3.1.4        Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita ulasan “keolahragaan” baik lisan maupun tulisan.


Penilaian observasi hasil pengidentifikasian teks cerita ulasan
1.      Tes tertulis (uraian)
2.      Rublik penilaian latihan
4.1.1        Siswa mampu merancang kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema “Keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.
Penilaian berdasarkan hasil kinerja
1.      Tes tertulis (uraian)
2.      Rubrik penilaian kinerja.
4.2.2        Siswa mampu merangkaikan kerangka karangan dalam bentuk teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.

Penilaian berdasarkan hasil kinerja
1.      Tes tertulis (uraian)
2.      Rubrik penilaian kinerja.
4.2.3        Siswa mampu menyusun teks cerita ulasan dari kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.


Penilaian observasi kinerja hasil
1.      Tes tertulis (uraian)
2.      Rubrik penilaian kinerja.


Lembar Pengamatan 1
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran            :................................................................................................................
Kelas/Semester            :.................................................................................................................
Tahun Ajaran              :................................................................................................................
Waktu Pengamatan     : ................................................................................................................
Karakter yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah tanggung jawab, responsif dan imajinatif

Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras
1.        BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.        MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikantugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.        MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikantugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.        MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugassecara terus-menerus dan ajeg/konsisten


Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No
Nama Siswa
Religius
Tangung jawab
Responsif
Imajinatif
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















6.

















7.


















Lembar penilaian hasil kerja
LEMBAR KERJA I

Nama kelompok            :
Anggota kelompok        :
Kompetensi Dasar        :
      
3.1  Memahami teks cerita moral/ fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan mau tulian.

Petunjuk kerja            :
1.      Bacalah teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”.
2.      Berdasarkan teks tersebut tulislah pengertian dari teks cerita ulasan dan ciri-cirinya
3.      Berdasarkan teks tersebut tulislah kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan dari teks cerita ulasan
RUBRIK PENILAIAN
No
Aspek penilaian
Skor
1
a.       Siswa dengan benar dapat menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita ulasan berdasarkan struktur isinya
b.      Siswa kurang benar dalam  menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita ulasan berdasarkan struktur isinya dengan benar
c.       Siswa tidak dapat menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita ulasan berdasarkan struktur isinya

4



3




0
2
a.       Siswa dapat menjelaskan dengan benar kaidah kebahasaan teks cerita ulasan secara lisan dan tulis dengan tepat
b.      Siswa kurang tepat dalam menjelaskan kaidah kebahasaan teks cerita ulasan secara lisan dan tulis
c.       Siswa tidak dapat menjelaskan kaidah kebahasaan teks cerita ulasan secara lisan dan tulis


3


2

0
3
a.       Siswa dapat menjelaskan dengan benar kaidah penulisan teks cerita ulasan secara lisan dan tulis dengan tepat
b.      Siswa kurang tepat dalam menjelaskan kaidah penulisan teks cerita ulasan secara lisan dan tulis
c.       Siswa tidak dapat menjelaskan kaidah penulisan teks cerita ulasan secara lisan dan tulis

3



2



0



Jumlah skor maksimal
10

Nilai akhir = Skor pemerolehan X 100
                                     Skor maksimal


LEMBAR KERJA II

Nama kelompok            :
Anggota kelompok        :
Kompetensi Dasar        :
4.2  Menyusun teks cerita moral/ fabel, ulasan, diskusi, cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.

RUBRIK PENILAIAN
No
Aspek penilaian
Skor
1
a.       Siswa dengan benar dan sistematis  dapat menyusun teks cerita ulasan sesuai dengan karakteristik teks baik lisan maupun tulisan.
b.      Siswa kurang benar dalam menyusun teks cerita ulasan sesuai dengan karakteristik teks baik lisan maupun tulisan.
c.       Siswa tidak dapat menyusun teks cerita ulasan sesuai dengan karakteristik teks baik lisan maupun tulisan.

10



5



0
                                                            Skor Maksimal                                      10

Nilai akhir = Skor pemerolehan X 100
         Skor maksimal


Nilai akhir = Nilai Akhir LK I+ Nilai Akhir LK II 
  2



BAHAN AJAR


Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : VIII/ Semester 1
Tema                           : Keolahragaan
Topik                           : Teks Cerita Ulasan
Pertemuan                   : 1, 2 dan 3
Jumlah Pertemuan       : 6 X 40 Menit

2 comments: