Thursday, November 12, 2015

RPP kelas VII/I KTSP " 1.1Menyimpulkan isi Berita"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan pendidikan                : SMP
Kelas/ Semester                     : VII/ 1
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan                : 1x pertemuan (2 x 40 menit)

A.          Standar Kompetensi
1.   Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
      (aspek mendengarkan).

B.           Kompetensi Dasar
1.1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.

C.          Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan.
2.      Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita.
3.      Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.

D.          Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan.
2.      Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita.
3.      Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.

E.           Materi Ajar
1.      Mengenal isi berita
2.      Menyarikan pokok-pokok berita.
3.      Menyimpulkan isi berita

F.           Alokasi Waktu
2 x 40 menit


G.          Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan penugasan

H.          Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1)      Peserta didik memberi salam hormat kepada guru, berdoa, memperoleh motivasi belajar, dan mengondisikan diri untuk siap belajar.
2)      Peserta didik mengaitkan materi teks laporan hasil observasi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari.
3)      Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran.
4)      Peserta didik menyimak pokok-pokok/ cakupan materi pembelajaran.

Kegitan Inti
§ Eksplorasi
1)      Peserta didik mendengarkan teks berita yang dibacakan.
2)      Peserta didik diminta bertanya tentang pokok-pokok berita yang dibacakan.
3)      Peserta didik menjelaskan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
4)      Peserta didik mendengarkan  tayangan video tentang berita.
5)      Peserta didik mendata pokok-pokok berita dalam tayangan video.
6)      Peserta didik menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
7)      Peserta didik berinteraksi aktif dengan guru serta peserta didik lain,  dengan lingkungan, dan sumber belajar lainnya.

§ Elaborasi
1)      Peserta didik mendiskusikan ketepatan data pokok-pokok berita dalam tayangan video.
2)      Peserta didik menyimpulkan pokok-pokok berita dalam tayangan video.
3)      Menyimpulkan isi berita/ informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat.

§ Konfirmasi
1)      Peserta didik memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi melalui berbagai sumber.
2)      Peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3)      Peserta didik memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.

Kegiatan Penutup
1)      Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang menyimpulkan isi berita.
2)      Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi.
3)      Peserta didik memperoleh tugas pengayaan untuk menyimpulkan isi berita dalam beberapa kalimat.

I.             Sumber Belajar
a.   Video berita.
b.  Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

J.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
·    Mampu menulis isi/ sari berita yang didengarkan/dibacakan
·    Mampu menyimpulkan isi/ sari berita dalam satu alinea

Tes tulis



Uraian 
·  Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
·  Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
           
No
Butir Soal
Skor maksimal
1


2

3
Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat dalam teks berita !

Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya !

Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea !
3


3

4
Jumlah
10


Kriteria Penilaian
Soal Nomor 1 :
1.      Apabil Peserta didik menjawab satu dari tiga pokok berita
2.      Apabila hanya dua yang benar
3.      Apabila Peserta didik menjawab lengkap dan benar
Soal Nomor 2 :
1.      Apabila Peserta didik menjawab benar nilai 4
2.      Apabila Peserta didik menjawab kurang sempurna nilai 2
3.      Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Soal Nomor 3 :
1     Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan dengan benailai 3
2.   Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan tetapi kurang sempurna
   nilai 2
3.   Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1

Penghitungan nilaian Akhir : Perolehan skor x  100
        Skor Maksimum



LAMPIRAN-LAMPIRAN

MATERI PEMBELAJARAN


1. Mengenal Isi Berita
Apakah kamu sering mendengarkan berita? Dari manakah berita itu kamu dengarkan? Apakah, dari televisi? Yang jelas, pasti banyak sekali acara berita di televisi yang bisa kamu simak. Contoh acara-acara berita di televisi antara lain Liputan 6 (SCTV), Metro Malam (Metro TV), dan lain-lain. Betulkah acara-acara tersebut merupakan acara berita? Sebagai acuan jawaban kamu, pahamilah definisi tentang berita yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Balai Pustaka, 2002) berikut.
Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Selain itu, unsur-unsur yang terdapat dalam berita adalah
sebagai berikut.


1. What (apa yang terjadi)?
2. When (kapan terjadinya)?
3. Where (di mana terjadinya)?
4. Why (mengapa terjadi)?
5. Who (siapa yang terlibat dalam peristiwa itu)?
6. How (Bagaimana terjadinya peristiwa itu?


Unsur-unsur tersebut dikenal dengan rumus 5W dan 1H.











2. Menyimpulkan Isi Berita
Berikut ini contoh teks berita.

Hentikan Eksplorasi dan Eksploitasi Migas di Kawasan Padat Huni
[Siaran Pers, Walhi, 1 Agustus 2006, 08:01,
dengan pengubahan seperlunya.]

