Friday, November 13, 2015

RPP Bahasa Indonesia SMP VII/1 "Teks Laporan Hasil Observasi"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          : SMP
Kelas / Semester             : VII /I
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Tema                              : Cinta Lingkungan Hidup
Materi Pokok                  : Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu                : 4 x 40 menit (2x pertemuan)

A.  KOMPETENSI INTI
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.   KOMPETENSI DASAR
1.3            Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.3            Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat
3.2            Membedakan teks hasil obsevasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
4.2            Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, observasi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.

C.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.3.1         Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan.
1.3.2         Menggunakan kata, istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam menyusun teks laporan hasil observasi.
2.3.1         Kreatif dalam mengembangkan gagasan atau ide secara tertulis.
2.3.2         Kreatif dalam menampilkan produk tulisan teks laporan hasil observasi.
2.3.3         Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi.
2.3.4         Berperilaku selalu menyelesaiakantugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi.
2.3.5         Menggunakan pilihan kata, ekspresi, dan gesture santun.
2.3.6         Berperilaku yang menunjukkan sifat halusdan baik dari sudut pandang bahasa maupun perilakunya.
3.2.1         Menentukan struktur teks laporan hasil observasi
3.2.2         Menentukan kaidah teks laporan hasil observasi
3.2.3         Mengidentifikasi contoh teks laporan hasil observasi
3.2.4         Meenyimpulkan hasil identifikasi teks laporan hasil observasi
4.2.1         Menentukan topik teks laporan hasil observasi dari objek yang diamati sesuai dengan tema yang ditentukan.
4.2.2         Menyusun kerangka teks laporan hasil observasi berupa definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat dari data yang telah diperoleh pada saat observasi.
4.2.3         Mengembangkan kerangka karangan tiap bagian teks.
4.2.4         Menyusun bagian-bagian teks laporan hasil observasi menjadi teks yang runtut, logis, sistematis dengan ejaan benar, pilihan kata tepat, kalimat efektif, dan paragraf yang utuh dan padu.
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.         Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran, siswa memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat.
3.         Setelah siswa menentukan struktur, kaidah, mengidentifikasi contoh, dan menyimpulkan hasil identifikasi teks laporan hasil observasi, maka siswa mampu membedakan teks hasil obsevasi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.         Setelah siswa menentukan topik, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka, dan menyusun bagian-bagian teks, maka siswa mampu menyusun teks hasil observasi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.

E.   MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
1.         Pengertian teks laporan hasil observasi (terlampir)
2.         Struktur teks laporan hasil observasi (terlampir)
3.         Kaidah teks laporan hasil observasi (terlampir)

Pertemuan 2
1.         Langkah-langkah menyusun teks laporan hasil observasi (terlampir)

F.   PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan Saintifik
2.         Metode
a.         Ceramah
b.        Tanya jawab
c.         Diskusi
d.        Jelajah alam sekitar (JAS)
e.         Inquiri
f.         Penugasan
g.         Presentasi

G.  MEDIA PEMBELAJARAN
1.         Media                                    : Power Point, Printout Teks Laporan Hasil Observasi
2.         Alat                           : LCD, Laptop
3.         Sumber Belajar          : Kemdikbud. 2013. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud.

H.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
A.  Pendahuluan
1.    Siswa mengondisikan siap belajar.
2.    Siswa dan guru tanya jawab berkaitan yang berhubungan langsung dengan kegiatan disekitar siswa.
3.    Siswa menyimak guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran.
4.    Siswa menyimak guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran.
10 menit
B.  Inti
MENGAMATI
1.       Siswa berkelompok, tiap kelompok beranggotakan 3 siswa dengan disiplin.
2.       Siswa  menerima teks laporan hasil observasi berjudul “TMII” yang digunakan sebagai pemodelan.
3.       Siswa membaca contoh teks “TMII” dan mengamati pembagian struktur teks laporan hasil observasi yang berupa definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat dengan teliti dan tanggung jawab.
4.       Siswa memperhatikan kaidah penulisan yang berupa teks laporan hasil observasi dengan teliti.
MENANYA
5.       Siswa dipandu oleh guru bertanya jawab berkaitan dengan struktur teks dan kaidah bahasa dalam teks laporan hasil observasi.
6.       Siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan menyusun teks laporan hasil observasi yang belum mereka pahami.

MENGUMPULKAN INFORMASI
7.       Siswa bersama kelompok menentukan topik yang akan dijadikan tulisan dalam teks laporan hasil observasi dengan tanggung jawab.
8.       Siswa bersama kelompok melakukan kegiatan jelajah alam sekitar sekolah dan observasi kepada narasumber untuk mendapatkan data-data yang akurat dan sebagai bukti penguat untuk menyusun teks laporan hasil observasi  dengan percaya diri.

MENGASOSIASI
9.       Siswa bersama kelompok mencoba menyusun kerangka bagian-bagian teks laporan hasil observasi berupa definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.

MENGOMUNIKASIKAN
10.   Setiap kelompok mengkomunikasikan kerangka teks laporan hasil observasi yang telah mereka susun dengan tanggung jawab dan berbahasa santun.
11.   Siswa lain memberikan saran perbaikan kepada teman untuk menyempurnakan tugas dengan bahasa yang santun dan proaktif.
10 menit













10 menit








15 menit











15 menit





10 menit
C.   Penutup
12.  Siswa dengan guru menyimpulkan hasil pekerjaan terkait dengan stuktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
13.  Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
14.  Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
15. Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit


Pertemuan kedua

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
A. Pendahuluan
1.    Siswa mengondisikan siap belajar.
2.    Siswa dan guru bertanya jawab berkaitan yang berhubungan langsung dengan kegiatan disekitar siswa.
3.    Siswa menyimak guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran.
4.    Siswa menyimak guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran.
10 menit
B. Inti
MENGAMATI
1.     Siswa membentuk kelompok seperti pada pertemuan sebelumnya dengan beranggotakan 3 orang.
2.     Siswa mengamati teks model laporan hasil observasi yang baik dan benar dengan teliti dan tanggung jawab.
3.     Siswa memperhatikan pembagian struktur teks laporan hasil observasi yang terdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat dengan disiplin  dan bertanggung jawab.

MENANYA
4.      Siswa dipandu guru menanyakan hal-hal yang sulit dalam menyusun kerangka teks dan mengembangkannya menjadi teks yang utuh dengan percaya diri dan bahasa yang santun.
5.      Siswa berdiskusi dengan teman sekelompok mengenai kerangka karangan teks laporan hasil observasi yang telah disusun dan akan dikembangkan menjadi teks laporan hasil onservasi yang utuh dengan responsif dan bahasa yang santun.

MENGUMPULKAN INFORMASI
6.     Siswa mengingat kembali data yang diperoleh dari kegiatan jelajah alam sekitar dan observasi sebagai bahan untuk menulis teks laporan hasil observasi dengan tanggung jawab.
7.     Siswa melanjutkan menyusun teks laporan hasil observasi berdasar kerangka yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya dengan kreatif.

MENGASOSIASI
8.       Siswa secara individu mengembangkan kerangka laporan menjadi teks laporan hasil observasi sesuai yang runtut, logis, sistematis dengan ejaan yang benar, pilihan kata tepat, kalimat efektif, dan paragraf yang utuh dan padu dengan memperhatikan contoh teks model yang telah dipelajari dengan kreatif dan bahasa yang santun.
9.       Siswa merevisi dengan teman sekelompok dengan memperhatikan kelengkapan struktur dan kaidah penulisan dengan jujur.
10.   Siswa memperbaiki teks laporan hasil observasi yang telah disunting oleh teman dengan percaya diri.

MENGOMUNIKASIKAN
11.  Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas dengan percaya diri.
12.  Siswa lain memberi komentar atas hasil pekerjaan temannya dengan bahasa yang santun.


10 menit











5 menit












20 menit










15 menit

















10 menit
C. Penutup
13.  Siswa dengan guru menyimpulkan hasil pekerjaan terkait dengan stuktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
14. Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
15. Siswa dan guru melakukan evaluasi terhadap pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi yang telah berlangsung.
16. Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
17. Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit



I.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.         Penilaian Sikap Religius dan Sosial
a.         Teknik Penilaian : Observasi (terlampir)
b.        Bentuk Instrumen           : Lembar Observasi (terlampir)
2.         Penilaian Keterampilan
a.         Teknik Penilaian : Tes Unjuk Kerja (terlampir)
b.        Bentuk Instrumen           : Produk (terlampir)

No comments:

Post a Comment