RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah
Pertama
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : VIII/ Semester 1
Tema : Keolahragaan
Topik
: Teks Cerita Ulasan
Pertemuan : 1, 2 dan 3
Jumlah
Pertemuan : 6 X 40 Menit
A.
Kompetensi
Inti
Kompetensi Inti
1
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Inti
2
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, pedu;i (toleransi,gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
Kompetensi Inti 3
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahuunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait frnomrna dan kejadian
tampak mata.
Kompetensi Inti
4
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat), dan ranah abstrak, (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya.
2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam
menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
3.1 Memahami teks cerita moral/ fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan mau tulian.
3.1.1
Siswa
mampu menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita ulasan berdasarkan struktur isinya secara tanggung
jawab, responsif dan imajinatif
3.1.2
Siswa
mampu menguraikan kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan teks cerita ulasan
baik lisan dan tulis secara tanggung jawab, responsif dan imajinatif
3.1.3
Siswa
mampu merumuskan struktur dan kaidah teks cerita ulasan secara tanggung jawab,
responsif dan imajinatif
3.1.4
Siswa
mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita ulasan “keolahragaan” baik lisan
maupun tulisan.
4.2
Menyusun
teks cerita moral/ fabel, ulasan, diskusi, cerita biografi sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.2.1
Siswa
mampu merancang kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema
“Keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.
4.2.2
Siswa
mampu merangkaikan kerangka karangan dalam bentuk teks cerita ulasan yang
bertema “keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.
4.2.3
Siswa
mampu menyusun teks cerita ulasan dari kerangka karangan teks cerita ulasan
yang bertema “keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah proses pembelajaran siswa mampu menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita cerita
ulasan berdasarkan struktur isinya
2. Setelah menjelaskan siswa mampu menguraikan kaidah
kebahasaan dan kaidah penulisan teks cerita ulasan ecara lisan dan tulis
3. Setelah menguraikan siswa mampu merumuskan struktur dan kaidah teks cerita ulasan.
4.
Setelah
merumuskan siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita ulasan yang
bertema “keolahragaan” baik lisan maupun tulisan.
5.
Setelah
mengidentifikasi siswa mampu merancang kerangka karangan teks cerita ulasan
yang bertema “keolahragaan” baik lisan maupun tulisan.
6.
Setelah
merancang kerangka karangan teks cerita ulasan, siswa mampu merangkaikan
kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” baik lisan
maupun tulisan.
7.
Setelah
merangkaikan kerangka karangan, siswa mampu menyusun teks cerita ulasan dari
kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” baik melalui
lisan maupun tulisan.
D. Materi Pembelajaran
1. Contoh teks cerita ulasan
2. Ciri-ciri teks cerita ulasan
3.
Kaidah
penulisan teks cerita ulasan
4. Struktur dan kaidah teks cerita ulasan
E.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu pertemuan 6 X 40 Menit (3
pertemuan)
F.
Metode/Model/Pendekatan Pembelajaran
Metode :
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
4.
Penugasan
Model : Peta
Konsep
1. Sintakmatik
Model pencapaian konsep dalam pembelajaran menulis memiliki tiga
tahap
kegiatan, yaitu:
Tahap pertama : Penyajian data dan identifikasi konsep
1.
Guru membagikan contoh teks cerita ulasan yang bertema
“keolahragaan”
2.
Siswa mengidentifikasi teks cerita ulasan berdasarkan struktur
dan kaidah teks cerita teks ulasan.
Tahap kedua : Mengetes ketercapaian konsep
1.
Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan teman satu
kelompoknya
2.
Guru dan siswa bertanya
jawab mengenai pengertian, ciri-ciri, serta struktur dan kaidah dari teks
cerita cerita ulasan
Tahap ketiga : Menganalisis strategi berpikir
1. Siswa
menyimpulkan makna yang terdapat dalam teks cerita ulasan dengan tema
“keolahragaan”
2. Siswa
mengaitkan makna yang terdapat dalam teks cerita ulasan tersebut dan mengaitkan
makna tersebut dengan kehidupan sehari-hari siswa.
2. Sistem sosial
Model ini memiliki struktur yang moderat. Guru
mengendalikan aktivitas siswa, tetapi dapat dikembangkan menjadi kegiatan
dialog bebas dalam tahap itu. Interaksi antar siswa sangat diperlukan dalam
pembelajaran ini. Dengan pengorganisasian kegiatan itu diharapkan siswa akan
lebih memperlihatkan inisiatifnya untuk melakukan proses induktif yaitu siswa
mampu memahami serta mengintepretasi teks cerita ulasan bersamaan dengan
bertambahnya pengalaman dalam melibatkan diri dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam kegiatan pembelajaran teks cerita ulasan ini
para siswa dituntut untuk terlibat langsung dalam pemahaman dan penafsiran teks
cerita ulasan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
3. Prinsip –prinsip
Pengelolaan/reaksi
a. Guru
memberikan dukungan kepada siswa dengan memberikan pengarahan mengenai
hipotesisnya terhadap struktur dan kaidah teks cerita ulasan dari diskusi yang
dilakukan.
b. Guru
memusatkan perhatian para siswa pada contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
yang telah diberikan
c. Guru
memberikan bantuan kepada siswa dalam mendiskusikan dan menilai strategi
berpikir yang mereka pakai dalam memahami dan mengintepretasi teks cerita ulasan
4.
Sistem pendukung
Sarana pendukung yang diperlukan berupa bahan dan
data yang terpilih dan terorganisasikan dalam bentuk unit-unit yang berfungsi
memberikan contoh-contoh. Sarana pendukung dalam pembelajaran ini adalah contoh
teks cerita ulasan yang bertema “keolagragaan” dan buku yang
berjudul...............
5. Dampak instruksional dan Pengiring
Gambaran
tentang dampak instruksional dan pengiring dari model ini dapat dilihat dari
bagan dibawah ini .
Gambar
Dampak Instruksional dan Pengiring dari Model
Pencapaian konsep ( joyce dan Weil, 1986:39)
Dampak
instruksional
Dampak
Pengiring
MODEL PENCAPAIAN KONSEP
|
||||||||||||
(Bruner dkk, 1967)
|
||||||||||||
|
Pendekatan : Pendekatan
Pembelajaran Saintifik
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Langkah-langkah
|
Metode
|
Alokasi waktu
|
Ke-1
|
A. Kegiatan Pendahuluan
Orientasi,,
motivasi, dan acuan)
1.
Siswa
merespon pertanyaan dari guru dan menyimak
informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan (apersepsi)
2.
Untuk
menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar memiliki perilaku tanggung
jawab, responsif dan imajinatif dalam memaparkan langkah-langkah proses
linear, siswa membaca contoh teks cerita Ulasan yang bertena “keolahragaan”
3.
Siswa
menyimak informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan serta manfaat belajar kompetensi tersebut
B. Kegiatan Inti
:
1. Guru memberikan contoh teks cerita ulasan yang
bertema “keolahragaan”
2. Siswa
mengamati contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan” untuk
membangun konteks pembelajaran, dengan tanggung jawab; responsif dan
imajinatif
3. Siswa dipandu oleh guru membentuk
kelompok yang terdiri dari 3-5 orang
4. Dengan tanggung jawab, responsif dan imajinatif ,
siswa membaca contoh teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
5. Siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan
konteks pembelajaran kegiatan mengamati teks cerita ulasan mengenai tema
“keolahragaan”
6. Siswa menjawab pertanyaan guru
tentang hal-hal yang berhubungan
dengan contoh teks cerita ulasan yaitu mengenai pengertian dan ciri-ciri dari teks cerita ilasan
tersebut.
7. Siswa berdiskusi untuk
merumuskan struktur dan kaidah
kebahasaan dan kaidah penulisan dari teks cerita ulasan yang bertema
“keolahragaan”/
8. Siswa menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan
dan kaidah penulisan dari teks cerita ulasan yang bertema :keolahragaan”.
9. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran
mempresentasikan hasil diskusi
10. Kelompok lain merespon/menanggapi dengan jujur,
santun dan peduli
11. Siswa mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru
C. Kegiatan Penutup: (simpulan, refleksi (hasil dan
proses)
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran mengenai teks
cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
2.
Siswa
bersama guru mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami
struktur dan kaidah teks cerita ulasan.
3.
Dengan
sikap tanggungjawab, responsif dan imajinatif siswa mendengarkan umpan balik
dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam
memahami struktur dan kaidah teks cerita ulasan.
|
Tanya jawab
Ceramah
Inkuiri
Diskusi
Penugasan
Ceramah
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
Ke-2
Ke-3
|
A. Kegiatan Pendahuluan
Orientasi,,
motivasi, dan acuan)
1.
Siswa
merespon pertanyaan dari guru dan menyimak
informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan (apersepsi)
2. Untuk menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar memiliki
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam memaparkan
langkah-langkah proses linear, siswa membaca contoh teks cerita ulasan yang bertema
“keolahragaan” .
B. Kegiatan Inti
:
1. Dengan tanggung jawab, responsif, dan imajinatif siswa kembali membentuk kelompok
seperti pada pertemuan pertama
2. Siswa dihadapkan pada pertanyaan terkait dengan
materi unsur-unsur teks cerita ulasan
3. Dengan tanggung jawab, responsif dan imajinatif siswa berdiskusi untuk
mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita ulasan.
4. Siswa menemukan dan menuliskan unsur unsur yang terdapat
dalam teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
5. Siswa menghubungan unsur-unsur teks
cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”
dengan kehidupan sehari-hari.
6. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran
mempresentasikan hasil diskusi
7. Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8. Siswa mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru
C. Kegiatan Penutup:
(simpulan, refleksi (hasil dan proses)
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran mengenai teks
cerita ulasan dengan tema “keolahragaan”
2.
Siswa
bersama guru mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami selama
pembelajaran berlangsung
3.
Dengan
sikap tanggungjawab , responsif dan imajinatif siswa mendengarkan umpan balik
dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam
memahami unsur –unsur teks cerita ulasan.
A. Kegiatan Pendahuluan
Orientasi,,
motivasi, dan acuan)
1. Siswa merespon pertanyaan dari guru
dan menyimak informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan (apersepsi)
2. Untuk menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar memiliki
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam memaparkan
langkah-langkah proses linear, siswa membaca contoh teks cerita ulasan yang
bertema “keolahragaan” .
B. Kegiatan Inti :
1. Dengan sikap
tanggung jawab dan responsif, siswa merancang kerangka karangan teks cerita
prosedur secara individual.
2. Siswa merangkaikan
kerangka karangan teks cerita prosedur dengan tema “keolahragaan”.
3. Setelah merancang
dan merangkaikan kerangka karang teks cerita ulasan yang bertema
“keolahragaan”, siswa menyusun teks cerita ulasan dengan sitematis.
4. Siswa melakukan
koreksi terhadap hasil pekerjaan yang telah di kerjakan secara individu.
C.Kegiatan
Penutup:
(simpulan, refleksi (hasil dan proses)
1. Siswa bersama guru menyimpulkan
pembelajaran mengenai teks cerita ulasan dengan tema “keolahragaan”
2. Siswa bersama guru mengidentifikasi hambatan-hambatan yang
dialami selama pembelajaran berlangsung
3. Dengan sikap tanggungjawab , responsif dan imajinatif siswa
mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka
tentang hambatan dalam memahami teks cerita ulasan.
|
Tanya Jawab
Tanya jawab
Diskusi
Inkuiri
Penugasan
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan
Inkuiri
Ceramah
|
10 menit
60 menit
10 menit
10 menit
60 menit
10
enit
|
H. Sumber/Media Pembelajaran
Sumber : Buku Cetak Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII
Media : Laptop, LCD
Proyektor dan Contoh Cerita teks ulasan dengan tema “Keolahragaan”.
I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
3.1.1
Siswa
mampu menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita ulasan berdasarkan struktur isinya secara tanggung
jawab, responsif dan imajinatif
|
Penilaian hasil penulisan ciri-ciri teks cerita Ulasan
|
1. Tes tertulis (uraian)
2. Rublik penilaian latihan
|
3.1.2
Siswa
mampu menguraikan kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan teks cerita ulasan
baik lisan dan tulis secara tanggung jawab, responsif dan imajinatif
|
Penilaian observasi hasil penulisan kaidah kebahasaan teks
cerita ulasan
|
1. Tes tertulis
(uraian)
2. Rubrik penilain latihan
|
3.1.3
Siswa
mampu merumuskan struktur dan kaidah teks cerita ulasan secara tanggung
jawab, responsif dan imajinatif
|
Penilaian observasi hasil penulisan kaidah
penulisan teks cerita ulasan
|
1. Tes tertulis
(uraian)
2. Rubrik penilain latihan
|
3.1.4
Siswa
mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita ulasan “keolahragaan” baik
lisan maupun tulisan.
|
Penilaian observasi hasil pengidentifikasian teks cerita
ulasan
|
1. Tes tertulis (uraian)
2. Rublik penilaian latihan
|
4.1.1
Siswa
mampu merancang kerangka karangan teks cerita ulasan yang bertema
“Keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.
|
Penilaian berdasarkan hasil kinerja
|
1.
Tes tertulis (uraian)
2.
Rubrik penilaian kinerja.
|
4.2.2
Siswa
mampu merangkaikan kerangka karangan dalam bentuk teks cerita ulasan yang
bertema “keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.
|
Penilaian berdasarkan hasil kinerja
|
1.
Tes tertulis (uraian)
2.
Rubrik penilaian kinerja.
|
4.2.3
Siswa
mampu menyusun teks cerita ulasan dari kerangka karangan teks cerita ulasan
yang bertema “keolahragaan” baik melalui lisan maupun tulisan.
|
Penilaian observasi kinerja hasil
|
1. Tes tertulis (uraian)
2. Rubrik penilaian kinerja.
|
Lembar Pengamatan 1
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran
:................................................................................................................
Kelas/Semester :.................................................................................................................
Tahun Ajaran
:................................................................................................................
Waktu Pengamatan :
................................................................................................................
Karakter yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah
tanggung jawab, responsif dan imajinatif
Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif,
dan kerja keras
1.
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikantugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg/konsisten
3.
MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikantugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
4.
MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugassecara terus-menerus dan
ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tangung jawab
|
Responsif
|
Imajinatif
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar penilaian hasil kerja
LEMBAR KERJA I
Nama kelompok :
Anggota kelompok :
Kompetensi Dasar :
3.1 Memahami teks cerita moral/ fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan mau tulian.
Petunjuk kerja :
1.
Bacalah
teks cerita ulasan yang bertema “keolahragaan”.
2.
Berdasarkan
teks tersebut tulislah pengertian dari teks cerita ulasan dan ciri-cirinya
3.
Berdasarkan
teks tersebut tulislah kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan dari teks cerita
ulasan
RUBRIK
PENILAIAN
No
|
Aspek
penilaian
|
Skor
|
1
|
a.
Siswa
dengan benar dapat menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita ulasan
berdasarkan struktur isinya
b.
Siswa
kurang benar dalam menjelaskan
pengertian dan ciri-ciri teks cerita ulasan berdasarkan struktur isinya
dengan benar
c.
Siswa
tidak dapat menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita ulasan
berdasarkan struktur isinya
|
4
3
0
|
2
|
a.
Siswa
dapat menjelaskan dengan benar kaidah kebahasaan teks cerita ulasan secara
lisan dan tulis dengan tepat
b.
Siswa
kurang tepat dalam menjelaskan kaidah kebahasaan teks cerita ulasan secara
lisan dan tulis
c.
Siswa
tidak dapat menjelaskan kaidah kebahasaan teks cerita ulasan secara lisan dan
tulis
|
3
2
0
|
3
|
a.
Siswa
dapat menjelaskan dengan benar kaidah penulisan teks cerita ulasan secara
lisan dan tulis dengan tepat
b.
Siswa
kurang tepat dalam menjelaskan kaidah penulisan teks cerita ulasan secara
lisan dan tulis
c.
Siswa
tidak dapat menjelaskan kaidah penulisan teks cerita ulasan secara lisan dan
tulis
|
3
2
0
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimal
|
10
|
Nilai akhir = Skor
pemerolehan X 100
Skor maksimal
LEMBAR KERJA II
Nama kelompok :
Anggota kelompok :
Kompetensi Dasar :
4.2
Menyusun
teks cerita moral/ fabel, ulasan, diskusi, cerita biografi sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
RUBRIK
PENILAIAN
No
|
Aspek
penilaian
|
Skor
|
1
|
a.
Siswa
dengan benar dan sistematis dapat menyusun
teks cerita ulasan sesuai dengan karakteristik teks baik lisan maupun
tulisan.
b.
Siswa
kurang benar dalam menyusun teks cerita ulasan sesuai dengan karakteristik
teks baik lisan maupun tulisan.
c.
Siswa
tidak dapat menyusun teks cerita ulasan sesuai dengan karakteristik teks baik
lisan maupun tulisan.
|
10
5
0
|
Skor
Maksimal
10
Nilai akhir = Skor
pemerolehan X 100
Skor maksimal
Nilai akhir = Nilai Akhir LK I+
Nilai Akhir LK II
2
|
BAHAN AJAR
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah
Pertama
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : VIII/ Semester 1
Tema : Keolahragaan
Topik
: Teks Cerita
Ulasan
Pertemuan : 1, 2 dan 3
Jumlah
Pertemuan : 6 X 40 Menit
Mksh... ini sangat mmbntu
ReplyDeletesama-sama.semoga bermanfaat :D
ReplyDelete