Thursday, November 12, 2015

RPP SMP VIII/1 " Teks Cerita Prosedur"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( Ke-1)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs
Kelas/ Semester         : V1II/1
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Tema                          : Menggapai Cita Melalui Kreativitas
Materi Pokok             : Teks Cerita Prosedur
Pertemuan ke-           : 2
Alokasi Waktu           : 2 x 45menit

A.    Kompetensi Inti :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi          :
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1     Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya

1.1.1        Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.1.2        Menunjukkan  keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.1.3        Menunjukkan keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

2.1     Memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit untuk memahami teks cerita prosedur
2.1.1        Memilki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit untuk memahami teks cerita prosedur

3.1     Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

3.1.1 Menyimpulkanpengertiantekscerita prosedur denganjujur
3.1.2 Menentukanciri-ciri teks prosedur denganjujur
3.1.3 Menentukanstrukturteksprosedurdenganjujur
3.1.4 Menentukankaidahteksprosedur denganjujur


4.2              Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan

4.2.1 Menemukanmaknapadabagian tujuan teks cerita prosedur  denganjujur
4.2.2Menemukanmakna/pesanpadabagianlangkah-langkah teks cerita prosedur dengan jujur
4.2.3 Merangkai makna bagian tujuan dan langkah-langkah dengan ejaan, pilihan kata, kalimat efektif dan paragraf yang utuh dan padu



C.       TujuanPembelajaran
Pertemuan 1
1.         Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah untuk  mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
2.         Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memilki dan menunjukkan perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit untuk memahami teks cerita prosedur mengenai masalah sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.         Selama membaca, mencermati dan mendiskusikan pengertian dan ciri teks cerita prosedur, siswa dapat menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita prosedur secara lisan maupun tulisan berkategori baik secara jujur.

Pertemuan 2
1.         Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan rasa syukur atasanugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah untuk  mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
2.         Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memilki dan menunjukkan perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit untuk memahami teks cerita prosedur mengenai masalah sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.         Selama membaca, mencermati dan mendiskusikan pengertian dan cirri teks cerita prosedur, siswa dapat menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks cerita prosedu rsecara lisan maupun tulisan berkategori baik secara jujur.
Pertemuan 3
1.         Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah untuk  mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
2.         Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memilki dan menunjukkan perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit untuk memahami teks cerita prosedu rmengenai masalah sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.         Setelah membaca, mencermati, dan mendiskusikan struktur dan kaidah contoh teks cerita prosedur, siswa dapat memahami struktur dan kaidah teks cerita prosedur secara lisan maupun tulisan kberkategori baik secara jujur.

D.    MateriPembelajaran
1.         Pengertian cerita teks prosedur
2.         Ciri-ciri cerita teks prosedur
3.         Struktur cerita teks prosedur
4.         Kaidah cerita teks prosedur
5.         Menemukan makna pada bagian tujuan teks cerita prosedur
6.         Menemukan makna/pesan pada bagian langkah-langkah teks cerita prosedur dengan jujur.
7.         Perangkaian makna bagian tujuan dan langkah-langkah dengan ejaan, pilihan kata, kalimat efektif dan paragraf  yang utuh dan padu

E. MetodePembelajaran
Pendekatan: Saintifik
Metode :
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Inkuiri
5. Penugasan





F. KegiatanPembelajaran
Pertemuan2
Kegiatan
Deskripsikegiatan
Alokasiwaktu
A.Pendahuluan
1.         Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengkondisikan diri siap belajar.
2.         Siswa mencermati dan bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik.
3.         Siswa menyimak informasi guru tentang tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran.
4.         Siswa menyimak informasi guru tentang poko-pokok/cakupan materi pembelajaran.



5menit
Inti

























MENGAMATI:
1.         Siswa membaca dan mengamati model cerita teks prosedur pertama.
2.         Siswa memperhatikan bagian struktur dan kaidah teks cerita prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah dengan teliti dan bertanggung jawab
MENANYA:
3.          Siswa membentuk kelompok (3-5 siswa)
4.         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur.
MENGUMPULKAN DATA
5.         Siswa menukarkan (atau menempelkan di papan yang disediakan) rumusan struktur dan kaidah teks cerita prosedur hasil kerja kelompok ke kelompok lain.
6.         Siswa membaca secara kritis rumusan struktur dan kaidah teks cerita prosedur hasil kerja kelompok lain dengan jujur dan bertanggung jawab
7.      Siswa memberi penilaian rumusan struktur dan kaidah teks cerita prosedur hasil kerja kelompok lain dengan bertanggng jawab
MENGASOSIASI
8.         Siswa kembali ke tempat duduknya masing-masing
9.         Siswa secara individual membaca, mengamati, dan mengidentifikasi struktur dan kaidah teks cerita prosedur yang kedua.
10.     Siswa secara individual menuliskan struktur dan kaidah teks cerita prosedur kedua dengan benar secara tanggung jawab.
MENGOMUNIKASIKAN
11.     Siswa secara individual menampilkan hasil kerja analisis struktur dan kaidah teks prosedur kedua di majalah dinding ( atau di papan yang disediakan ) dengan jujur dan bertanggung jawab.
12.     Siswa saling menanggapi hasil karya teman dengan jujur dan bertanggung jawab.
13.     Siswa saling menilai hasil karya teman dengan jujur dan bertanggung jawab

15 menit










10 menit


















Penutup
1.          Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.          Siswa merenungkan aktivitas pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan mengisi lembar internalisasi sikap berkaitan dengan rasa syukur tentang kemampuan bahan Indonesia yang dapat dijadikan sebagai alat penyampai berbagai teks cerita prosedur yang digunakan masyarakat.
3.          Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
4.          Siswa mengerjakan evaluasi berkaitan dengan struktur teks cerita prosedur.
5.          Siswa saling menukarkan hasil evaluasi untuk dikomentari sebagai umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
6.          Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan, yaitu mencari teks cerita proseddur dan menganalisis struktur yang hadir.
15menit

G. MediadanSumberbelajar
1. Media                 : LCD, Laptop, teks cerita prosedur
2. Sumberbelajar     :
Kemendikbud, 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Aakademik Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.
H. Penilaian
1. Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian        :  Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen      : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi
No
Kompetensi yang Dinilai
Format penilaian
1.
Mensyukuri tentang kemampuan bahasa Indonesia yang dapat dijadikan sebagai alat penyampai berbagai teks cerita prosedur yang digunakan masyarakat.











2. Sikap Sosial
a. Teknik Penilaian        : Observasi
b. Bentuk Instrumen      : Penduan Observasi
c. Kisi-kisi
No
Kompetensi yang Dinilai
Format penilaian
1.
Jujur

2.
Teliti

3.
Tanggung jawab

4.
Santun


3. Pengetahuan
a. Teknik penilaian         : tes tertulis
b. Bentuk Instrumen      : uraian
c. Kisi-kisi
No
Indikator
Butir instrumen
1.
Menjelaskan struktur teks cerita prosedur
Jelaskan struktur teks cerita prosedur !
2.
Menjelaskan kaidah teks cerita prosedur
Jelaskan kaidah teks cerita prosedur !






4.Keterampilan
a. Teknik penilaian             : praktik
b. Bentuk Instrumen          : rubrik
c. Kisi-kisi
No
Indikator
Butir Instrumen










                                                                                                       Semarang,        2015
                                                                                                       Guru mata pelajaran Mengetahui,
Kepala SMP/MTs


Lampiran materi
Apaitu teks cerita prosedur adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris atau yang biasa disebut genre yang menunjukan sebuah proses dalam membuat atau mengoprasikan sesuatu yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah yang teratur.

Strukturteksprosedurkompleks, antara lain :
1. Ada judul
2. Tujuan
3.Alat
dan bahan
4.Prosedur/tahapan/langkah-langkah

Kaidahteksprosedurkompleks, antara lain :
1. Ada penomoran yang menunjukkan
urutan atau tahapan
2. Ada kata kerja yang menunjukkan
perintah (imperatif)
3. Kata yang menunjukkan
kondisi
4.Partisipansecaraumum
5.Verba material/tingkah
laku
6.Konjungsi temporal (waktu)

CiriKebahasaan Procedure Text

TerdapatbeberapacirikebahasaandalamProcedure Text, diantaranyayaitu:
  1. Menggunakanpolakalimatimperative (Perintah), misalnya, Cut, Don’t mix, dsb. 
  2. Menggunakanaction verbs, misalnyaturn, put, don’t, mix,dsb. 
  3. Menggunakanconnectives (kata penghubung) untukmengurutkankegiatan, misalnyathen, while, dsb. 
  4. Menggunakanadverbials (kata keterangan) untukmenyatakanrinciwaktu, tempat, cara yang akurat, misalnyafor five minutes, 2 hours, dsb. 
  5. Menggunakansimple present.
Lampiran 1 LembarPengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SISWA
Mata Pelajaran            :..................................................................................................
Kelas/Semester            :..................................................................................................
TahunAjaran               :...................................................................................................
WaktuPengamatan      : ..................................................................................................
Karakter yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah kerja keras dan tanggung jawab.
Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras
1.    BT (belumtampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
2.    MT (mulaitampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.    MB (mulaiberkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
4.    MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkantanda V padakolom-kolomsesuaihasilpengamatan.
No
Nama siswa
Tanggung jawab

Peduli
Responsif

santun






















































































































































































Lampiran 2: LembarPengamatan
LEMBAR PENGAMATAN
PERKEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL

Mata Pelajaran            :....................................................................................................
Kelas/Semester            :....................................................................................................
TahunAjaran               :....................................................................................................
WaktuPengamatan      : ...................................................................................................
Karakter yang di integrasikan dan dikembangkan adalah kerja keras dan tanggung jawab.
Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras
5.    BT (belumtampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
6.    MT (mulaitampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
7.    MB (mulaiberkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
8.    MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tuga ssecara terus-menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkantanda V padakolom-kolomsesuaihasilpengamatan.

No.
NamaSiswa
Kreatif
Komunikatif
Kerjakeras
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1













2













3













4













5















Lampiran 2
1.    Soal
Bacalah teks berikut dengan teliti kemudian identifikasi bagian teks yang menyatakan struktur dan kaidah teks cerita prosedur!

Pencangkokan Tanaman
1.      Pengembangbiakan tanaman dapat dilakukan melalui pencangkokan. Selain mudah dilakukan , pencangkokan juga murah biayanya. Pencangkokan dilakukan untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik pada suatu tumbuhan sehingga pemanfaatan terhadap tumbuhan mangga menjadi lebih maksimal.
2.      Pencangkokan tanaman memilki keuntungan dan kerugian. Keuntungan yang dapat diperoleh melalui pencangkokan tanaman antara lain (1) tanaman yang berbuah lebih cepat (2) mutu produksi yang diperoleh sama dengan tanaman indukmya.
3.      Untuk mencangkok tanaman diperlukan alat dan bahan (1) satu belah pisau (2) tali plastik/tali rafia (3) plastik transparan/sabut kelapa dan (4) tanah yang agak basah dan suburb
4.      Pencangkokan dapat dilakukan dengan cara berikut
Pertama, carilah dahan yang ukurannya sedang, tidak terlalu besar dan kecil
Kedua, ulkurlah jarak antara batang pohon dan tempat paling sedikit sekitar 10 cm!
Ketiga, kupaslah sekitar 5cm
Keempat, kerikllah lendir
Kelima, tutuplah kupasan dengan tanah
Keenam, bungkuslah tanah dengan plastik
5.      Setelah keenam cara tersebut dapat dilakukan.

1 comment: