RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP …
Kelas /
Semester :
VII /I
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Tema : Cinta
Lingkungan Hidup
Materi Pokok : Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2x
pertemuan)
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
B. KOMPETENSI DASAR
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan
dan tulis
2.3 Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut
pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat
3.2 Membedakan teks hasil obsevasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan.
4.2 Menyusun teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, observasi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.3.1 Menggunakan
bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan.
1.3.2 Menggunakan
kata, istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam menyusun teks laporan hasil
observasi.
2.3.1 Kreatif
dalam mengembangkan gagasan atau ide secara tertulis.
2.3.2 Kreatif
dalam menampilkan produk tulisan teks laporan hasil observasi.
2.3.3 Berperilaku
selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan
pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi.
2.3.4 Berperilaku
selalu menyelesaiakantugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada
kegiatan pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi.
2.3.5 Menggunakan
pilihan kata, ekspresi, dan gesture santun.
2.3.6 Berperilaku
yang menunjukkan sifat halusdan baik dari sudut pandang bahasa maupun
perilakunya.
3.2.1 Menentukan struktur teks laporan hasil observasi
3.2.2 Menentukan kaidah teks laporan hasil observasi
3.2.3 Mengidentifikasi contoh teks laporan hasil observasi
3.2.4 Meenyimpulkan hasil identifikasi teks laporan hasil observasi
4.2.1 Menentukan
topik teks laporan hasil observasi dari objek yang diamati sesuai dengan tema
yang ditentukan.
4.2.2 Menyusun kerangka teks laporan hasil
observasi berupa definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat dari
data yang telah diperoleh pada saat observasi.
4.2.3 Mengembangkan
kerangka karangan tiap bagian teks.
4.2.4 Menyusun bagian-bagian
teks laporan
hasil observasi menjadi teks yang runtut, logis, sistematis dengan ejaan benar,
pilihan kata tepat, kalimat efektif, dan paragraf yang utuh dan padu.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran,
siswa menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran,
siswa memiliki
perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut
pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat.
3.
Setelah siswa menentukan struktur, kaidah,
mengidentifikasi contoh, dan menyimpulkan hasil identifikasi teks laporan hasil
observasi, maka siswa mampu membedakan teks hasil obsevasi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.
Setelah siswa menentukan topik, menyusun kerangka,
mengembangkan kerangka, dan menyusun bagian-bagian teks, maka siswa mampu menyusun teks hasil
observasi sesuai
dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.
Pengertian teks laporan hasil observasi (terlampir)
2.
Struktur teks laporan hasil observasi (terlampir)
3.
Kaidah teks laporan hasil observasi (terlampir)
Pertemuan
2
1.
Langkah-langkah menyusun teks laporan hasil observasi (terlampir)
F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan Saintifik
2.
Metode
a.
Ceramah
b.
Tanya jawab
c.
Diskusi
d.
Jelajah alam sekitar (JAS)
e.
Inquiri
f.
Penugasan
g.
Presentasi
G. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media :
Power Point, Printout Teks Laporan Hasil Observasi
2.
Alat :
LCD, Laptop
3.
Sumber Belajar :
Kemdikbud.
2013. Bahasa Indonesia: Wahana
Pengetahuan Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
A. Pendahuluan
|
1.
Siswa
mengondisikan siap
belajar.
2.
Siswa
dan guru tanya jawab berkaitan
yang berhubungan langsung dengan kegiatan disekitar siswa.
3.
Siswa menyimak guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi
pembelajaran.
4.
Siswa menyimak guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan
materi pembelajaran.
|
10 menit
|
B. Inti
|
MENGAMATI
1.
Siswa
berkelompok, tiap kelompok beranggotakan 3 siswa dengan disiplin.
2.
Siswa menerima teks laporan hasil observasi berjudul “TMII” yang digunakan
sebagai pemodelan.
3.
Siswa membaca
contoh teks “TMII” dan
mengamati pembagian struktur teks
laporan hasil observasi yang berupa definisi umum, deskripsi bagian, dan
deskripsi manfaat dengan teliti dan
tanggung jawab.
4.
Siswa
memperhatikan kaidah penulisan yang berupa teks laporan hasil observasi dengan teliti.
MENANYA
5.
Siswa dipandu
oleh guru bertanya jawab berkaitan dengan struktur teks dan kaidah bahasa
dalam teks laporan hasil observasi.
6.
Siswa
menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan menyusun teks laporan hasil
observasi yang belum mereka pahami.
MENGUMPULKAN
INFORMASI
7.
Siswa bersama
kelompok menentukan topik yang
akan dijadikan tulisan dalam teks laporan hasil observasi dengan tanggung jawab.
8.
Siswa
bersama kelompok melakukan kegiatan jelajah alam sekitar
sekolah dan observasi
kepada
narasumber untuk mendapatkan data-data yang akurat dan sebagai bukti penguat
untuk menyusun
teks laporan hasil observasi dengan percaya diri.
MENGASOSIASI
9.
Siswa bersama
kelompok mencoba menyusun kerangka
bagian-bagian teks laporan hasil observasi berupa definisi umum, deskripsi
bagian, dan deskripsi manfaat.
MENGOMUNIKASIKAN
10.
Setiap
kelompok mengkomunikasikan kerangka
teks laporan hasil observasi yang telah mereka susun dengan tanggung jawab dan berbahasa santun.
11.
Siswa
lain memberikan saran perbaikan kepada teman untuk menyempurnakan tugas dengan bahasa yang santun dan proaktif.
|
10 menit
10 menit
15
menit
15 menit
10
menit
|
C. Penutup
|
12.
Siswa dengan guru
menyimpulkan hasil pekerjaan terkait dengan stuktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi.
13.
Siswa merefleksi penguasaan
materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
14.
Siswa saling memberikan
umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
15.
Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa
mengondisikan siap
belajar.
2.
Siswa dan guru bertanya jawab berkaitan yang berhubungan
langsung dengan kegiatan disekitar siswa.
3.
Siswa menyimak guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi
pembelajaran.
4.
Siswa menyimak guru menyampaikan
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran.
|
10
menit
|
B. Inti
|
MENGAMATI
1.
Siswa membentuk kelompok seperti pada pertemuan
sebelumnya dengan beranggotakan 3 orang.
2.
Siswa
mengamati teks model laporan hasil observasi yang baik dan benar dengan teliti dan tanggung jawab.
3.
Siswa memperhatikan pembagian
struktur teks laporan hasil observasi yang terdiri
atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat dengan disiplin dan bertanggung jawab.
MENANYA
4.
Siswa
dipandu guru menanyakan hal-hal yang sulit dalam menyusun kerangka teks dan
mengembangkannya menjadi teks yang utuh dengan
percaya diri dan bahasa yang santun.
5.
Siswa
berdiskusi dengan teman sekelompok mengenai kerangka karangan teks laporan hasil
observasi yang telah disusun dan akan dikembangkan menjadi teks laporan hasil
onservasi yang utuh dengan responsif
dan bahasa yang santun.
MENGUMPULKAN INFORMASI
6.
Siswa mengingat
kembali data yang diperoleh dari kegiatan jelajah alam sekitar dan observasi sebagai bahan untuk menulis teks
laporan hasil observasi dengan tanggung
jawab.
7.
Siswa
melanjutkan menyusun teks laporan hasil observasi berdasar kerangka
yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya dengan kreatif.
MENGASOSIASI
8.
Siswa
secara individu mengembangkan kerangka
laporan menjadi
teks laporan hasil observasi
sesuai yang runtut, logis, sistematis dengan ejaan yang benar, pilihan kata
tepat, kalimat efektif, dan paragraf yang utuh dan padu dengan memperhatikan
contoh teks model yang telah dipelajari dengan
kreatif dan bahasa yang santun.
9.
Siswa
merevisi dengan teman sekelompok dengan memperhatikan kelengkapan struktur dan
kaidah penulisan dengan jujur.
10.
Siswa memperbaiki
teks laporan hasil observasi yang telah disunting oleh teman dengan percaya diri.
MENGOMUNIKASIKAN
11. Siswa mempresentasikan hasil
pekerjaannya di depan kelas dengan
percaya diri.
12. Siswa lain memberi komentar
atas hasil pekerjaan temannya dengan
bahasa yang santun.
|
10
menit
5 menit
20
menit
15
menit
10
menit
|
C.
Penutup
|
13.
Siswa dengan
guru menyimpulkan hasil pekerjaan terkait dengan stuktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi.
14.
Siswa merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
15.
Siswa
dan guru melakukan evaluasi terhadap pembelajaran menyusun
teks laporan hasil observasi yang telah berlangsung.
16.
Siswa
saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
17.
Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk
pertemuan selanjutnya.
|
10
menit
|
I. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.
Penilaian Sikap Religius dan Sosial
a.
Teknik Penilaian :
Observasi (terlampir)
b.
Bentuk Instrumen :
Lembar Observasi (terlampir)
2.
Penilaian Keterampilan
a.
Teknik Penilaian :
Tes Unjuk Kerja (terlampir)
b.
Bentuk Instrumen :
Produk (terlampir)
No comments:
Post a Comment