Thursday, November 12, 2015

RPP Bahasa Indonesia SMP VIII/1 "Teks Eksposisi"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SatuanPendidikan        : …..
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VIII/1
Materi pokok               : Teks Eksposisi
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit (2x Tatap muka)

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar
1.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
2.1  Memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit dalam teks eksposisi
3.3   Mengklasifikasi teks eksposisi, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
4.3  Menelaah dan merevisi teks eksposisi, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

C.    Indikator
3.3.1                                 Menentukan pokok-pokok teks eksposisi
3.3.2                                 Mengelompokkan struktur-struktur teks eksposisi
4.3.1        Mengindentifikasi struktur teks eksposisi
4.3.2        Menemukan isi teks eksposisi
4.3.3        Merevisi penggunaan bahasa dengan kaidah bahasa yang benar dalam teks eksposisi
D.    Tujuan Pembelajaran
1.                  Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.                  Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.                  Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam mengklasifikasi dan merevisi teks eksposisi
4.                  Selama dan setelah proses pembelajaran siswa dapat menentukan pokok-pokok teks eksposisi untuk mengklasifikasikan teks eksposisi
5.                  Selama dan setelah proses pembelajaran siswa dapat mengelompokkan struktur teks eksposisi untuk mengklasifikasikan teks eksposisi
6.                  Selama dan setelah proses pembelajaran siswa dapat mengidentifikasi struktur teks untuk menelaah/merevisi teks eksposisi
7.                  Selama dan setelah proses pembelajaran siswa dapat menemukan isi teks  eksposisi untuk menelaah/merevisi teks eksposisi
8.                  Selama dan setelah proses pembelajaran siswa dapat menyunting menggunakan kaidah bahasa yang benar untuk menelaah/merevisi teks eksposisi

E.     Materi Pembelajaran
1.    Teks Eksposisi
2.    Struktur Teks Eksposisi
3.    Mengklasifikasi Teks Eksposisi
4.    Menelaah dan merivisi penggunaan bahasa dalam Teks Eksposisi

F.     Pendekatan / Metode / Model Pembelajaran
Pendekatan Sientifict
Metode Pembelajaran Inquiry
Model Pembelajaran Basic Project
G. Alat / Media
Alat:  Laptop, LCD, Speaker
Media: Power Point
H. Sumber Belajar
            Materi teks eksposisi dari guru
I.                   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Awal

1.      Siswa menjawab salam guru pada awal pembelajaran.
2.      Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.      Siswa diberi pemahaman tentang klasifikasi struktur-struktur teks eksposisi.
10 Menit
Inti
Mengamati:
  1. Siswa membaca teks eksposisi berjudul “Ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris” dengan tanggung jawab
  2. Siswa mengamati gambar tentang “Ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris” yang disajikan oleh guru melalui LCD dengan jujur
Menanya:
  1. Siswa bertanya kepada guru tentang hal yang kurang dipahami seputar teks eksposisi yang diberikan dengan santun
Mencoba:
  1. Siswa menentukan pokok-pokok setiap paragraf pada teks “Ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris” dengan tanggung jawab
  2. Siswa mengelompokkan struktur teks eksposisi dengan tanggung jawab
Mengasosiasi:
  1. Siswa berkelompok terdiri dari 3 orang
  2. Siswa berdiskusi tentang pengklasifikasian teks eksposisi, saling bertukar pendapat dengan santun
  3. Siswa menyamakan pendapat dalam kelompok
Mengkomunikasikan:
  1. Siswa menulis simpulan hasil diskusi pada kertas folio
60 Menit
Penutup
15.  Siswa bersama guru menyimpulkan materi  pembelajaran. Dengan santun
16.  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
17.  Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
10 Menit


Pertemuan Kedua

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Awal

1.      Siswa menjawab salam guru pada awal pembelajaran.
2.      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.      Siswa diberi pemahaman tentang cara menelaah dan merevisi teks eksposisi
10 Menit
Inti
Mengamati:
  1. Siswa membaca teks eksposisi yang berjudul Ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris
Menanya:
  1. Siswa bertanya kepada guru tentang hal yang kurang dipahami seputar teks eksposisi dengan santun
Mencoba:
  1. Siswa mengidentifikasi struktur dalam teks eksposisi yang berjudul “Manfaat Wortel”
  2. Siswa mencacat isi dalam teks eksposisi yang berjudul “Manfaat Wortel”
  3. Siswa merevisi penggunaan bahasa yang kurang tepat dalam teks eksposisi yang berjudul “Manfaat Wortel”
Mengasosiasi:
  1. Siswa menukar hasil pekerjaannya dengan salah satu teman dengan santun
  2. Siswa mengoreksi hasil pekerjaan teman dengan jujur
  3. Siswa memperbaiki hasil pekerjaan yang telah dikoreksi teman dengan jujur
Mengkomunikasikan:
  1. Siswa menulis ulang pekerjaan yang telah dikoreksi teman dalam buku catatan dengan tanggung jawab
60 Menit
Penutup
15.  Siswa bersama guru menyimpulkan materi  pembelajaran.
16.  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
10 Menit


J. Penilaian
  1. Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik                   : ………………….
Kelas                                          : ………………….
Tanggal Pengamatan                  : …………………..
Materi Pokok                             : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan proses pembelajaran




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pedapat di dalam kelas




4
Mengungkapkan kekaguman terhadap kebesaran Tuhan yang tampak




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Lembar pengamatan Sikap Jujur

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak menyontek dalam mengerjakan tugas, ulangan, ujian.




2
Tidak menyalin tugas milik teman yang diberikan oleh guru




3
Mengungkapkan pendapat dengan jujur




4
Tidak memanipulasi data atau informasi




5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki teman




6
Mengakui prestasi yang dicapai oleh teman




Jumlah Skor







Lembar Pengamatan Sikap Santun
Nama Peserta Didik                   : ………………….
Kelas                                          : ………………….
Tanggal Pengamatan                  : …………………..
Materi Pokok                             : …………………..


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Siswa bertanya dengan santun




2
Siswa menjawab pertanyaan dengan santun




3
Siswa menggunakan bahasa yang santun dalam pembelajaran




Jumlah Skor






Lembar Pengamatan Sikap tanggung jawab
Nama Peserta Didik                   : ………………….
Kelas                                          : ………………….
Tanggal Pengamatan                  : …………………..
Materi Pokok                             : …………………..


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Siswa bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas




2
Siswa bertanggung jawab  dalam proses pembelajara




Jumlah Skor







Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :

Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)


2.      Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
 Instrumen
1.         Menentukan pokok-pokok paragraf dalam teks eksposisi

Tes tertulis
Tulislah pokok-pokok setiap paragraf dalam teks “Ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris”
2.         Mengelompokkan struktur teks eksposisi
Tes tertulis
Tulislah jenis struktur pada setiap paragraf teks “Ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris
3.         Mengidentifikasi struktur teks eksposisi

Tes tertulis
Tulislah strukur-struktur dalam teks “Manfaat Wortel”
4.         Menuliskan isi teks eksposisi
Tes  tertulis
Tulislah isi dalam teks “Manfaat Wortel” dengan kalimat yang baik
5.         Merevisi penggunaan bahasa yang kurang tepat dalam teks eksposisi
Tes tertulis
Temukan bahasa-bahasa yang kurang tepat dalam teks “Manfaat Wortel” dan ubahlah ke dalam bahasa yang baik
           
Rambu-rambu Jawaban
1.      Tulis kalimat pokok yang tepat pada setiap paragraf
2.      Tulis nama stuktur dalam setiap paragraf
3.      Menulis struktur berikut:
a.       eksposisi (pengantar setting, situasi dan tokoh utamanya)
b.      komplikasi (peristiwa di dalam cerita yang memperkenalkan konflik)
c.       aksi yang meningkat, krisis (saat yang menentukan bagi si tokoh utama dan komitmen mereka terhadap suatu langkah)
d.      klimaks (titik minat tertinggi dalam pengertian konflik dan titik cerita yang mengandung aksi terbanyak atau terpenting)
e.       penyelesaian (bagian cerita di mana konflik dipecahkan); dan moralnya.
Disertai bukti kalimat dalam teks
4.      menuliskan isi teks eksposisi dengan bahasa yang tepat
5.      Menemukan kata-kata yang tidak sesuai kaidah penulisan bahasa indonesia dan mengganti dengan kata-kata yang tepat

A.  Pedoman Penskoran

No.
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1
Isi
·     Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·     Memahami;  luas dan  lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·     Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak memahami isi; tidak mengenai.

Amat baik

Baik
Sedang
Kurang

27 – 30

22 – 26
17 – 21
13 – 16
2.
Organisasi
·     Amat teratur dan  rapi; amat  jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·     Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·     Kurang teratur dan  rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·     Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik

Baik
Sedang
Kurang

18 –20

14 – 17
10 – 13
7 - 9
3.
Kosakata dan Diksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·     Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik
Baik
Sedang

Kurang

18 –20
14 – 17
10 – 13

7 – 9

4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik

Baik
Sedang
Kurang


22 – 25

18 – 21

11 – 17
5 – 10

5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan  kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah  penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan  kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik
Sedang

Kurang


5
4
3

2
6.
Kerapian
·      Terbaca, bersih dan rapi.
·      Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
Kurang

5
4
3
2



BAHAN AJAR
Ø  Pengertian Teks Eksposisi
Kata ekposisi yang diambil dari kata bahasa Inggris ekxposition sebenarnya berasal dari kata bahasa Latin yang berarti “membuka” atau “memulai” (to set fourth) (Ahmadi dkk, 1981:7). Eksposisi atau ekspositori juga bisa disebut paparan yaitu suatu paragraf yang menampilkan suatu objek yang peninjauannya tertuju pada satu unsur saja dengan cara penyampaiaan yang menggunakan perkembangan analisis kronologis atau keruangan (Arifin&Tansai, 2002:129). Seorang penulis tulisan eksposisi akan mengatakan, “Saya menceritakan kepada kalian semua kejadian dan peristiwa ini dan menjelaskan agar saudara-saudara dapat memahaminya.” (Parera, 1993:5).
Dengan demikian Parera berpendapat bahwa tulisan eksposisi merupakan tulisan atau paragraf yang menampilkan suatu objek yang peninjauannya tertuju pada satu unsur saja dengan cara penyampaiaan yang menggunakan perkembangan analisis kronologis atau keruangan agar pembaca memahaminya. Fulton (dalam Gie,2002:62) mengatakan bahwa tulisan paparan adalah bentuk tulisan yang dengannya orangn melakukan pembeberan yang jelas, memadai dan netral tentang suatu hal yang termasuk dalam bidang pengetahuan manusia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tulisan eksposisi merupakan tulisan yang menampilkan suatu objek yang peninjauannya tertuju pada satu unsur saja secara jelas, memadai, dan netral sehingga pembaca dapat memahaminya
Sesuai dengan pengertian eksposisi di atas, tujuan dari penulisan eksposisi adalah untuk memberitahu, mengupas, mengurai, atau menerangkan sesuatu. Dalam tulisan eksposisi, masalah yang dikomunikasikan adalah pemberitahuan dan informasi. Hal tersebut sejalan dengan Ahmadi dkk (1981:7) bahwa tujuan utama penulisan paragraf eksposisi itu hanya semata-mata untuk membagikan informasi dan tidak sama sekali untuk mendesakkan atau memaksakan orang lain untuk menerima pandangan atau pendirian tertentu sebagai sesuatu yang sahih. Untuk itu biasanya tulisan eksposisi dapat disebut sebagai wacana informative.

Menurut Ahmadi dkk (1981:7), hal atau sesuatu yang diinformasikan dalam tulisan eksposisi itu bisa berupa hal-hal sebagai berikut.
(1) Data faktual, misalnya tentang suatu kondisi yang benar-benar terjadi atau bersifat historis, tentang bagaimana sesuatu bekerja, tentang bagaimana suatu operasi diperkenalkan, dan sebagainya.
(2) Suatu analisis atau suatu penafsiran yang objektif terhadap seperangkat fakta.
(3) Atau berupa fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian yang khusus asalkan tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi

Ø  Struktur teks eksposisi
Struktur teks eksposisi adalah hubungan antara unsur yang membentuk teks eksposisi sebagai satu kesatuan.
Struktur dari suatu eksposisi terdiri atas 3 bagian, yaitu:
a.       Pernyataan Pengantar (General Statement/tesis) : Penulis menyajikan titik pandang dan preview argumen yang akan disajikan.
b.      Serangkaian Argumen : Penulis memaparkan serangkaian argumen yang disertai dengan bukti/fakta untuk memperkuat argumen.
c.       Penegasan ulang pendapat : Penulis meringkas argumen-argumen disertai saran-saran
Selanjutnya, untuk dapat memahami teks eksposisi kita harus mengetahui apa saja kaidah teks eksposisi.
Ø  Kaidah teks eksposisi
a.       Menggunakan bahasa yang baku.   
b.      Berdasarkan fakta
c.       Menggunakan kalimat efektif
d.      Setiap argumen dijadikan satu paragraf disertai alasan
e.       Dibagian penegasan pendapat berisi ajakan dan bentuknya mempengaruhi

Ø  Ciri kebahasaan teks eksposisi
1.      Penggunaan Pronomina Persona
Pronomina persona adalah kata yang mengacu kepada orang, baik orang pertama, kedua, atau ketiga. Pronomina persona ini biasanya digunakan dalam menyatakan pendapat. Pronomina yang sering digunakan seperti kita, kami, dan saya. Terlebih kata pronomina saya banyak digunakan ketika menyatakan pendapat pribadi.
2.      Menggunakan konjungsi (kata penghubung)
Konjungsi yang banyak digunakan adalah “pada kenyataannya”, “kemudian”, dan “lebih lanjut”. Konjungsi tersebut digunakan untuk menghubungkan fakta-fakta supaya fakta-fakta yang disajikan runtut. Selain itu juga konjungsi lain, seperti "atau" untuk menyatakan dualisme pendapat, konjungsi "dengan demikian" untuk menyatakan penegasan ulang pendapat
3.      Menggunakan kata ganti atau pronomina, seperti: saya, kita dan kami.
4.      Menggunakan verba yang menyatakan persepsi, seperti: yakin, optimis, dan potensial. Menggunakan kata hubung atau konjungsi, seperti: pada, kemudian, lebih lanjut, dll

Contoh Teks Eksposisi
Ekonomi Indonesia Akan Melampaui Jerman Dan Inggris
Pada tahun 2030 ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris. Banyak ilmuan yang menyetujui pendapat tersebut. Argumentasi-argumentasi yang dikemukakan adalah sebagai berikut.
 Pertama, Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada dikelompok consuming class.
Kedua, Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju kearah tersebut.
Ketiga, Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.
Keempat, saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen sampai 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan akan menmbah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari 3.600 dolar AS.
Berdasarkan argumentasi itu, kita mempunyai keyakinan bahwa ekonomi Indonesia pada tahun 2030 akan lebih bagus daripada ekonomi sejumlah negara maju. Keyakinan itu disepakati oleh para ilmuwan. Dan dengan kerja nyata pada seluruh lapisan masyarakatlah yang akan mewujudkan hal tersebut.

Contoh Teks 2:
Manfaat Wortel
Wortel merupakan salah satu sayuran yang paling populer di dunia. Wortel sering dilibatkan dalam berbagai masakan seperti sup ayam atau salad. Wortel mengandung sekitar 88% air, 7% gula, 1% protein, 1% serat, 1% abu, dan 0,2% lemak. Wortel kaya akan antioksidan, mineral, dan sejumlah nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.
Sayuran wortel ini ternyata juga sangat nikmat jika dibuat jus. Manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh antara lain menjaga kesehatan mata, mencegah rabun senja, mencegah penyakit kanker, dan menghilangkan racun dalam tubuh. Selain dibuat jus, wortel juga berguna untuk obat tradisional, adapun manfaatnya yaitu mengobati demam pada anak, menghilangkan nyeri haid, dan menyembuhkan luka bakar.
Manfaat jus wortel yang paling utama adalah memberikan asupan vitamin A untuk tubuh sehingga kesehatan mata dapat terjaga. Selain itu manfaat wortel juga bisa digunakan sebagai obat tradisional.









LEMBAR KERJA SISWA
Teks 1
Ekonomi Indonesia Akan Melampaui Jerman Dan Inggris
Pada tahun 2030 ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris. Banyak ilmuan yang menyetujui pendapat tersebut. Argumentasi-argumentasi yang dikemukakan adalah sebagai berikut.
 Pertama, Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada dikelompok consuming class.
Kedua, Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju kearah tersebut.
Ketiga, Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.
Keempat, saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen sampai 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan akan menmbah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari 3.600 dolar AS.
Berdasarkan argumentasi itu, kita mempunyai keyakinan bahwa ekonomi Indonesia pada tahun 2030 akan lebih bagus daripada ekonomi sejumlah negara maju. Keyakinan itu disepakati oleh para ilmuwan. Dan dengan kerja nyata pada seluruh lapisan masyarakatlah yang akan mewujudkan hal tersebut.

1.      Tulislah pokok-pokok setiap paragraf dalam teks di atas !
2.      Klasifikasikan struktur setiap paragraf pada teks di atas !

Teks 2
Manfaat Wortel
Wortel merupakan salah satu sayuran yang paling populer di dunia. Wortel sering dilibatkan dalam berbagai masakan seperti sup ayam atau salad. Wortel mengandung sekitar 88% air, 7% gula, 1% protein, 1% serat, 1% abu, dan 0,2% lemak. Wortel kaya akan antioksidan, mineral, dan sejumlah nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.
Sayuran wortel ini ternyata juga sangat nikmat jika dibuat jus. Manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh antara lain menjaga kesehatan mata, mencegah rabun senja, mencegah penyakit kanker, dan menghilangkan racun dalam tubuh. Selain dibuat jus, wortel juga berguna untuk obat tradisional, adapun manfaatnya yaitu mengobati demam pada anak, menghilangkan nyeri haid, dan menyembuhkan luka bakar.
Manfaat jus wortel yang paling utama adalah memberikan asupan vitamin A untuk tubuh sehingga kesehatan mata dapat terjaga. Selain itu manfaat wortel juga bisa digunakan sebagai obat tradisional.

3.      Tulislah isi dalam teks “Manfaat Wortel” dengan kalimat yang baik
4.      Temukan bahasa-bahasa yang kurang tepat dalam teks “Manfaat Wortel” dan ubahlah ke dalam bahasa yang baik !

1 comment: