RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
Ke-1)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas/ Semester : V1II/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Menggapai Cita Melalui Kreativitas
Materi Pokok : Teks Cerita Prosedur
Pertemuan ke- : 2
Alokasi Waktu :
2
x 45menit
A.
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya
|
1.1.1
Menunjukkan rasa syukur atas anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan
kaidah untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya
1.1.2
Menunjukkan keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.1.3
Menunjukkan keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi
lisan dan tulis
|
2.1
Memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral
yang eksplisit untuk memahami teks cerita prosedur
|
2.1.1
Memilki perilaku jujur dalam
menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit untuk memahami teks cerita
prosedur
|
3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi,
cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
|
3.1.1 Menyimpulkanpengertiantekscerita prosedur denganjujur
3.1.2 Menentukanciri-ciri teks prosedur denganjujur
3.1.3 Menentukanstrukturteksprosedurdenganjujur
3.1.4 Menentukankaidahteksprosedur denganjujur
|
4.2
Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
4.2.1
Menemukanmaknapadabagian
tujuan teks cerita prosedur denganjujur
4.2.2Menemukanmakna/pesanpadabagianlangkah-langkah teks
cerita prosedur dengan
jujur
4.2.3
Merangkai makna bagian tujuan dan langkah-langkah dengan ejaan, pilihan kata,
kalimat efektif dan paragraf yang utuh dan padu
|
C.
TujuanPembelajaran
Pertemuan 1
1.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan
rasa syukur atas anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah
untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
2.
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa memilki dan menunjukkan perilaku
jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit untuk memahami teks
cerita prosedur mengenai masalah sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.
Selama membaca, mencermati dan
mendiskusikan pengertian dan ciri teks cerita prosedur, siswa dapat menjelaskan
pengertian dan ciri-ciri teks cerita prosedur secara lisan maupun tulisan
berkategori baik secara jujur.
Pertemuan
2
1.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan
rasa syukur atasanugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah
untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
2.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memilki dan menunjukkan perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral
yang eksplisit untuk memahami teks cerita prosedur mengenai masalah sosial,
lingkungan, dan kebijakan publik.
3.
Selama membaca,
mencermati dan mendiskusikan pengertian dan cirri teks cerita prosedur, siswa dapat menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita prosedu rsecara lisan maupun tulisan berkategori baik secara jujur.
Pertemuan
3
1.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan
rasa syukur atas anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah
untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
2.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memilki dan menunjukkan perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral
yang eksplisit untuk memahami teks cerita prosedu rmengenai masalah sosial,
lingkungan, dan kebijakan publik.
3.
Setelah membaca, mencermati, dan mendiskusikan struktur
dan kaidah contoh teks cerita prosedur, siswa dapat memahami struktur dan
kaidah teks cerita prosedur secara lisan maupun tulisan kberkategori baik
secara jujur.
D. MateriPembelajaran
1.
Pengertian cerita teks prosedur
2.
Ciri-ciri cerita teks prosedur
3.
Struktur cerita teks prosedur
4.
Kaidah cerita teks prosedur
5.
Menemukan makna pada bagian tujuan teks cerita prosedur
6.
Menemukan makna/pesan pada bagian langkah-langkah teks cerita prosedur dengan jujur.
7.
Perangkaian makna bagian tujuan dan langkah-langkah dengan ejaan,
pilihan kata, kalimat efektif dan paragraf yang
utuh dan padu
E. MetodePembelajaran
Pendekatan: Saintifik
Metode :
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Inkuiri
5. Penugasan
F. KegiatanPembelajaran
Pertemuan2
Kegiatan
|
Deskripsikegiatan
|
Alokasiwaktu
|
A.Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan
mengkondisikan diri siap belajar.
2.
Siswa mencermati dan bertanya jawab berkaitan dengan
identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik.
3.
Siswa menyimak informasi guru tentang tujuan
pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran.
4.
Siswa menyimak informasi guru tentang
poko-pokok/cakupan materi pembelajaran.
|
5menit
|
Inti
|
MENGAMATI:
1.
Siswa membaca dan mengamati model cerita
teks prosedur pertama.
2.
Siswa memperhatikan bagian struktur dan
kaidah teks cerita prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah
dengan teliti dan bertanggung jawab
MENANYA:
3.
Siswa membentuk kelompok (3-5 siswa)
4.
Siswa bertanya jawab dan berdiskusi
merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur.
MENGUMPULKAN
DATA
5.
Siswa menukarkan (atau menempelkan di papan yang
disediakan) rumusan struktur dan kaidah teks cerita prosedur hasil kerja
kelompok ke kelompok lain.
6.
Siswa membaca secara kritis rumusan struktur dan
kaidah teks cerita prosedur hasil kerja kelompok lain dengan jujur dan
bertanggung jawab
7.
Siswa memberi penilaian rumusan struktur dan kaidah
teks cerita prosedur hasil kerja kelompok lain dengan bertanggng jawab
MENGASOSIASI
8.
Siswa kembali ke tempat duduknya masing-masing
9.
Siswa secara individual membaca, mengamati, dan
mengidentifikasi struktur dan kaidah teks cerita prosedur yang kedua.
10.
Siswa secara individual menuliskan struktur dan
kaidah teks cerita prosedur kedua dengan benar secara tanggung jawab.
MENGOMUNIKASIKAN
11.
Siswa secara individual menampilkan hasil kerja
analisis struktur dan kaidah teks prosedur kedua di majalah dinding ( atau di
papan yang disediakan ) dengan jujur dan bertanggung jawab.
12.
Siswa saling menanggapi hasil karya teman dengan
jujur dan bertanggung jawab.
13.
Siswa saling menilai hasil karya teman dengan jujur
dan bertanggung jawab
|
15 menit
10 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Siswa merenungkan aktivitas pembelajaran yang telah
dilaksanakan dengan mengisi lembar
internalisasi sikap berkaitan dengan rasa syukur tentang kemampuan bahan
Indonesia yang dapat dijadikan sebagai alat penyampai berbagai teks cerita
prosedur yang digunakan masyarakat.
3.
Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah
dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
4.
Siswa mengerjakan evaluasi berkaitan dengan struktur
teks cerita prosedur.
5.
Siswa saling menukarkan hasil evaluasi untuk
dikomentari sebagai umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah
dicapai.
6.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan, yaitu
mencari teks cerita proseddur dan menganalisis struktur yang hadir.
|
15menit
|
G. MediadanSumberbelajar
1. Media
: LCD, Laptop, teks cerita prosedur
2. Sumberbelajar :
Kemendikbud, 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan
Aakademik Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.
H. Penilaian
1. Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian :
Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi
No
|
Kompetensi yang Dinilai
|
Format penilaian
|
1.
|
Mensyukuri tentang kemampuan
bahasa Indonesia yang dapat dijadikan sebagai alat penyampai berbagai teks
cerita prosedur yang digunakan masyarakat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Sikap Sosial
a. Teknik Penilaian :
Observasi
b. Bentuk Instrumen :
Penduan Observasi
c. Kisi-kisi
No
|
Kompetensi yang Dinilai
|
Format penilaian
|
1.
|
Jujur
|
|
2.
|
Teliti
|
|
3.
|
Tanggung jawab
|
|
4.
|
Santun
|
|
3. Pengetahuan
a. Teknik penilaian :
tes tertulis
b. Bentuk Instrumen :
uraian
c. Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir instrumen
|
1.
|
Menjelaskan struktur
teks cerita prosedur
|
Jelaskan struktur
teks cerita prosedur !
|
2.
|
Menjelaskan kaidah
teks cerita prosedur
|
Jelaskan kaidah teks
cerita prosedur !
|
4.Keterampilan
a. Teknik penilaian :
praktik
b. Bentuk Instrumen :
rubrik
c. Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
|
|
|
|
|
Semarang, 2015
Guru
mata pelajaran Mengetahui,
Kepala SMP/MTs
Lampiran materi
Apaitu teks cerita
prosedur adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris atau yang biasa disebut genre yang menunjukan sebuah proses dalam membuat atau mengoprasikan sesuatu yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah yang teratur.
Strukturteksprosedurkompleks,
antara lain :
1. Ada judul
2. Tujuan
3.Alat dan bahan
4.Prosedur/tahapan/langkah-langkah
Kaidahteksprosedurkompleks, antara lain :
1. Ada penomoran yang menunjukkan urutan atau tahapan
2. Ada kata kerja yang menunjukkan perintah (imperatif)
3. Kata yang menunjukkan kondisi
4.Partisipansecaraumum
5.Verba material/tingkah laku
6.Konjungsi temporal (waktu)
1. Ada judul
2. Tujuan
3.Alat dan bahan
4.Prosedur/tahapan/langkah-langkah
Kaidahteksprosedurkompleks, antara lain :
1. Ada penomoran yang menunjukkan urutan atau tahapan
2. Ada kata kerja yang menunjukkan perintah (imperatif)
3. Kata yang menunjukkan kondisi
4.Partisipansecaraumum
5.Verba material/tingkah laku
6.Konjungsi temporal (waktu)
CiriKebahasaan
Procedure Text
TerdapatbeberapacirikebahasaandalamProcedure
Text, diantaranyayaitu:
- Menggunakanpolakalimatimperative (Perintah), misalnya, Cut, Don’t mix, dsb.
- Menggunakanaction verbs, misalnyaturn, put, don’t, mix,dsb.
- Menggunakanconnectives (kata penghubung) untukmengurutkankegiatan, misalnyathen, while, dsb.
- Menggunakanadverbials (kata keterangan) untukmenyatakanrinciwaktu, tempat, cara yang akurat, misalnyafor five minutes, 2 hours, dsb.
- Menggunakansimple present.
Lampiran
1 LembarPengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SISWA
Mata
Pelajaran :..................................................................................................
Kelas/Semester :..................................................................................................
TahunAjaran :...................................................................................................
WaktuPengamatan :
..................................................................................................
Karakter
yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah kerja keras dan tanggung jawab.
Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras
1. BT
(belumtampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
2. MT
(mulaitampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3. MB
(mulaiberkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
4. MK
(membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkantanda
V padakolom-kolomsesuaihasilpengamatan.
No
|
Nama siswa
|
Tanggung jawab
|
|
Peduli
|
Responsif
|
|
santun
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
2: LembarPengamatan
LEMBAR PENGAMATAN
PERKEMBANGAN SIKAP
SPIRITUAL
Mata
Pelajaran :....................................................................................................
Kelas/Semester :....................................................................................................
TahunAjaran :....................................................................................................
WaktuPengamatan : ...................................................................................................
Karakter
yang di integrasikan dan dikembangkan adalah kerja keras dan tanggung jawab.
Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras
5. BT
(belumtampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
6. MT
(mulaitampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
7. MB
(mulaiberkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
8. MK
(membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tuga ssecara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkantanda
V padakolom-kolomsesuaihasilpengamatan.
No.
|
NamaSiswa
|
Kreatif
|
Komunikatif
|
Kerjakeras
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2
1.
Soal
Bacalah teks berikut
dengan teliti kemudian identifikasi bagian teks yang menyatakan struktur dan
kaidah teks cerita prosedur!
Pencangkokan Tanaman
1.
Pengembangbiakan
tanaman dapat dilakukan melalui pencangkokan. Selain mudah dilakukan ,
pencangkokan juga murah biayanya. Pencangkokan dilakukan untuk mendapatkan
keturunan yang lebih baik pada suatu tumbuhan sehingga pemanfaatan terhadap
tumbuhan mangga menjadi lebih maksimal.
2.
Pencangkokan
tanaman memilki keuntungan dan kerugian. Keuntungan yang dapat diperoleh
melalui pencangkokan tanaman antara lain (1) tanaman yang berbuah lebih cepat
(2) mutu produksi yang diperoleh sama dengan tanaman indukmya.
3.
Untuk
mencangkok tanaman diperlukan alat dan bahan (1) satu belah pisau (2) tali
plastik/tali rafia (3) plastik transparan/sabut kelapa dan (4) tanah yang agak
basah dan suburb
4.
Pencangkokan
dapat dilakukan dengan cara berikut
Pertama,
carilah dahan yang ukurannya sedang, tidak terlalu besar dan kecil
Kedua,
ulkurlah jarak antara batang pohon dan tempat paling sedikit sekitar 10 cm!
Ketiga,
kupaslah sekitar 5cm
Keempat,
kerikllah lendir
Kelima,
tutuplah kupasan dengan tanah
Keenam,
bungkuslah tanah dengan plastik
Tonton jg youtube q buat hiburan :D
ReplyDelete