Ledakan sumur migas Sukowati 5, desa Campurejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro merupakan pertanda bahwa eksplorasi dan eksploitasi migas di kawasan padat huni sudah harus dihentikan. Ledakan ini menambah daftar panjang kecelakaan migas di daerah padat mukim. Kecelakaan migas terjadi hamper setiap tahun dalam 5 tahun terakhir di Jawa Timur. Pada tahun ini saja sudah terjadi untuk kedua kalinya. Ironisnya, pemerintah lebih mampu memungut hasil produksi migas ketimbang menangani risiko bencana akibat kecelakaan dan kerugian yang ditimbulkannya. Pihak PetroChina, diwakili oleh Security Supervisor Djoko Agus mengungkapkan, bahwa apa yang terjadi di sumur eksplorasi JOB Pertamina-PetroChina adalah hal yang biasa terjadi di dunia industri migas. Bedanya, kejadian kali ini terjadi di sekitar rumah penduduk dan menimbulkan kepanikan. "Hal seperti ini biasa, namanya gas kick (tendangan gas) ketika pengeboran mencapai kedalaman 6.300 feet, lalu petugas mencoba menyemprot lumpur padat, tapi gagal, tidak mampu menghambat laju gas dan akhirnya menyembur," kata Djoko.
Menurut catatan Walhi, tidak ada satu pun penanganan kejadian kecelakaan industri migas di Indonesia, yang mampu memulihkan kondisi keselamatan dan produktivitas warga serta lingkungan setempat. Sejak zaman Soeharto hingga sekarang, pemerintah gagal melindungi warga dari dampak industri migas yang penuh risiko tersebut. Pemerintah harus mengakui, bahwa negeri ini tidak memiliki, bahkan tidak memikirkan mekanisme perlindungan warga di wilayah industri migas padat penghuni seperti pulau Jawa. Tidak ada satu pun mekanisme yang dapat memastikan aset-aset sosial rakyat dan lingkungannya aman atau dipastikan bisa segera dipulihkan, jika terjadi bencana akibat kecelakaan migas. Oleh karena itu, Walhi mendesak pemerintah segera mengevaluasi seluruh kebijakan, dan tindakannya atas izin eksplorasi dan eksploitasi migas di kawasan padat penghuni di pulau Jawa. Perlindungan atas keselamatan warga, harus menjadi prioritas dalam pertimbangan pemberian izin eksplorasi atau eksploitasi migas di Indonesia.

2. Menyarikan Pokok-pokok Berita
Jika kamu perhatikan, teks berita yang berjudul Hentikan Eksplorasi dan Eksploitasi Migas di Kawasan Padat Huni’ memuat informasi penting. Informasi tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5 W+1 H.

1. What (apa yang terjadi)?
Ledakan sumur migas Sukowati karena eksplorasi dan eksploitasi migas di kawasan padat huni.

2. When (kapan terjadinya)?
Setiap tahun dalam 5 tahun terakhir (2001-2006).

3. Where (di mana terjadinya)?
Di Jawa Timur.

4. Why (mengapa terjadi)?
Adanya gas kick (tendangan gas) ketika pengeboran mencapai kedalaman 6.300 feet, lalu petugas mencoba menyemprot lumpur padat, tapi gagal, tidak mampu menghambat laju gas dan akhirnya menyembur.

5. Who (siapa yang terlibat dalam peristiwa itu)?
Security Supervisor Djoko Agus, Walhi.

6. How (Bagaimana tindak lanjutnya)?
Walhi mendesak pemerintah segera mengevaluasi seluruh kebijakan dan tindakannya atas ijin eksplorasi dan eksploitasi migas di kawasan padat huni di pulau Jawa.

Informasi penting di atas merupakan pokok-pokok berita. Selanjutnya, pokok-pokok berita ini dapat kamu uraikan sebagai suatu simpulan dalam satu alinea. Seperti contoh berikut.
Ledakan sumur migas Sukowati terjadi karena eksplorasi dan eksploitasi migas di kawasan padat huni. Ledakan ini terjadi setiap tahun dalam 5 tahun terakhir (2001-2006) di Jawa Timur. Gas kick (tendangan gas) ketika pengeboran mencapai kedalaman 6.300 feet, lalu petugas mencoba menyemprot lumpur padat, tapi gagal, tidak mampu menghambat laju gas inilah yang akhirnya menjadi penyebab ledakan. Security Supervisor PetroChina, Djoko Agus mengungkapkan hal ini. Akhirnya, Walhi mendesak pemerintah segera mengevaluasi seluruh kebijakan dan tindakannya atas izin eksplorasi dan eksploitasi migas di kawasan padat penghuni di pulau Jawa.



LEMBAR KERJA
(KELOMPOK)

Anggota Kelompok:
1.
2.
3.
4.

Dengarkanlah sebuah berita yang diputarkan di depan kelas!
Setelah itu, simaklah berita tersebut dengan saksama!
1)      Pokok-pokok berita           :
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………

2)      Simpulan isi berita             :
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…….………………………………………….………………………………


Pendengar,


…………………
LEMBAR KERJA
(INDIVIDU)

Nama              :
Kelas               :
No.                  :

Dengarkanlah sebuah berita yang diputarkan di depan kelas!
Setelah itu, simaklah berita tersebut dengan saksama!
3)      Pokok-pokok berita           :
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………

4)      Simpulan isi berita             :
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…….………………………………………….………………………………



Pendengar,


No comments:

Post a Comment